BAGIKAN

Pada hari minggu tanggal 24 april lalu, acara yang bertemakan Seiyuu Gathering ini diadakan oleh para Seiyuu profesional yang sudah lama berkarir didunia tersebut. Acara yang dimulai pukul 10 di Apartemen Transit Ujungberung Bandung ini diawali dengan penjelasan tentang bagaimana translasi naskah dubbing dibuat. Materi pertama ini disampaikan oleh Dian Roos yang sudah berpengalaman dalam menerjemahkan film-film Doraemon yang telah tayang Indonesia.

Setelah menerima materi tentang penerjemahan naskah, para peserta diajak untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan senam wajah dan olah tubuh. Untuk materi yang satu ini, dibawakan oleh kak Bima Sakti yakni Seiyuu Giant di film Doraemon.

Jam menunjukan pukul 12, peserta gatheringpun dipersilahkan untuk beristirahat dan menyantap kudapan yang disediakan oleh panitia. Di sela-sela istirahat terlihat beberapa peserta menyempatkan untuk saling berkenalan satu sama lain, di mana kebanyakan dari mereka baru saja bertemu di acara ini.

Advertisement Inline

Setelah cukup beristirahat peserta gathering diajak untuk melatih vokal mereka bersama kak Arief Lintau Darwis (Seiyuu Benteng Takeshi). Dalam sesi olah vokal ini peserta diajarkan untuk mengolah vokal dengan baik dan benar. Bersama kak Arief juga peserta dapat menanyakan tips-tips dalam mengolah vokal.

Selepas olah vokal, peserta gathering mendapat materi baru yakni olah rasa. Dalam olah rasa peserta diajarkan bagaimana para pengisi suara profesional mendalami karakter dan menyampaikannya melalui suara. Yang cukup unik dari olah rasa ini, ketika praktek menyampaikan perasaan sedih dengan setting yang diberikan oleh kak Agus Nurhasan. Ada beberapa peserta yang cukup bagus dalam menyampaikan perasaan sedihnya sehingga membuat peserta lainpun terbawa suasana.

Mengakhiri semua latihan dasar, peserta kini dapat mencoba latihan dubbing bersama-sama. Banyak peserta yang memiliki potensi terlihat saat latihan dubbing ini. Tidak hanya berlatih menggunakan naskah biasa, peserta juga diberi latihan live dubbing bersama para Seiyuu senior yang datang untuk mengisi acara.

Banyak pelajaran dan pengalaman baru yang di dapatkan peserta dalam acara gathering ini. Bukan sekedar kumpul – kumpul biasa dalam acara ini peserta yang memiliki niat dan keinginan kuat untuk menjadi seiyuu di masa depanpun dapat memupuk pondasinya dari sini. Acara gathering inipun rencananya tidak hanya diadakan di Bandung saja. Bagi mereka yang ingin mengenal dunia seiyuu Indonesia juga sangat disambut apabila ingin mengunjungi studio mereka di Jakarta.

_MG_5630-99

Kak Bima Saksi si Giant

_MG_5615-86

Kak Agus Nurhasan si Pria Bertopi Kuning

_MG_5641-107

Kak Tisa Julianti si Penyanyi Pretty Cure

_MG_5589-60

Kak Arief Lintau si Reporter Yanagisa Shingo

_MG_5531-2

Dian-sensei si Penerjemah

KAORI Newsline | oleh Johann

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.