Little Busters! (リトルバスターズ!, Ritoru Basutāzu!) adalah game visual novel keenam Key/Visual Art’s setelah Kanon, Air, Clannad, Planetarian, dan Tomoyo After yang dirilis tanggal 27 Juli 2007 untuk format PC dalam bentuk DVD. Little Busters bukanlah game Eroge dan dapat dimainkan untuk semua orang. Dan nanti Key akan merilis Little Busters Esctasy (Atau Little Busters EX), yaitu LB buntuk 18 tahun ke atas dan dengan nama lain eroge version tanggal 25 Juli 2008 nanti. Dalam Little Busters! Esctacy akan ada tokoh baru bernama Saya Tokido. Dan Kanata Futaki serta Sasami Sasegawa akan memiliki skenario. Pendesain karakter dalam game ini ada dua. Yaitu Itaru Hinoue, yang sudah mendesain karakter dalam Kanon, Air, Clannad. Disini Itaru Hinoue mendesain Komari Kamikita, Haruka Saigusa, Yuiko Kurugaya, dan Kanata Futaki. Dan Na-Ga, atau Ikusa Otome, yang baru menjadi bagian dari Key/Visual Art’s saat Little Busters dibuat. Disini Na-Ga mendesain Rin Natsume, Kudryavka Naomi, Mio Nishizono, Sasami Sasegawa, Saya Tokido, dan Miyuki Koshiki.

Ringkasan

Berkisah tentang tokoh protagonis, Riki Naoe yang sudah kehilangan kedua orang tuanya sejak kecil. Riki adalah cowok yang kurang maskulin. Lalu, tiba-tiba ia diajak bergabung oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya Little Busters! dengan anggota Kyosuke Natsume, ketuanya. Rin Natsume, satu-satunya gadis dalam grup itu dan adik perempuan Kyosuke. Masato Inohara, bisa dibilang dia itu bodoh. Dan Kengo Miyazaki, seorang yang berbakat menggunakan kendo.

Advertisement Inline

Mereka kini sudah besar sekarang. Kyosuke merasa bahwa Rin pasti kesepian karena di sekelilingnya hanyalah teman-teman cowok. Karena itu ia meminta Riki dan Rin untuk mencari anggota baru. Yakni Komari Kamikita, si cewek childish yang memiliki sedikit trauma, Mio Nishizono, gadis lemah yang menyukai yaoi, Haruka Saigusa, cewek yang suka mengganggu di kelas Riki, Yuiko Kurugaya, cewek yang memiliki sifat dan sikap paling dewasa di antara yang lain, dan Kudryavka Noumi, cewek blasteran yang tidak bisa bahasa Inggris.

Penerimaan

Bukan tradisi Key untuk membuat galge tanpa unsur ero. Maka CLANNAD pun dibuat versi sampingan dengan unsur H yakni Tomoyo After. Begitu juga dengan Little Busters.

Penjualan Little Busters EX menduduki peringkat 3 di dannychoo. Selain itu, mungkin penyebab menariknya LB! EX ini adalah nama besar Key yang meroket sejak adaptasi ketiga visnov mereka yakni Kanon, Air, dan Clannad menjadi anime. Di Indonesia, peminatnya pun cukup banyak.

Kesimpulan

Mengingat nama besar Key, LB! EX patut dipertimbangkan bagi anda yang menggemari produk visnov keluaran VisualArt’s. Dan meski ceritanya agak berat, tapi cukup menjanjikan. Dan mungkin saja ia akan lebih panjang dari Clannad. Saa, siapa yang tahu?

8 KOMENTAR

  1. kaget juga liat istilah “visnov”, padahal selama ini saya dengernya “VN” 😀

    memang sih visual KEY selalu menjanjikan kita2 suatu “kejutan” dari tiap seri yang dibuatnya, saya juga punya LB, namun belum dimainkan:( mengingat saya sama sekali tidak mahir bahasa nippon…

    pakai ATLAS pun translasinya kacau…

    saaaaaaa…

  2. dari dulu saya bingung
    yg minta link H ke saya dari dulu itu kwil-san asli ato faris sih
    bahkan MS pun bilank klo pasti bukan kwil-san yg asli yang minta:swt:

  3. hahahaha
    ampe MS aja kaget bgt pas saya kesana
    katanya”IC kmu racunin apa ke kwil kok bisa-bisanya kwil yg alim itu jdi ska H”:sweat:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.