BAGIKAN

Akhir pekan kemarin perhelatan festival Jepang tahunan, Ennichisai Blok M kembali diselenggarakan. Pada tahun 2016 ini, acara yang bertempat di Blok M Square dan sepanjang jalan Melawai, Jakarta Selatan ini memiliki tema Miracle: The Power of Love. Dalam perhelatan Ennichisai kali ini terdapat banyak pertunjukkan dan penampilan bintang tamu, mulai dari aksi para cosplayer hingga berbagai pertunjukkan tradisional khas Jepang. Salah satu yang tampil meramaikan festival Jepang ini adalah pertunjukkan dari Orkes Tiup (Brass Band) Jepang-Jakarta.

Bagi yang menonton seri anime Sound! Euphonium tentu tidak akan asing lagi mendengar apa itu Orkes Tiup atau yang bisa dikenal juga sebagai Brass Band. Pada perhelatan Ennichisai 2016 di hari pertama, Sabtu 14 Mei 2016, terdapat penampilan dari Orkes Tiup Jepang-Jakarta yang juga sudah sering tampil di berbagai festival Jepang yang ada di Jakarta. Menariknya dalam penampilan di hari Sabtu ini tim Orkes Tiup yang satu ini menampilkan beberapa lagu anime selain lagu bernuansa Jazz.

Dalam awal penampilannya, Orkes Tiup ini membawakan lagu Baroque Hoedown, lagu ciptaan Jean-Jacques Perrey pada tahun 1967. Setelah itu, grup ini menyatakan akan membawakan lagu anime di penampilan pada hari itu. Salah satu lagu anime yang dimainkan di awal pementasan Orkes Tiup di Mini Stage Ennichisai 2016 ini adalah lagu A Cruel Angel’s Thesis dari seri anime Neon Genesis Evangelion. Dengan alunan suara yang khas dari tiap alat musik tiup yang ada, lagu pembuka dari seri anime besutan Hideaki Anno ini pun dimainkan.

Sontak saja area Mini Stage di Ennichisai pada hari itu langsung ramai oleh penonton. Alunan instrumental dari lagu pembuka Neon Genesis Evangelion tersebut berhasil menjadi perhatian sendiri di siang hari tersebut. Sayangnya saat pementasan tersebut tim liputan lapangan KAORI tidak bisa mengambil rekaman video.

Selain lagu pembuka dari seri anime Neon Genesis Evangelion, Orkes Tiup ini juga membawakan lagu dari film Stand by Me Doraemon yang berjudul Himawari no Yakusoku. Kembali sorak sorai dan tepukan tangan dari penonton terdengar saat lagu ini dimainkan, mengingat film Stand by Me Doraemon sendiri sempat fenomenal di Indonesia saat masih tayang di bioskop maupun layar kaca. Namun seperti sebelumnya, sayangnya tim liputan lapangan KAORI tidak merekam momen disaat Orkes Tiup membawakan lagu ini.

Orkes Tiup Jepang Jakarta ini pun sempat membawkana berbagai lagu-lagu instrumental lainnya yang tak kalah menarik. Setelah lagu Himawari no Yakusoku, grup ini memainkan salah satu lagu dari Kiroro. Penonton yang hadir untuk menyaksikan penampilan ini pun cukup beragam. Mulai dari dewasa hingga remaja, baik pengunjung asal Indonesia maupun pengunjung asal Jepang yang hadir di Ennichisai pada hari itu semua bersatu padu dalam harmoni dalam alunan permainan Orkes Tiup ini.

Dalam pementasan di Sabtu siang tersebut Orkes Tiup ini juga masih membawakan beberapa lagu anime lagi. Setelah lagu Evangelion dan Doraemon, grup Orkes Tiup ini juga sempat mambawakan sebuah lagu dari anime lawas. Orkes Tiup Jepang-Jakarta membawakan lagu pembuka dari seri anime Space Battleship Yamato 2199. Simak video penampilannya berikut ini:

Menutup pementasan di Sabtu siang itu, grup Orkes Tiup Jepang-Jakarta ini kembali menghadirkan lagu anime. Kali ini dibawakan musik latar dari seri anime Detective Conan. Penasaran bagaimana jika musik latar anime ini ditampilkan oleh grup Orkes Tiup? Simak videonya berikut ini:

Menyaksikan pertunjukan Orkes Tiup Jepang-Jakarta di hari Sabtu, 14 Mei 2016 tersebut merupakan sebuah pengalaman yang cukup berbeda. Karena pada perhelatan Ennichisai 2016 ini grup ini mampu membawakan berbagai lagu anime (anisong) yang dipadukan dengan alunan alat musik tiup.

KAORI Newsline | Foto & Teks oleh Rafly N.