Perusahaan operator kereta api (KA) di Jepang, East Japan Railway Company (JR East) kini tengah melakukan peremajaan armadanya, salah satu yang akan dipensiunkan ialah KRL seri 485 yang selama ini berdinas di Sendai, Prefektur Miyagi. KRL ini sendiri mulai diproduksi pada era Japanese National Railway (JNR), atau sebelum tahun 1987. KRL ini merupakan salah satu kereta yang menjadi ikon perkeretaapian kawasan Sendai.

KRL seri 485 ini memiliki bentuk yang unik, dan mempunyai ciri khas emblem berbentuk segitiga terbalik yang berada di kabin dan bodi kereta dengan liveri berwarna krem dengan garis merah.

JR East di Sendai memiliki satu unit rangkaian ini dengan formasi enam kereta dalam satu rangkaiannya. KRL ini biasa digunakan pada event spesial tertentu. Namun seiring waktu, KRL ini akan dipensiunkan karena faktor usia.

Sebelum dipensiunkan, JR East akan mengadakan perjalanan perpisahan pada 18 dan 19 Juni mendatang. Pada 18 Juni, perjalanan kereta akan melalui rute Sendai – Koriyama; Koriyama – Aizu-Wakamatsu, dan Aizu-Wakamatsu – Koriyama.

Advertisement Inline

Untuk rute Sendai – Koriyamama, kereta akan menggunakan logo Hibari dan tiketnya dibanderol dengan harga 10.000 Yen. Sedangkan untuk dua rute lainnya, kereta akan menggunakan logo Express Aizu dan dengan tiket seharga 8.000 Yen.

Sedangkan pada perjalanan tanggal 19 Juli, KRL seri 485 akan berdinas sebagai Express Tsubasa dengan rute Fukushima – Yamagata dan Yamagata – Sendai. Tiket perjalanan dibanderol masing-masing 10.000 Yen dan 8.000 Yen.

Dalam setiap perjalanannya tersedia tiket untuk 300 penumpang. Sebagai bentuk kenang-kenangan, setiap penumpang akan mendapatkan sertifikat spesial dari JR East dengan gambar ilustrasi KRL seri 485 dan sebuah kotak makan cantik. Pemesanan tiket untuk perjalanan ini sendiri sudah dibuka sejak 6 Mei yang lalu.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.