Jadi PPKA di Rumah Sendiri? Bisa!

0
Meja layan persinyalan elektrik di stasiun

Di zaman yang semakin maju saat ini, banyak inovasi yang berkembang di bidang teknologi dalam berbagai lini; tidak terkecuali di dunia perkeretaapian. Teknologi perkeretaapian khususnya dalam hal sistem persinyalan terus-menerus mengalami perkembangan. Jika dahulu kita mengenal penggunaan sinyal jenis manual yang mengandalkan kekuatan otot dan penuh tenaga untuk mengoperasikannya, saat ini dengan menggunakan meja pelayanan elektrik dan cukup hanya memencet tombol yang ada, bahkan hanya dengan satu atau dua kali klik ikon di layar komputer sebuah sistem persinyalan dapat kita operasikan.

sinyal manual
Tuas-tuas pelayan persinyalan mekanik (manual) di stasiun

Permainan simulasi di bidang perkeretaapian juga semakin hari semakin berkembang. Bila dahulu simulasi kereta api hanya sebatas simulasi untuk mengendarai kereta api seperti keluaran Microsoft, Auran hingga Mackoy, mari sejenak kesampingkan dahulu simulasi mengendarai kereta api karena KAORI akan membahas game simulasi Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) atau Train Dispatcher!

meja layanan
Tampilan simulasi meja layan persinyalan elektrik stasiun Heidelberg

Sekitar tahun 2000 hingga 2005 silam, kita mengenal permainan simulasi PPKA dengan nama Train Dispatcher dengan tampilan pengguna yang sederhana dan juga simulasi yang tidak terlalu menyerupai aslinya. Tapi kini, kita dapat merasakan sensasi menjadi PPKA dengan bantuan peranti lunak keluaran Signalsoft Rail Consultancy, Ltd. Perushaan tersebut merupakan konsultan perkeretaapian yang berlokasi di Ontario, Kanada dengan spesialisasi pendidikan dan pelatihan untuk sumber daya manusia (SDM), keamanan komunikasi, pengembangan aplikasi simulasi, perkembangan komputer untuk pelatihan, dan lain sebagainya.

signalsoft
Tampilan laman web Signalsoft Signalling Simulations

Pada permainan yang sebenarnya merupakan produk simulasi hasil pengembangan Signalsoft ini, tampilan pengguna simulator sangat mirip dengan meja pelayanan dengan sistem komputerisasi seperti yang banyak digunakan saat ini di Indonesia. Tidak hanya itu, cara mengoperasikannya juga sangat identik dengan aslinya. Selain itu juga terdapat fitur “minta warta aman” dari dan / atau ke stasiun lain ketika akan memberangkatkan atau memasukkan kereta api dari dan ke stasiunnya, sehingga ketika kita akan merasa benar-benar seperti menjadi PPKA saat mengoperasikannya.

meja layanan dan warta aman
Tampilan simulasi meja layan persinyalan elektrik stasiun Braunschweig

Signalsoft merilis beberapa aplikasi simulasi meja layan dengan latar belakang lokasi beberapa stasiun terkenal di Eropa seperti Kleinstadt, Braunschweig, Mathilde, Andernach, Amsterdam dan lain-lain. Namun, sebagian besar aplikasi keluaran Signalsoft ini merupakan payware atau aplikasi berbayar. Tapi tidak perlu bersedih hati seperti orang yang ditinggal nikah oleh gebetan, karena Signalsoft juga menyediakan versi gratis baik full version maupun demo beberapa stasiun seperti stasiun Kleinstadt, Andernach, Zentralstellwerk Fulda, Wuppertal-Oberbarmen, Hürth-Kalscheuren, dan lain-lain.

simulations
Aneka pilihan simulasi stasiun produk Signalsoft

Bagaimana, tertarik untuk mencoba menjadi PPKA di rumah?

Cemplus Newsline by KAORI | Taufik Adi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.