Kamis (25/2), PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui laman Facebooknya mengumumkan bahwa mulai dari tanggal 1 Maret 2016 KA Kalimaya akan dihentikan masa operasinya. Rendahnya tingkat keterisian adalah alasan PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta berniat menghapus perjalanan KA ini.

Namun, nasib kereta Kalimaya tak berakhir sampai disitu. Ternyata, KA Kalimaya masih mendapat nafas tambahan setidaknya hingga akhir Maret 2016. Meskipun tak jadi dihapus, perjalanan KA Kalimaya dikurangi dua perjalanannya. Sehingga perjalanan Kalimaya per Maret praktis tinggal jam pemberangkatan pertama dari Merak dan jam pemberangkatan terakhir dari Tanah Abang.

Apabila hingga akhir Maret 2016 tingkat keterisian masih rendah, maka Kalimaya resmi akan diberhentikan. Menurut rumor yang beredar, apabila Kalimaya jadi untuk diberhentikan, nantinya rangkaian keretanya akan digunakan untuk kereta terbaru PT KAI yang menggunakan raangkaian panjang seperti Kertajaya Tambahan.

KA Kalimaya ini merupakan KA dengan rangkaian kereta Ekonomi AC yang melayani rute Tanah Abang – Merak pp yang diresmikan pada Oktober 2012 silam di stasiun Serang. Tarif untuk sekali perjalanan dengan kereta ini adalah Rp15.000,00 untuk tujuan stasiun Rangkasbitung, dan Rp30.000,00 untuk tujuan stasiun Merak.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.