BAGIKAN

 

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun

Advertisement Inline

Telah berpulang ke Rahmatullah pada tanggal 9 Juli 2011 pagi Bapak Daryono mantan Direktur Studio Yori Yoga Argayoen.

Almarhum yang juga paman dari Seiyuu Widianto Utomo (Kazao-Crayon Shinchan, Tony Tony Choper-One Piece, Giant-Doraemon 2006) ini adalah sosok yang sangat berjasa pada masa kejayaan anime Jepang di Indonesia di tahun 2000-2005. Bersama grup Yori Yoga Argayoen dan bekerja sama dengan Studio KAAF Production, ia banyak dipercaya pihak stasiun televisi dan pihak pelisensi anime untuk menangani proses penyulihan suara seri-seri anime yang banyak menghiasi pertelevisian Indonesia pada masanya. 

Ia banyak menangani berbagai macam sulih suara anime, mulai dari One Piece, Digimon Series, Honey Bee Hutch, sampai Kapten Tsubasa. Selain itu, dia juga membina banyak seiyuu yang kini suaranya mengisi seri-seri di layar kaca, seperti Hana Bahagiana yang terkenal dengan Luffy dan Naruto. Kualitas pengerjaan yang beragam terkadang memicu pro-kontra di kalangan penggemar anime di Indonesia bahkan sampai sekarang. Terlepas dari itu, peran besar yang dilakukannya dalam membawa anime ke dalam masa keemasan di Indonesia membuatnya layak digelar si Raja Anime.

Sang Raja yang telah cukup lama bergulat dengan penyakit (dan mengakibatkan ditutupnya studio Yori Yoga Argayoen serta berimbas kepada terhentinya kelanjutan serial anime One Piece di Indonesia) kini telah berpulang ke hadirat-Nya. Semoga segala amalnya diterima di sisi-Nya, diampuni segala dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Selamat jalan Sang Raja. Terima kasih atas persembahannya selama ini dan karyamu akan selalu dikenang.

KAORI Newsline | via saddam | Ilustrasi: One Piece oleh Eichiro Oda

 

BAGIKAN
Artikel sebelumnyaNovel Mahou Shojo Madoka Magica Terbit Pada 14 Agustus
Artikel selanjutnyaHanakimi Pindah Jam Tayang
Kevin W
Editor senior di KAORI Nusantara. Menikmati anime dan mengamati perkembangan transportasi Jabodetabek sejak 2007. Jurnalisme adalah kejujuran tanpa rasa takut.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.