Wawancara FLOW: Tanpa Go!! Kami Tidak Bisa Sebesar Sekarang

1

photo_2015-10-04_20-36-00
Siapa yang tidak kenal Flow terutama pecinta Naruto? Lewat singlenya yang berjudul “Go!!” nama mereka melejit dari hanya sekedar band lokal menjadi band dengan skala internasional. Mereka juga meraih kepopulerannya di dunia musik lewat lagu mereka yang menjadi soundtrack anime seperti Eureka Seven, Beelzebub, Samurai Flamenco, Heroman, Code Geass, Eureka Seven AO, Kingdom dan Persona Trinty Soul. Kali ini KAORI Nusantara berkesempatan untuk mewawancarai band yang dimotori oleh Kohshi (vokal), Keigo (vokal), Take (gitar), Got’s (bass) dan Iwasaki (drum). KAORI juga mengambil dua pertanyaan dari fans untuk ditanyakan ke FLOW.

Bagaimana rasanya pertama kali datang ke Indonesia?

Advertisement Inline

Kami sangat senang sekali untuk datang ke Indonesia dan penonton di Indonesia sangat menunggu penampilan kami. Saya juga senang ketika kami melakukan CD signing karena kami bisa berinteraksi langsung dengan penggemar di sini. Namun sayang sekali waktu kami di Indonesia lumayan sedikit, kalau misalnya ada waktu yang panjang kami ingin menggali lebih banyak tentang Indonesia.

Bagaimana caranya menggali ide-ide baru dalam membuat lagu baru?

Tidak ada cara khusus dalam menggali ide-ide baru dalam membuat lagu baru semuanya terjadi begitu saja dengan melihat keadaan sekeliling.

Siapa musisi yang mempengaruhi Flow dalam bermain musik?

Kami semua suka X Japan, karena kami dulunya sering membawakan lagu X Japan sebelum menulis lagu sendiri.

Kalian terkenal berkat lagu “Go!!” yang menjadi soundtrack untuk Naruto. Bagaimana perasaan kalian tentang lagu itu dan pengaruhnya terhadap popularitas kalian?

Pada 10 tahun yang lalu kami diberi amanat oleh tim pembuat anime Naruto untuk mengisi lagunya dan kami menulis “Go!!” berdasarkan cerita dari Naruto dan kami selalu membawakan lagu itu di live performances kami sampai sekarang. Kami senang karena ketika kami memainkan lagu itu penonton pun langsung meriah dan terus bersemangat sampai lagunya selesai. Mungkin kalau tidak ada “Go!!” kami tidak bisa sebesar ini sampai sekarang.

Sebutkan pengalaman terunik dan terlucu dari Flow selama kalian bekerja di industri musik baik itu pas rekaman, latihan, touring dan sebagainya?

Wah kalau pengalaman terunik dan terlucu pastinya banyak sekali pastinya mulai dari di Brazil sampai di Indonesia. Kami mempunyai banyak pengalaman seru berkat tur keliling dunia yang kami adakan, dari sana kami mempunyai banyak pengalaman yang bisa kami ceritakan ke sesama member dan kawan kami.

Flow sudah melakukan tur keliling dunia, ada tempat yang menurut Flow yang paling memorable selama melakukan tur keliling dunia tersebut?

Ada cerita seru sewaktu kami bermain di Brazil, ketika kami main di sana tiba-tiba ruangan konser mati lampu dan semuanya menjadi sangat gelap. Namun di tengah kegelapan tersebut para penonton terus memberikan semangat dan terus bernyanyi lagu kami.

Bagaimana rasanya berbicara memakai Bahasa Indonesia?

Keigo: Cukup sulit awalnya (tertawa) saya sebelum ke Indonesia sudah belajar mengucapkan bahasa Indonesia melalui rekaman dan membaca walaupun ujung-ujungnya waktu kami di konser memakai teks untuk membacakan kalimat bahasa Indonesia, mungkin karena saya sudah terlalu banyak menghafal bahasa lain (tertawa).

Tapi kemarin bahasa yang Anda ucapkan sangat bagus pelafalannya untuk orang Jepang.

Keigo: Betulkah, terima kasih banyak. Akhirnya saya sukses juga (tertawa).

Jika tidak berprofesi sebagai musisi, kira-kira member Flow akan berprofesi menjadi apa? (Kenedy via LINE@ KAORI Nusantara)

Got’s: Polisi

Iwasaki: Membuat restoran bergaya bento sendiri

Keigo: Saya akan menjadi pesepakbola karena saya suka sekali dengan sepakbola

Kohshi: (sambil membaca artbook Naruto) Menuruti impian saya sedari SD yaitu menjadi pembuat komik atau mangaka

Take: Jadi guru di sekolah

Apa ada personil FLOW yang mengikuti perkembangan cerita atau bahkan menjadi fans berat dari Naruto, Eureka Seven, Code Geass, Beelzebub atau anime lain yang lagu temanya pernah diisi oleh FLOW sebelumnya? (Adil Pradana via Google Docs)

Take: Naruto, I Love It

Got’s: Saya suka mengikuti Naruto

Kohshi: Code Geass, saya juga suka Eureka Seven

Iwasaki: Heroman, Stan Lee sangat bagus dalam menggarap anime ini.

Keigo: Dragon Ball adalah tontonan kesukaan saya dari kecil

Kalian adalah band yang bisa dibilang sudah bersama lebih dari 15 tahun, bagaimanakah untuk menjaga agar masing-masing personil tetap kompak terutama jika ada ribut-ribut sesama anggotanya?

Sebenarnya tidak ada suatu resep khususnya karena kita memulai Flow dari sebuah persahabatan antara kita. Intinya adalah terus mendukung satu sama lain dengan seperti itu maka perselisihan bisa dihindari.

KAORI Newsline | Oleh Luthfi Suryanda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.