BAGIKAN

Salah satu penyanyi anisong (lagu anime) asal Jepang yang pernah membawakan lagu di anime Mobile Suit Gundam Unicorn, Fate/Stay Night serta Koutetsujou no Kabaneri, Aimer hadir untuk pertama kalinya ke Indonesia dalam ajang AFAID (Anime Festival Asia Indonesia) 2016. Penyanyi yang dikenal dengan ciri khasnya yang jarang menampilkan wajah aslinya ini menggelar konser perdananya di Jakarta pada hari Jumat 16 September 2016. Sebelum melakukan pertunjukkan, tim liputan KAORI Nusantara melakukan wawancara bersama dengan penyanyi kelahiran 1 Januari 1991 ini. Ikuti seperti apa perjalanan karir Aimer dalam industri musik dan bagaimana pengalamannya menjadi seorang penyanyi anisong dalam wawancara berikut ini.

Pertama, sebagai seorang artis yang terjun di dunia tarik suara, siapa musisi yang menjadi inspirasi bagi Aimer?

Saya mendapat banyak inspirasi dari berbagai musisi Jepang lainnya. Salah satu grup musik yang menjadi favorit saya, Spitz merupakan salah satu musisi yang sangat menginspirasi saya. Saya sangat takjub dengan lirik yang ada dalam setiap lagu Spitz, semuanya memiliki pesan dan makna penting dan itulah yang saya dapatkan dari lagu mereka.

spitz

one-ok-rock

Selain Spitz saya juga banyak mendapat pengaruh dan inspirasi dari grup band One Ok Rock. Selama karir saya menjadi penyanyi, saya sangat belajar banyak dari grup band tersebut, terutama Taka sang vokalis yang banyak memberi saya pengalaman. Beberapa kali melakukan kolaborasi dengan Taka membuat saya belajar banyak hal.

Untuk inspirasi lain selain dari musisi, saya sering membuat lagu disaat emosi sedang memuncak. Baik disaat senang ataupun sedih, disaat itulah saya menulis lagu serta mencari ide untuk lagu baru.

Aimer akan merilis album baru yang bertajuk Daydream pada 21 September 2016, bisa diceritakan apa pesan yang ingin disampaikan dalam album terbaru tersebut?

daydream

Album ini merupakan album yang cukup berkesan bagi saya karena pembuatan album ini melibatkan beberapa orang yang sangat menginspirasi saya. Dalam album ini ada lagu yang saya buat bersama dengan Taka dari One Ok Rock seperti “Insane Dream” dan “Falling Alone”. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Taka merupakan sosok yang menginspirasi bagi saya.

Selain itu dalam album ini saya ingin menghancurkan diri saya sendiri. Dalam artian saya menantang seberapa jauh kemampuan diri saya dalam bernyanyi, karena beberapa lagu di album ini benar-benar menjadi tantangan bagi kemampuan vokal saya.

Beberapa lagu Aimer juga muncul sebagai lagu tema dalam berbagai anime, apa anime yang paling disukai Aimer?

Saya sangat suka dengan salah satu anime karya Hayao Miyazaki yakni Nausicaa of the Valley of The Wind. Saya juga suka beberapa karya dari studio Ghibli.

Kalau untuk karakter anime, apakah ada karakter anime kesukaan Aimer?

Karakter anime yang paling saya sukai adalah Nausicaa. Selain itu saya juga suka Rukia Kuchiki dari serial Bleach. Saya menyukai Nausicaa karena sebagai sosok wanita ia memiliki jiwa yang kuat dan tegar, begitu juga dengan Rukia.

nausica

Apa tantangan yang sering dihadapi ketika bernyanyi?

Sebenarnya saya hingga sekarang masih sulit untuk mengendalikan suara saya sendiri. Oleh karena itu disaat sedang bernyanyi, tantangan yang saya hadapi adalah bagaimana mengatur suara saya tersebut. Disaat bernyanyi saya selalu berpikir setiap saat untuk bagaimana mengatur suara.

Beberapa lagu Aimer ada yang memiliki nada ballad dan beberapa lagu kini memiliki nada yang powerful, apakah ada tantangan tersendiri dalam transisi suara dari ballad ke lagu yang powerful seperti itu?

Pertama kali saya menyanyi lagu dengan beat yang powerful adalah dalam lagu “Re I Am”. Pada awalnya memang sangat sulit untuk mengontrol suara. Oleh karena itu sejak saat itu saya selalu belajar bagaimana untuk mengontrol suara agar bisa menyanyi lagu ballad maupun yang powerful.

Beberapa kali Aimer sering melakukan kolaborasi dengan beberapa musisi lain, bisa diceritakan pengalaman dalam kolaborasi dan apa cerita yang ada dari masing-masing kolaborasi tersebut?

Kolaborasi saya yang paling baru adalah bersama Taka, vokalis One Ok Rock dalam lagu “Insane Dream”. Saat mencoba menyanyikannya, saya berusaha untuk bisa menyanyikan lagu tersebut dengan irama vokal seperti vokal yang dimiliki oleh Taka.

Selain itu dalam album “Daydream” ada juga lagu berjudul “Chouchou Musubi”. Lagu ini sebenarnya dibuat oleh grup band Radwimps. Awalnya mereka menawarkan saya untuk menyanyikan lagu ini dan akhirnya saya pun menerima tawaran tersebut, untuk menyanyikan lagu tersebut.

Saya juga pernah berkolaborasi dengan Sawano Hiroyuki, salah satunya dalam lagu untuk anime Mobile Suit Gundam Unicorn. Dalam anime ini saya membawakan 2 buah lagu. Kolaborasi dengan Sawano Hiroyuki dalam Gundam Unicorn ini menjadi titik perubahan besar bagi saya karena di sinilah saya menyanyi dengan suara yang cukup powerful.

Dan lalu bagaimana dengan kolaborasi bersama Chelly dalam lagu untuk anime Koutetsujou no Kabaneri?

Dalam anime Kabaneri saya lagi-lagi merasa senang bisa kembali berkolaborasi bersama Sawano Hiroyuki di sana. Dan saya juga sebenarnya sangat mengidolakan sutradara dari anime tersebut. Tetsuro Araki merupakan sutradara anime favorit saya. Makanya begitu tahu saya akan mengisi lagu untuk anime yang ia sutradarai yakni Kabaneri, saya sangat merasa terhormat akan hal itu.

tetsuro-araki
Tetsuro Araki

Kami juga ingin bertanya, dalam setiap pertunjukkan Aimer tak pernah menujukkan wajah, mengapa demikian?

Alasan mengapa saya tidak pernah menunjukkan wajah adalah karena saya merasa bahwa ketika bernyanyi, saya tidak ingin penampilan saya terpolusi. Saya tidak ingin nyanyian saya terpolusi oleh wajah saya.

Namun Aimer pernah juga memutuskan untuk membuka diri menampilkan wajah dalam sebuah acara televisi di Jepang, apa alasan anda memutuskan untuk menunjukkan wajah tersebut?

Pada waktu itu saya merasa bahwa setelah lama berada dalam gelap, akhirnya saya menemukan sebuah cahaya baru bagi diri saya. Oleh karena itu untuk menyambut cahaya baru tersebut saya memutuskan untuk menunjukkan wajah ke hadapan publik.

Kemudian apa tujuan yang ingin dicapai oleh Aimer sebagai seorang penyanyi?

Harapan saya ingin tetap terus bernyanyi. Saya tidak hanya ingin berbagi nyanyian saya saja kepada para penggemar, saya juga ingin menyampaikan rasa kebahagiaan dan kesedihan yang saya rasakan kepada seluruh penggemar.

Kini kita berandai-andai, jika Aimer memiliki kekuatan super, apa kekuatan yang ingin Aimer miliki?

Kekuatan super seperti superhero? Saya sebenarnya sangat ingin bisa terbang melintasi langit, hehe.

Sekarang kita tiba pada penghujung wawancara, ini merupakan kunjungan sekaligus penampilan Aimer pertama ke Indonesia. Apa pesan dan kesan yang ingin anda sampaikan kepada para fans di Indonesia?

Ya, memang ini adalah pertama kalinya saya hadir ke Indonesia, dan juga pertama kalinya saya mengadakan konser di Indonesia. Sejujurnya saya masih belum mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi fans disini. Tapi saat tadi saya melihat sekilas, saya kaget ternyata antusiasme penggemar anime di sini sangatlah besar, itulah hal yang paling berkesan bagi saya di sini. Dan saya harap semua fans di Indonesia bisa berkumpul lagi nanti dalam konser solo saya nanti.

KAORI Newsline | Teks oleh Rafly Nugroho | Diwawancarai oleh Dirman & Si Kaori

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.