Tribute to Tsundere

    16
    Lokasi Gelar Jepang UI hari kedua (Kevin W)

    Sering kali kita mendengar kata tsundere sebagai istilah dalam anime maupun manga sekarang. Pasti ada yang bertanya-tanya, apakah itu tsundere?

    Kata tsundere ini bermula sebagai internet slang. Tsundere merupakan kombinasi dari 2 kata yaitu tsuntsun (ツンツン) dan deredere (デレデレ). Tsuntsun dijelaskan sebagai “cool, pemarah, dan tegas”. Sedangkan deredere dijelaskan sebagai “lagi dimabok cinta”.

    Jadi penggabungan antara kedua kata itu menjadi apa? Tsundere (ツンデレ) dijelaskan sebagai sifat suatu karakter yang digambarkan awalnya menjalin hubungan benci terhadap seseorang namun terakhirnya menjadi suka. Selain itu, tsundere juga digambarkan sebagai seseorang yang suka terhadap seseorang, namun tindakan dan kata-katanya bertentangan dengan sifatnya.

    Karakter tsundere sebenarnya sudah ada dari tahun 70an. Salah satu karakter tsundere yang paling lama adalah Sayaka Yumi dari Mazinger Z, Madoka Ayukawa dari Kimagure Orange Road dan Kyoko Otonashi dari Maison Ikkoku. Namun walaupun sudah ada sejak zaman tersebut, kata tsundere itu baru dikenal sekitar 4 tahun belakangan. Malahan kata tsundere ini tercetus dari game bishojo.

    Adalah Rin Tohsaka dan Eri Sawachika lah yang mempopulerkan kata tsundere itu. Rin Tohsaka adalah salah satu karakter dari game terkenal buatan Type Moon, Fate/stay night. Sedangkan Eri Sawachika adalah karakter dari manga School Rumble. Kedua karakter itu adalah contoh jelas dari karakteristik seorang cewe tsundere. Bagaimana awalnya mereka membenci seseorang dan bersikap tangguh, namun pada terakhirnya akhirnya menjadi suka terhadap orang tersebut dan mulai menunjukkan sifat lemah lembutnya, namun masih menyembunyikan perasaannya.

    Uniknya, karena adanya persamaan pada kedua karakter tersebut, yaitu sama-sama mempunyai rambut gaya twin-tailed, sekarang orang-orang beranggapan, gaya rambut yang paling pas untuk seorang tsundere adalah twin-tailed. Dan itu terbukti dari beberapa karakter tsundere yang muncul setelah mereka berdua.

    Beberapa karakter tsundere yang cukup terkenal di kalangan penggemar anime dan manga:

      • Eri Sawachika (School Rumble)


      • Rin Tohsaka (Fate/stay night)


      • Asuka Langley Soryuu (Evangelion series)


      • Haruhi Suzumiya (Haruhi Suzumiya series)


      • Naru Narusegawa (Love Hina)


      • Evangeline A.K. McDowell (Magister Negi Magi)


      • Shana (Shakugan no Shana series)

      • Kagami Hiiragi (Lucky Star)


      • Akiha Tohno (Tsukihime)


      • Akane Tendo (Ranma 1/2)


    • and many more…

    Dan uniknya, ada juga seiyuu (atau yang lebih dikenal dengan voice actor) yang dicap sudah berpengalaman menyuarakan karakter tsundere. Dialah Rie Kugimiya. Rie Kugimiya sudah terbukti memerankan 3 karakter tsundere yang terkenal, yaitu Shana, Louise Françoise le Blanc de la Vallière, dan Nagi Sanzen’in.

    Pada masa sekarang, rasanya suatu anime atau manga tidak lengkap dengan tidak hadirnya karakter tsundere. Seperti kata seseorang yang saya kenal, “Singkat cerita, suatu anime/manga tidak akan pernah terasa lengkap tanpa kehadiran seorang tsundere di dalamnya, hidup serasa tidak lengkap tanpa ada seseorang yg bawel, cerewet, ribut, namun sebenarnya sayang dengan kita. WE NEED MORE TSUNDERE!!! TSUNDERE IS THE EPITOME OF ALL FEMALE CHARA!!! LONG LIVE TSUNDERE CHARA!!!”

    Sekian… Long Live Tsundere Chara !!!

    Dari seorang penulis yang sangat mengagumi karakter tsundere terutama Ojou~chan.

    Sumber:
    Tsundere Funclub @AMH
    Wikipedia

    16 KOMENTAR

    1. tsundere yess

      benarkah yg bikin artikel ini dulu nya tsundere ??

      btw yg bikin ini co pa ce :hammer:

    2. Hmm…
      Ini sih udah tau dari dulu sih…
      sejak nonton Lucky Star ada Lucky Channel.
      Pas jelasin tentang Chara Kagami…
      Shiraishi malah ngejelasin pengertian Tsundere…

      hahaha nice hob…
      Btw, siapa yang buat ini artikel?

    3. tsundere nggak mengundang S&M! 🙁
      jgn samain semua karakter tsundere dgn louise dong
      justru karakter tsundere itu unik krn saat dia menunjukkan rasa sayangnya bakal terlihat sangat manis 😀

    4. Hohoho bnernya uda tau dari dulu pas baca manga love and collage a.k.a ai kora, tsnya kasi keterangan apa itu tsundere. Btw long live tsundere!

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.