BAGIKAN
Juri dari WCS Australia Preliminary siap menguji para cosplayer Australia

SMASH! Sydney Manga and Anime Show show adalah sebuah gelaran budaya pop jepang yang berada di Sydney, New South Wales, Australia. SMASH! baru saja memasuki tahun kesepuluhnya menyajikan kultur Pop Jepang ke warga Australia khususnya Sydney.

KAORI berkesempatan untuk melakukan liputan di acara yang genap berusia sepuluh tahun tersebut.

Hiruk pikuk di pintu masuk Rosehill Gardens
Hiruk pikuk di pintu masuk Rosehill Gardens

Gerbang tiket dibuka pada pukul 8 pagi dan gerbang utama hall baru dibuka pada pukul 9 pagi. Antusiasme para pengunjung sudah mulai tampak. Ularan antrian untuk masuk ke dalam hall sudah memanjang. Satu hal yang menarik, tiket dari SMASH! dapat digunakan untuk naik jaringan kereta api listrik New South West Trainlink selama dua hari event ini berlangsung.

Suasana ground floor
Suasana ground floor Grand Pavillion

Pusat atraksi SMASH dibagi menjadi beberapa tempat. di lantai dasar Grand Pavillion ada Pasar merchandise dari berbagai macam vendor. Mulai dari kios Madman yang menjual DVD dan Manga, Anime at Abbotsford yang menjual pernik figur dan figma hingga toko replika senjata-senjata fantasi.

Foto bersama anggota Aqours
Foto bersama anggota Aqours

Ditempat ini ada stan dari anime yang tayang saat ini : Love Live! Sunshine!. Di stan ini, pengunjung dapat berfoto dengan standing character dari Aqours. Tidak lupa staf KAORI yang bertugas mejeng berfoto dengan Chika Dkk.

Gapura stan Gunpla
Gapura stan Gunpla

Di lantai dasar Grand Pavillion ada stan dari Gunpla Builders yang mempamerkan showcase model plastik Gundam. Ada Gundam Barbatos dan Gundam Build Burning seukuran manusia di masing-masing gerbang masuk stan ini. Di stan ini ada berbagai produk model kit Gundam, mulai dari High Grade hingga Perfect Grade. selain pameran produk Gundam, ada juga showcase GBWC Australia yang menampilkan entri-entri GBWC se-Australia. Pada stan ini ada tempat khusus dimana pengunjung dapat segera merakit Gunpla yang telah mereka beli. Pada sebelah tempat merakit, ada panggung mini untuk mengadakan workshop Gunpla.

Selain entri GBWC dan produk yang sudah dirilis, ada juga showcase dari produk terbarunya.

This slideshow requires JavaScript.

Merchandise Limited antara Anime at Abbotsford - Good Smile Company
Merchandise Limited antara Anime at Abbotsford – Good Smile Company

This slideshow requires JavaScript.

Selain BANDAI, Anime at Abbotsford bekerja sama dengan Good Smile Company(GSC) menampilkan showcase produk-produk Figma dan Figfix pertama di Australia. Ada berbagai macam figur dan figma buatan Good Smile Company dipajang di stan tersebut. Puas meilhat showcase GSC, pengunjung dapat menuju stan Anime at Abbotsford untuk membeli produk dari GSC. Tidak lupa juga ada produk-produk limited yang dijual hanya di kios SMASH! Anime at Abbotsford seperti Figma Konno Yuuki dari SAO dan nendoroid Saber dari seri Fate/Stay Night.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Kartu Nama para artist yang ada di Artist Alley

Di lantai atas Grand Pavillion ada Artist Alley dimana pengunjung dapat membeli karya dari artist-artist yang berpartisipasi di SMASH. Pernik yang dijual di Artist Alley mulai dari poster, artbook, keychain, stiker, Kostum Lolita dan masih banyak lagi.

Gerbang masuk ke AnimeLab Screening Theatre, menampilkan preview dari Kingsglaive
Gerbang masuk ke AnimeLab Screening Theatre, menampilkan preview dari Kingsglaive

Selain Artist Alley, ada anime screening Theatre dari jasa streaming anime asal Australia, AnimeLab. Screening Theatre ini menampilkan beberapa anime dan finalis dari lomba AMV. Beberapa anime yang tayang di Theatre AnimeLab adalah Berserk(2016), Konosuba, Puella Magi Madoka Magica the Movie part 1, Love Live! Sunshine! dan ada preview Film prekuel dari Final Fantasy XV, Kingsglaive yang akan tayang di Australia pada tangal 27 Agustus nanti.

Di Sebelah Grand Pavillion, ada gedung JR Fleming Stand. Di Depan JR Fleming Stand ada sebuah panggung kecil dimana para musisi atau dancer dapat unjuk kebolehan di depan pengunjung SMASH. Ada juga beberapa kios makanan dan minuman berjajar di depan JR Fleming Stand. Di Ujung JR Fleming Stand ada Itasha Car Zone yang menampilkan Itasha karya kawan-kawan dari New South Wales.

Pengunjung sedang bermain Time Crysis
Pengunjung sedang bermain Time Crysis

Masuk ke lantai dasar JR Fleming Stand, ada area SMASH! Arcade dimana pengunjung dapat memainkan mesin-mesin arcade klasik seperti In The Groove dan Time Crysis. Tampak beberapa pengunjung asik bermain In The Groove, uji keahlian di Time Crysis dan unjuk kekuatan di Dragon Punch.

Saat memasuki JR Fleming Stand lebih dalam, ada stan merchandise resmi IA dan SMASH!. Di kios SMASH!, mereka menjual produk-produk SMASH! dan CD musik original dari HachiojiP. Di Kios resmi IA, mereka menjual pernik IA dari konser Party a Go Go, seperti poster, kaos dan pin. KAORI sempat membeli poster dan set pin Party A Go Go.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bermain Paper Craft dan Origami di SMASH
Bermain Paper Craft dan Origami di SMASH
Pengunjung dapat mengikuti kegiatan menggambar doodle di SMASH
Pengunjung dapat mengikuti kegiatan menggambar doodle di SMASH

Di sebelah kedua kios diatas, ada area Art dan Origami dimana pengunjung dapat mengambar doodle atau membuat origami bersama-sama. Bila anda merasa mampu, anda dapat mengikuti lomba doodle yang diadakan di event ini. Ada juga Grafitti Wall untuk dicoret-coret oleh pengunjung.

Pada salah satu ujung lantai dasar JR Fleming stand, ada area khusus BAKUMAN dan J-Film Hub yang dipersembahkan oleh Japan Foundation. di stan ini pengunjung dapat melihat transkrip dari seri manga BAKUMAN dan bertanya-tanya tengan Japan Film Festival.

Workhsop Cosplay Life Drawing di The Classroom
Workhsop Cosplay Life Drawing di The Classroom
Panel jurnalistik pop culture oleh Snap Thirty
Panel jurnalistik pop culture oleh Snap Thirty

Puas berkeliling, pengunjung bisa mengunjungi The Classroom dan Panel Room. Di kedua ruang ini selalu ada workshop atau sesi panel yang sangat edukatif dan menghibur. Staf KAORI sempat mengikuti beberapa sesi Panel yang tersedia. Ada panel tentang industri anime di Australia oleh Madman Entertainment. Ada panel tentang pop culture journalistic oleh Snap Thirty. Panel tentang image kucing dari segi budaya yang dibawakan oleh seorang lecturer dari Macquaire University. Bahkan ada panel tentang budaya Yaoi “apakah bishounen overrated?”.

Japan Foundation, Consulate of Japan dan GOLDY sedang memberi panel tentang budaya jepang
Japan Foundation, Consulate of Japan dan GOLDY sedang memberi panel tentang wisata jepang

Pada ruang The Classroom, ada sesi panel bersama Takahiro “GOLDY” Sakai. Panel ini disajikan bersama Japan Foundation dan Consulate of Japan in Sydney. Di panel ini, GOLDY memberi informasi tentang wisata di jepang dan bagaimana menikmatinya. GOLDY juga memberi tahu tentang bagaimana merasakan Jepang melalui subculture cosplay. Dia memaparkan bahwa wisata sambil cosplay merupakan salah satu cara untuk menikmati Jepang secara maksimal, baik wisata budaya maupun menikmati atraksi lainnya.

Jpeg

Vocaloid Prince HachiojiP sedang beraksi di panggung 10th Anniversary SMASH!
Vocaloid Prince HachiojiP sedang beraksi di panggung 10th Anniversary SMASH!

Menjelang pada sore hari pertama di SMASH, tibalah acara utama perayaan sepuluh tahun SMASH. Di kegiatan sore hari ini, pengunjung dapat menonton anime MA15+ di arena screening, uji kepintaran trivia quis di The Classroom, menghadiri panel “tingkat lanjut” tentang Yaoi, Atau minum di bar sambil menikmati hentakan musik dari DJ CATACLYSM dan HachiojiP. Di peringatan sepuluh tahun SMASH mendapatkan kejutan dari Vocaloid IA karena SMASH berkesempatan untuk menayangkan screening tur dari IA yang bertajuk PARTY A GO GO.

Unjuk keahlian di panggung terbuka SMASH
Unjuk keahlian di panggung terbuka SMASH

Baik pada hari pertama dan hari kedua, didepan pintu Utara JR Fleming Stand, ada sebuah panggung outdoor kecil. Di panggung tersebut, para musisi, dancer dan utaite yang telah mendaftar dapat menampilkan keahlian mereka. Banyak sekali hiburan yang disuguhkan oleh para penghibur yang hadir. Mulai dari ConSouls yang menyajikan lagu-lagu ikonik dari game-game klasik, utaite yang menyanyikan lagu vocaloid, hingga dance cover oleh beberapa kelompok penari yang hadir.

HachiojiP sedang melakukan Signing session
HachiojiP sedang melakukan Signing session
Yuegene Fay sedang berinteraksi dengan fansnya
Yuegene Fay sedang berinteraksi dengan fansnya

Pada area The Lounge yang berada pada JR Fleming Stand, disinilah para tamu-tamu melakukan sesi meet & greet dengan para fansnya. sesi Meet & Greet Yuegene Fay terlihat cukup ramai dengan antrian fans yang ingin meminta tanda tangannya. Hal itu juga berlaku untuk HachiojiP. Banyak fans yang meminta tanda tangan pada album Prince of Vocaloid yang dijual di toko merchandise resmi SMASH.

Ai Nonaka (Ai-Pon) sedang bermain game bersama para pengunjung SMASH!
Ai Nonaka (Ai-Pon) sedang bermain game bersama para pengunjung SMASH!
Sesi Q&A bersama Yuegene Fay
Sesi Q&A bersama Yuegene Fay

Pada arena Main Stage, KAORI berkesempatan menonton meet & greet dengan Ai Nonaka. Ai-pon(panggilan akrab Ai Nonaka) sedang bermain janken dengan para pengunjung. Pengunjung yang beruntung akan mendapatkan merchandise dari Ai-pon dan SMASH!.

Setelah sesi meet & greet dari Ai Nonaka selesai, ada sebuah sesi tanya jawab pendek bersama Yuegene Fay. Di sesi ini, pengunjung dapat menanyakan pertanyaan apapun kepada Yuegene. Pertanyaan yang meluncur ada banyak macamnya. Mulai dari apakah Yuegene sudah makan timtam selama si Australia, apakah sudah merasakan daging kanguru, pengalamannya menjadi juri cosplay di dunia, aspek apa yang menurutnya sulit dalam melakukan cosplay hingga pertanyaan nyeleneh seperti apakah Yuegene pernah mencukur alisnya.

Juri dari WCS Australia Preliminary siap menguji para cosplayer Australia
Juri dari WCS Australia Preliminary siap menguji para cosplayer Australia

 

This slideshow requires JavaScript.

Puncak dari hari kedua SMASH adalah World Cosplay Summit Australian Preliminary. Ada 7 juri yang siap menguji kelompok cosplay yang akan bertanding di pagelaran cosplay bergengsi dunia. Juara satu dari kompetisi ini akan menjadi wakil dari Australia untuk berlaga di WCS 2017 di Nagoya City, Jepang.

Beberapa penampilan yang menarik perhatian penonton adalah beberapa skit dari Devil May Cry, Shingeki no Bahamut: Genesis, Princess Momonoke, dan Romeo x Juliet.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Teaser dari Aniime yang akan diproduksi oleh WCS : ID-0
Teaser dari Aniime yang akan diproduksi oleh WCS : ID-0

Di Sela-sela final WCS Australia, ada teaser dari anime yang akan diproduksi oleh WCS, yaitu ID-0. Australia telah  mendapatkan izin dari WCS Jepang untuk menampilkan teaser yang akan digarap oleh commitee WCS.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Parade Cosplay dan Pengumuman Finalis WCS yang akan bertanding di Nagoya City
Parade Cosplay dan Pengumuman Finalis WCS yang akan bertanding di Nagoya City

Sebelum pengumuman pemenang dari WCS Australian Preliminary, ada sebuah parade cosplay dimana cosplayer dapat melakukan coswalk di panggung utama. SMASH! ditutup dengan pengumuman pemenang dari WCS Australian Preliminary yang akan mewakili Australia di World Cosplay Summit 2017 di Nagoya City, Jepang. Pemenangnya adalah kelompok yang menampilkan skit dari Romeo x Juliet. Semoga kelompok ini sukses untuk mewakili Australia di World Cosplay Summit 2017.

KAORI Newsline | Ditulis oleh Naufal B. Pawenang | Foto oleh Naufal B. Pawenang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.