Sejak hari Kamis (11/2), selama hampir sepekan hingga Rabu (17/2) jalan rel antara Stasiun Tanggulangin – Porong di Sidoarjo terendam banjir. Kondisi ini membuat perjalanan kereta api dari Surabaya menuju Malang dan Banyuwangi via Sidoarjo benar-benar lumpuh. Karenanya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya terus melakukan berbagai upaya agar perjalanan kereta api kembali normal. Salah satu cara yang dipilih adalah peninggian batu ballast di area rel yang tergenang banjir. Peninggian batu ballast ini dilakukan karena banjir yang merendam rel yang tak kunjung surut bahkan cenderung makin tinggi, dan secara otomatis ketinggan rel akan terangkat sehingga posisinya akan lebih tinggi dari semula.

Peninggian dilakukan mulai hari Minggu (14/2) dengan mendatangkan pasokan batu ballast dari stasiun Bangil ke stasiun Porong menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB). Dari stasiun Porong, gerbong-gerbong pengangkut batu ballast ini ditarik menuju lokasi rel yang terendam banjir dengan menggunakan Track Motor Car (TMC) dengan maksimal 2 gerbong yang ditarik untuk pembongkaran muatan.

KLB
KLB batu ballast yang dijalankan di lokasi banjir Porong

Tak hanya meninggikan ballast, KAI juga menyiapkan satu Mesin Perawat Jalan Rel (MPJR) bertipe PBR202 yang digunakan untuk meratakan ballast yang dibongkar sepanjang area rel yang tergenang agar ballast tidak amblas setelah ditinggikan. Setelah ditinggikan, rel diuji coba dengan menggunakan lokomotif BB 304 yang menarik gerbong ballast (GB). Selesai uji coba, diiringi ketinggian air yang mulai surut, jalan rel ini bisa dilalui kembali pada Rabu (17/2) lalu, namun tetap dengan kecepatan yang terbatas guna menghindari amblasnya kedudukan tanah, batu balas dan rel itu sendiri. KAI juga berencana mengganti batang rel yang hampir sepekan terendam dan mulai berkarat di lintas tersebut secara bertahap agar perjalanan KA yang melintasi jalur tersebut kembali normal.

Cemplus Newsline by KAORI

Advertisement Inline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.