BAGIKAN

Musim Panas di Jepang telah berlalu dan tentunya beberapa anime musim panas juga sedah berakhir. Namun meskipun animenya sudah tamat namun lagu opening dan ending dari anime tersebut akan terus terngiang meski sudah berganti musim. Kali ini staff KAORI Nusantara memilih 11 lagu anime pilihan mereka dalam daftar “11 Lagu Anime Musim Panas 2015 Pilihan Staf KAORI Nusantara”:

SMCL-398ChiCO With Honeyworks – Kakumei Pride
Label: Music Ray’n/Sony Music
Posisi di Chart Jepang: 16

 

Advertisement Inline

 

 

 

Bintang baru dalam dunia musik doujin ongaku ini menghentak dengan single ketiga mereka Kakumei Pride yang menjadi lagu pembuka untuk musim terbaru dari Gintama. Vokal dari CHiCO yang girly dan rocking sangat pas dengan irama lagu yang bernuansa pop rock. Sound yang rapi, beat yang catchy dan pengambilan nada yang serupa dengan lagu supercell – Kimi no Shiranai Monogatari membuat lagu ini sangat adiktif. Meskipun unsur anisong di lagu ini cukup kuat namun mereka berhasil menghindari label tersebut dengan sangat baik. (Luthfi)

616wBPbXqOL._SX355_Nico Touches The Walls – Uzu to Uzu
Label: Ki/oon/Sony Music
Posisi di Chart Jepang: 11

 

 

 

 

 

Nico Touches The Walls membuka single terbaru mereka yang menjadi soundtrack Arslan Senki dengan mengambil dasar dari riff gitar surf rock yang cepat lalu dihajar dengan sound garage rock dan alternative rock. Mereka mengambil semangat dari band indie rock revival pada pertengahan 2000an di Inggris seperti The Kooks dan The Fratellis. “Uzu to Uzu” adalah bentuk pengabdian mereka kepada akar dari musik alternative rock yang membentuk sound mereka yaitu surf rock dan garage rock. (Luthfi)

VTCL-35205La La Larks – Hallelujah
Label: Victor Entertainment
Posisi di Chart Jepang: 57

 

 

 

 

 

Nama la la larks memang terdengar asing, namun ketika mulai mendengarkannya, satu hal akan teringat: school food punishment (SFP)! Ya, bagi para penggemar SFP, la la larks memang divokali oleh vokalis yang sama, Yumi Uchiura dan diproduseri oleh Ryo Eguchi yang juga eks-SFP. Lagu yang temponya slow ini membuat penggemarnya bisa mengayun dan tidak terdengar seperti lagu-lagu anime pada umumnya. Lirik yang cukup galau tidak menghalangi pendengarnya untuk ikut berdendang mengikuti irama drum dan akustik lagu ini. Sayang, tidak banyak yang tahu lagu ini karena lagu ini menjadi lagu penutup seri Kuusen Madoushi Kouhousei no Kyoukan yang tidak terlalu populer musim ini. (Kevin)

THCS-60061Aimi Tanaka – Kakushin-teki Metamarufōze!
Label: Toho
Posisi di Chart Jepang: 16

 

 

 

 

 

Lagu yang menjadi OST opening seri anime Himouto! Umaru-chan begitu didengar langsung menunjukkan tema yang diusung oleh seri anime nya. Nuansa-nuansa techno yang langsung berdendang, selaras dengan perasaan riang gembira, yang juga tertuang dari animasi pembuka nya. Nada-nada ringan dan naik secara teratur pada musik ini bisa memacu semangat , bahkan dalam kemalasan anda. Vokal dari Aimi Tanaka yg juga pengisi suara untuk karakter Umaru juga menghanyutkan kita, bahwa “Ayo semangat beraktifitas, agar waktu kita leha-leha lebih luang”. Pokoknya, cocok banget deh lagu ini disetel waktu sedang senggang. (Shofa)

WHV-1000573547Kangoku Danshi – Ai no Prison
Label: Warner Brothers Home Entertainment
Posisi di Chart Jepang: 48

 

 

 

 

 

Langsung menghentak! Begitu adalah impresi pertama ketika mendengarkannya. OST dari Kangoku Gakuen, yang dibawakan oleh kelima pengisi suara siswa tokoh ‘narapidana’ ini, langsung membuat kita terbawa suasana yg dialami oleh mereka. Kondisi penjara yang keras namun menggoda begitu terbayang kuat. Lirik dan nada yang upbeat dan menghentak cocok sekali mencerminkan semangat dan perlawanan para ‘narapidana’ tersebut. Lagu yang enak didengarkan ketika membutuhkan pemicu semangat yang menghentak. (Shofa)

KSLA-103Aoi Tada – Yoake Ochinai Tsubasa
Label: Key Sounds Label/Visual Art’s
Posisi di Chart Jepang: 4

 

 

 

 

 

Lagu yang bernada pelan, merdu namun sendu menjadi pelengkap tersendiri dari sebuah seri epik karya Key yang terbaru, Charlotte. Lagu ini mengisahkan rangkuman cerita hidup karakter yang diperankan di dalam kisah ini, dengan bungkus yang menarik serta menyenangkan, memungkinkan para penikmat seri ini menutup seri ini dengan emosi yang dipertajam, dari apa yang telah dirasakannya selama episode berlangsung. Sungguh sebuah lagu yang cocok untuk disandingkan sebagai penutup dari seri ini. (Krisma)

KSLA-103Lia – Bravely You
Label: Key Sounds Label/Visual Art’s
Posisi di Chart Jepang: 4

 

 

 

 

 

Setelah Angel Beats!, Lia kembali berkolaborasi dengan Jun Maeda dalam serial anime Charlotte dengan kembali menyanyikan lagu pembuka yang berjudul Bravely You. Sekilas, lagu ini terdengar mirip dengan lagu pembuka Angel Beats!, yakni My Soul, Your Beats!, namun Bravely You hadir dengan irama yang lebih menghentak. Bagian terbaik lagu ini terletak di bagian sebelum memasuki reff di mana temponya mendadak berubah menjadi lebih tenang disertai dengan vokal bernada datar. Sebuah kombinasi unik yang mampu memberikan sensasi eargasm bagi pendengarnya. (Tanto D.)

KICM-1617Sumire Uesaka – Inner Urge
Label: King Record
Posisi di Chart Jepang: 24

 

 

 

 

 

Inner Urge merupakan lagu penutup dari serial anime Shimoneta to lu Gainen ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai atau yang biasa disingkat menjadi Shimoseka. Lagu ini hadir dengan irama nada yang sedikit terpengaruh dengan irama lagu 70-an yang begitu catchy dan dikombinasikan dengan vokal dari Sumire Uesaka dengan vokal yang imut namun sedikit menggoda serta lirik lagunya yang sedikit “nakal”. Inner Urge pun berhasil mewakili spirit dari anime ini agar kita tetap “bersenang-senang” walau berada dalam “kekangan”. (Tanto D.)

LACM-14375Stereo Dive Foundation – Renegade
Label: Lantis
Posisi di Chart Jepang: 49

 

 

 

 

 

Meski bagian pembuka lagu ini terdengar sedikit rusuh, namun beat yang berantakan tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi lagu ini. Sebagai lagu pembuka dari anime Gangsta lagu ini sangat sesuai dengan kesan gelap, bebas, dan rusuh dalam anime tersebut. Beberapa vocal sound effect pada lagu ini sangat mengambarkan karakter-karakter Gangsta yang liar dan tidak terikat aturan. (Johan SF)

LACM-14380Ayane Sakura, Kana Asumi, Kotori Koiwai, & Rie Murakawa – Okaeri
Label: Lantis
Posisi di Chart Jepang: 33

 

 

 

 

“Aku ingin pergi ke desa yang tenang” itulah kesan pertama yang terasa saat mendengarkan lagu yang dibawakan oleh para seiyuu dari anime Non Non Biyori ini. Alunan nada yang tenang dan ceria ini benar-benar menggambarkan suasana musim semi yang sejuk baik di pagi hari maupun di malam hari, ditambah lagi dengan suara imut para seiyuu tersebut seolah-olah mengajak pendengarnya untuk selalu bersemangat. Sangatlah sempurna ketika mendengarkan Lagu penutup dari Non Non Biyori ini setelah tertawa dan terharu di setiap episodenya. (Johan SF)

VPCC-82333White Ash – Insight
Label: VAP
Posisi di Chart Jepang: 34

 

 

 

 

 

Meski masih dengan engrish lagu ini membawakan beat yang menurut saya lebih asik daripada ‘Crowds’, opening musim pertama. Beatnya saya rasa cukup kuat dan merefleksikan tema ‘suasana’ dari musim kedua Gatchaman Crowds (Aya Yuuhi)

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.