BAGIKAN

Pada minggu lalu, sebuah kabar mengejutkan datang dari salah satu ajang penulisan cerita pendek yang diselenggarakan di Jepang. Ajang yang diselenggarakan oleh Bungaku Free Market dan Shousetsuka ni Narou tersebut membatasi para pesertanya untuk tidak mengumpulkan cerita dengan tema “berpetualang ke dunia lain” maupun “dihidupkan kembali di dunia lain”. Pihak penyelenggara menyarankan pesertanya untuk menulis cerita dengan berbagai tema lain, seperti drama, horor, maupun fantasi.

Tentunya bukan ini yang dimaksud oleh panitia lomba.
Tentunya bukan ini yang dimaksud oleh panitia lomba.

Di waktu yang hampir bersamaan, sebuah ajang penulisan novel ringan bertajuk Net Novel Prize juga telah diselenggarakan. Berbeda dengan lomba yang disebutkan sebelumnya, kontes yang telah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-4 tersebut membebaskan para pesertanya untuk menulis cerita dengan berbagai tema yang ada.

Berdasarkan hasil lomba yang telah diumumkan, berbagai judul cerita novel ringan yang masuk ke dalam daftar penerima hadiah didominasi oleh cerita dengan tema berpetualang di dunia lain. Dari 46 judul yang masuk ke daftar tersebut, empat belas judul di antaranya menyertakan kata “dunia lain” di dalam judul ceritanya. Contoh karya tersebut yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia di antaranya “Kolektor Item di Dunia Lain“, “Manajer Rumah Bordil Dunia Lain“, “Bahasa Sihir Di Dunia Lain Ternyata Seperti Bahasa Jepang“, dan “Aku Berusaha untuk Mengelus Benda Halus di Dunia Lain“.

Advertisement Inline

Selain itu, peraih penghargaan utama ajang ini dengan hadiah sebesar satu juta Yen (sekitar 130 juta Rupiah) dan penerbitan cerita tersebut secara resmi diraih oleh judul novel ringan dengan tema berpetualang ke dunia lain, yaitu “Kisah Seorang Bujangan yang Melakukan Perjalanan ke Dunia Lain Chiirem [cheat + harem] dan Mendapatkan Kemampuan Sihir Penyembuh” (penggalan cerita tersebut dalam bahasa Jepang dapat dibaca melalui tautan ini).

Cerita berpetualang ke dunia lain menjadi salah satu tema yang banyak digunakan dalam berbagai seri anime, khususnya yang diadaptasi dari novel ringan. Seri anime tersebut di antaranya adalah  Digimon, Sword Art Online, Konosuba, Log Horizon, GATE, dan Re:Zero. Selain itu, beberapa karya literatur dunia juga hadir dengan tema serupa, seperti The Chronicles of Narnia, dan Alice in Wonderland.

Dari "Alice in Wonderland" hingga "Re:Zero", karya literatur yang mengusung tema berpetualang di dunia lain.
Dari “Alice in Wonderland” hingga “Re:Zero”, karya literatur yang mengusung tema berpetualang di dunia lain.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.