BAGIKAN

jalu

Di masa lalu, ketika komik Indonesia banyak menghasilkan komik-komik bertema Silat, ada salah satu genre Silat yang mengambil latar belakang Betawi tempo doeloe yang kerap kali disebut-sebut dengan genre Silat Betawi. Komik bergenre Silat Betawi umumnya mengambil setting Betawi di masa Kolonial Belanda, dengan menampilkan sesosok Jawara Silat yang kerap kali membela kaum tertindas dari ancaman para centeng, tuan tanah, maupun penguasa Kolonial Belanda. Beberapa komik-komik bergenre Silat Betawi yang cukup beken di masanya, di antaranya adalah Jampang Jago Betawi karya Ganes TH & Zaidin Wahab.

Kini, pada era Millenium ketiga, Apat Cartoon kembali mengangkat genre Silat Betawi pada komik karya terbaru mereka yang diberi judul Jalu – Begundal. Yang menarik, komik ini bukan cuma sekedar mengangkat genre Silat Betawi klasik, namun juga menghadirkan dialog Betawi dengan gaya masa kini, ditambah bumbu anakronisme yang turut mencampurkan setting Betawi klasik dengan beberapa satir masa kini, termasuk situasi Jakarta saat ini. Dibawakan dengan pendekatan humor, ringan, dan menghibur, komik ini sendiri ditulis oleh Apat SY, dengan ilustrasi dari Yan Mastur, dan pewarnaan oleh Sukma Bijac.

Advertisement Inline

Dengan tebal sebanyak 68 halaman, komik ini bisa didapat dengan menghubungi Apat Cartoon, atau bisa juga didapat melalui Tokopedia. Komik ini sendiri dibanderol dengan harga sebesar 25.000 rupiah.

Intip beberapa isi dari komik ini:

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.