Rian Cyd dan Frea Mai, ketika pengumuman pemenang ajang WCS 2016 (sumber: facebook.com/WorldCosplaySubmit)

Indonesia memasuki tahun ke-5 dalam keikutsertaannya di World Cosplay Summit, berhasil meraih gelar World Cosplay Summit (WCS) 2016 atau Juara Dunia Cosplay 2016. Rian Cahyadi (23) dengan nama panggung Rian Cyd dan Marchella (25) dengan nama panggung Frea Mai, dua warga Jakarta yang menjadi perwakilan Indonesia untuk World Cosplay Summit (WCS) 2016 ini mampu menampilkan pertunjukan panggung yang luar biasa. Selain itu mereka juga meraih Alumni Award, sebuah penghargaan yang diberikan oleh para alumni dan organizer WCS dari kepada peserta yang dianggap sebagai peserta terbaik.

world cosplay summit

Membawakan serial Trinity Blood dengan nama tim CRUSNIK, Rian dan Frea menampilkan efek tubuh terbelah dengan mengejutkan. Dengan efek visual seperti itu, Indonesia pun berhasil menarik simpati penonton Nico-Nico Live sehingga mereka mendapatkan Nico-Nico Award sebagai salah satu penghargaan yang mereka dapatkan.

Advertisement Inline

Bertempat di kota Nagoya, Perfektur Aichi, Jepang, World Cosplay Summit merupakan ajang tahunan berskala internasional dengan mengusung budaya cosplay (costume play) sebagai muatan utamanya. Acara utama dalam ajang tersebut adalah Parade, Kunjungan Resmi dan Kompetisi. Ajang World Cosplay Summit pula mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota Nagoya dan Departemen Pariwisata Jepang.

Ajang tahunan ini diikuti oleh 30 negara yaitu Indonesia, Australia, Brazil, Canada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Hongkong, India, Italia, Jepang, Kuwait, Malaysia, Meksiko, Belanda, Filipina, Portugal, Russia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, UK, Amerika Serikat, dan Vietnam. Indonesia sendiri bergabung sejak tahun 2012 dan sejauh ini berhasil meraih dua kali juara ke-3. Sehingga prestasi Indonesia dalam bidang cosplay ini cukup disegani oleh dunia.

Esteria Sei, perwakilan Indonesia di ajang World Karaoke Grand Prix 2016 (sumber: Willy Martin/icgp.net)
Esteria Sei, perwakilan Indonesia di ajang World Karaoke Grand Prix 2016 (sumber: Willy Martin/icgp.net)

Selain dalam ajang World Cosplay Summit 2016, Indonesia juga mengirimkan perwakilannya yaitu Esteracia (29) dengan nama panggung Ester Sei, dalam ajang World Karaoke Grandprix 2016 yang juga diselenggarakan di kota Nagoya. Dengan membawakan lagu Ambiguous yang dinyanyikan duo Garnidelia dari serial Kill La Kill yang temponya cukup kencang diperkuat oleh kostum karakter Kiryuuin Satsuki yang tokohnya memang tegas dan enerjik, Ester berhasil meraih penghargaan Jury’s Special Award karena penampilannya tersebut sangat memukau juri.

Dengan demikian Indonesia berhasil meraih beberapa penghargaan yang diterima di ajang tahunan kota Nagoya tersebut. Penghargaan tersebut adalah World Cosplay Summit Champion 2016, Nico-Nico Live Award, Alumni Award, ANA Award, dan Foreign Ministry Award untuk ajang World Cosplay Summit, kemudian Jury’s Special Award untuk kompetisi World Karaoke Grand Prix 2016. Sungguh membanggakan dan tahun ini luar biasa di mana beberapa pekan lalu Indonesia juga berhasil menjuarai kompetisi dunia di bidang sepakbola.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.