BAGIKAN

Nama Crayon Shinchan tidak asing lagi di Indonesia. Seri animasi adaptasi komik berjudul sama karya Yoshito Usui ini sangat populer, bahkan terkadang kontroversial di Indonesia.

Kali pertama diterbitkan oleh Rajawali Grafiti pada medio 1990-an, animenya pun dilisensi oleh IMMG dan ditayangkan oleh RCTI sejak tahun 1999, diikuti oleh penerbitan resmi oleh PT Indorestu Pacific di tahun yang sama.

Advertisement Inline

Sejarah mencatat sejumlah kontroversi. Tayangan ini dikritik, mulai dari masalah pornografi, kenakalan, hingga perilaku lain yang tidak sepantasnya dilakukan seorang anak. Hal ini tidak menjadi masalah, terbukti anime ini menjadi tayangan laris di televisi RCTI, dan ditayangkan setiap hari Minggu pagi pukul 08.30 (setelah Doraemon).

Di akhir tahun 2010, terjadi sebuah perubahan. IMMG sebagai pemegang hak siar Crayon Shinchan di Indonesia tengah berupaya memperluas pasar anime ini. Mulai November 2010, PT IMMG memindahkan penayangan anime ini ke Trans 7, selain beberapa seri lain seperti Kiteretsu dan Kamen Rider Den-O. Hal ini diambil sebagai upaya penyegaran di tengah lesunya perkembangan anime di Indonesia selama lima tahun terakhir. Selain itu, Trans 7 beberapa tahun lalu (saat bernama TV7) pernah berjaya dengan banyak seri anime yang ditayangkan oleh televisi ini.

Namun, eksperimen ini gagal mendapatkan respon yang diinginkan. Rating yang rendah serta minimnya perolehan iklan membuat manuver IMMG ini terpaksa berakhir. Pada Maret 2011, Kiteretsu dan Kamen Rider Den-O berhenti disiarkan, sementara Crayon Shinchan pun berhenti pada April 2011.


Beberapa seiyuu yang terlibat dalam pengerjaan Shinchan dari kiri ke kanan: Ony Syahrial, Herra Arvirda, Widianto Utomo, Nurul Ulfah, Esti Haryani, Turie Sandos, dan Purwita Dewi

Pada bulan Mei 2011, Crayon Shinchan kembali ke RCTI setelah sempat terkatung-katung selama satu bulan. Namun, hal ini tidak langsung mengembalikan popularitas anime ini. Perolehan iklan yang tidak terlalu baik membuat RCTI memindahkan anime ini dari hari Minggu pagi ke Sabtu pagi. Sampai artikel ini ditulis, perolehan iklannya pun tidak terlalu memuaskan.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tersendiri: apakah Crayon Shinchan mampu bertahan, atau akan berakhir untuk selamanya?

Kini seri ini hadir kembali di RCTI, setiap hari Sabtu pagi pukul 08.00. Dengan pengisi suara handal seperti Ony Syahrial, Herra Arvirda, Ario Sugiharto, Widianto Utomo, Nurul Ulfah, Esti Haryani, Turie Sandos, dan Purwita Dewi, akankah anime ini kembali mendapat tempat di hati pemirsa? Selamat kembali menyaksikan!

Teks asli oleh Dody Kusumanto | Edit oleh Shin Muhammad | KAORI Newsline

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.