BAGIKAN

naruto

Bagai Shinobi sungguhan, para Seiyuu yang terlibat dalam penyulihan suara Naruto harus terus berjuang keras tak kenal lelah demi menyelesaikan proses sulih suara anime Naruto ke dalam bahasa Indonesia dengan jadwal dan deadline yang sangat padat berhubung Naruto ditayangkan secara stripping sebanyak 28 episode sekaligus setiap minggunya. Padahal Naruto bukanlah satu-satunya film yang harus mereka kerjakan di mana masih banyak film lagi yang harus dikerjakan oleh masing-masing Seiyuu di berbagai sanggar produksi yang berbeda.

Ambil contoh Bima Sakti. Seiyuu yang diberikan kepercayaan untuk menyulihsuarakan Choji hingga Kiba ini sampai harus menempelkan koyo di sekujur wajahnya demi menjaga kondisinya tetap prima. Padahal berdasarkan foto yang sempat dipublikasikan olehnya melalui akun Facebooknya, tampak dirinya tengah menyulihsuarakan episode Naruto ke-598 yang bertajuk Jinchuriki Juubi, sementara jumlah episode yang saat ini dimiliki oleh Global TV sendiri diperkirakan telah mencapai 624 episode atau 404 episode jika hanya menghitung jumlah episode Naruto Shippuden saja. Padahal Bima Sakti sendiri juga sibuk menjadi Seiyuu di berbagai film seperti Doraemon salah satunya. Bukanlah hal yang jarang pula demi tuntutan deadline, para Seiyuu harus terus bekerja hingga larut malam bahkan tidak pulang.

Advertisement Inline

seiyuu naruto

Para Seiyuu yang terlibat dalam penyulihsuaraan Naruto Shippuden dari kiri ke kanan: Hana Bahagiana, Bima Sakti, Mohammad Romli, Hardi, Hary Suseno, Adi Aay Amran, Mayadifka Dhika, Jane Leisila Zahara, Wan Leony Mutiarza, dan Endang Ayu

Diadaptasi oleh komik berjudul sama karya Masashi Kishimoto, Naruto pertamakali diterbitkan di Jepang melalui Weekly Shōnen Jump pada tahun 1999. Ditulis berdasarkan cerita pilot berjudul sama yang ditulis oleh Kishimoto pada tahun 1997 melalui majalah Akamaru Jump, komik ini bercerita mengenai petualangan Naruto Uzumaki seorang Ninja yang bercita-cita menjadi pemimpin di negaranya dan meraih sambutan yang luas dan kesuksesan bahkan di luar Jepang. Kesuksesan serialnya telah diangkat ke dalam serial Anime sejak tahun 2002 dan telah membuahkan adaptasi Movie pula sebanyak 10 judul dengan judul Movie terbarunya bertajuk The Last: Naruto the Movie dijadwalkan akan diputar di Indonesia pada Januari 2015. Berbagai judul video game yang merupakan produk turunan dari Naruto juga dirilis untuk berbagai platform.

Di Indonesia sendiri komiknya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo dengan penerbitan komiknya sudah mencapai edisi ke 66. Serial Animenyapun pernah ditayangkan di televisi Indonesia masing-masing melalui TRANS TV, Indosiar, dan Global TV dan telah melambungkan nama Hana Bahagiana sebagai Seiyuu Naruto. Tercatat nama Ridawati dan Mirna Haryati juga pernah berperan menjadi Seiyuu untuk tokoh ninja berambut pirang yang suka makan ramen ini. Anime ini juga ditayangkan melalui saluran televisi berbayar Animax. Di Jepang sendiri versi adaptasi Animenya yang dikerjakan oleh Studio Pierrot ini ditayangkan melalui jaringan televisi TV Tokyo dan hingga kini sejak 6 Mei 2015 telah menginjak episode 415 untuk serial Shippuden.

Saat ini Naruto ditayangkan setiap hari pukul 17.00 WIB dengan melibatkan para Seiyuu seperti Hana Bahagiana, Bima Sakti, Mohammad Romli, Hardi, Hary Suseno, Adi Aay Amran, Mayadifka Dhika, Jane Leisila Zahara, Wan Leony Mutiarza, dan Endang Ayu untuk menyulihsuarakan anime ini ke dalam bahasa Indonesia. Anime Naruto yang telah hadir di Indonesia sejak pertengahan era 2000an sendiri telah mengalami beberapa kali bongkar pasang susunan Seiyuu. Tercatat nama-nama seperti Agus Nurhasan, Ridawati, Edy Dhosa, Hilman, Udin Saprudin, hingga mendiang Susy Setiawaty tercatat pernah terlibat dalam anime ini.

KAORI Newsline | Photo Courtesy of Bima Sakti

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.