Gelaran “KMT X-Presi” Meriah, Ramai Disambangi Pengunjung

2

Pada 19 – 20 Desember 2015, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengadakan kegiatan “KMT X-Presi”. Ini adalah sebuah acara yang digelar sebagai apresiasi terhadap pelanggan setia kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, dimana pengguna jasa KRL dapat membuat tiket berlangganan berupa Kartu Multi Trip (KMT) dengan tampilan yang diinginkan. Acara ini berlokasi di Stasiun Jakarta Kota dan digelar mulai pukul 10.00 – 17.00.

KAORI tiba di lokasi sekitar pukul 13.00. Setibanya disana, keramaian sudah terlihat di gelaran tersebut. Antrian yang cukup panjang dan ramai membuat para pembeli harus sabar menunggu.

KAORI ingin mencoba merasakan dan memiliki KMT yang desainnya sesuai dengan apa yang diinginkan dan didelusikan selama ini. Maklum, sebagian besar staff KAORI memiliki sifat kemaniakan yang sangat akut.

Suasana stand Commuter Line di siang hari
Suasana stand Commuter Line di siang hari

Sebelum bisa mendapatkan KMT, calon pembeli diharuskan mengisi form yang telah disediakan. Form tersebut harus diisi sesuai dengan identitas calon pembeli. Setelah mengisi form, calon pembeli diminta untuk memberikan file gambar yang akan digunakan sebagai gambar di KMT dan membayar uang sebesar Rp50.000 untuk biaya pembelian beserta saldo sebesar Rp15.000. Selanjutnya, pembeli akan dipanggil ke bagian operator pencetakan kartu untuk menunjukkan desain seperti apa yang diinginkan bila file gambar yang diberikan sebelumnya bukan merupakan gambar siap cetak. Bagi yang memberikan desain siap cetak, hanya akan ditanya tentang tempat yang diinginkan untuk meletakkan logo KCJ dan Commuter Electronic Ticketing (COMMET). Akhirnya, Kartu dicetak dan pembeli bisa menukarkan struk pembelian menjadi souvenir menarik melalui undian.

Selama menunggu proses pencetakan, KAORI juga ikut melihat-lihat proses pencetakan gambar pada kartu KMT. Terlihat berbagai macam desain, foto-foto, bahkan ada calon pembeli yang menggunakan gambar Anime sebagai gambar pada Kartunya! Arga, salah satu penumpang setia Commuter Line jalur Bekasi ini ikut membuat KMT dengan Anime sebagai gambar pada Kartunya. “Saya senang dengan gambarnya” ujar Arga.

IMG_20151219_141055
Arga, pengguna Commuter Line yang membuat KMT dengan gambar Anime.
Desain KMT Anime oleh saudara Arga
Desain KMT Anime oleh saudara Arga

Keramaian juga semakin bertambah karena makin lama makin banyak pembeli yang datang. Para penumpang KRL yang kebetulan lewat juga banyak yang belum tahu tentang acara tersebut. Sebagian pembeli menunggu giliran di lokasi acara, sedangkan sebagian lainnya berjalan-jalan selagi menunggu giliran. Selain itu, ada juga pembeli yang memilih untuk mengambilnya pada hari yang berbeda.

Salah satu KMT bergambar anime yang dibuat oleh KAORI
Salah satu KMT bergambar anime yang dibuat oleh KAORI

KAORI sendiri baru mendapatkan Kartu yang dipesan sekitar 5 jam kemudian atau sekitar pukul 6 sore. Selain karena banyaknya pembeli, pemanggilan nama pembeli juga tidak berdasarkan nomer urutan tetapi secara acak. Hal ini membuat pembeli yang datang awal namun pulang terakhir dan sebaliknya. Sialnya, KAORI adalah pembeli yang datang (agak) awal namun pulang paling terakhir. (Simak Juga: Galeri Foto Acara “Kartu Multi Trip X-Presi”)

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.