Sumber: as-web.jp

Ajang balap Super GT musim 2017 baru akan resmi dimulai pada bulan April nanti. Menjelang berlangsungnya seri pertama yang akan digelar di sirkuit Okayama, berbagai tim melakukan persiapan dan juga pengumuman penting, seperti Team Mugen yang diumumkan akan kembali hadir di ajang balap ini di kelas GT500 pada bulan Desember 2016 yang lalu.

Kru Team Mugen dari kiri ke kanan: Hideki Mutoh, Daisuke Nakajima, dan manajer tim Nagataka Tezuka (sumber: supergt.net)

Berbagai tim balap Super GT lainnya memanfaatkan kesempatan untuk tampil di perhelatan Tokyo Auto Salon 2017 yang digelar di Makuhari Messe, Tokyo, Perfektur Chiba dari tanggal 13 hingga 15 Januari 2017. Dalam perhelatan tersebut, berbagai tim balap meluncurkan mobil balap yang digunakan pada musim 2017 dan juga mengumumkan berbagai detil informasi baru. Salah satunya adalah tim balap Saitama Toyopet Green Brave.

Saitama Toyopet Green Brave secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan berpartisipasi di ajang balap Super GT kelas GT300. Mereka akan berlomba dengan menggunakan model mobil Toyota Mark X MC. Seperti namanya, mobil ini dikembangkan dengan regulasi teknis Mother Chassis, di mana mobil tersebut harus menggunakan beberapa komponen wajib yang telah ditunjuk oleh GT Association (GTA) selaku penyelenggara lomba untuk menekan biaya pengembangan. Komponen tersebut di antaranya adalah sasis, mesin, suspensi, dan komponen elektronik.

Advertisement Inline

Toyota Mark X sendiri merupakan salah satu varian mobil sedan kelas menengah ke atas yang telah diproduksi sejak tahun 2004 dan dipasarkan untuk wilayah Asia. Di negara Jepang sendiri, model mobil ini hanya dijual secara eksklusif di berbagai dealer Toyopet Store. Varian standar generasi kedua mobil ini (X130) hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu  4GR-FSE V6 2,5 L (tenaga 200 daya kuda) dan 2GR-FSE 3.5 litre V6 (314 daya kuda).

Toyota Mark X versi tahun 2016 (sumber: paultan.org)

Sementara itu, Saitama Toyopet Green Brave merupakan tim pendatang baru di ajang balap Super GT. Meskipun begitu, tim tersebut telah berpartisipasi di berbagai ajang balap di Jepang, seperti Super Taikyu dan Formula 4 Jepang.

Di ajang Super Taikyu, tim ini berpartisipasi di kelas ST-3 (mobil berpenggerak dua roda dengan kapasitas mesin 2.001-3.500 cc) dan ST-4 (mobil dengan kapasitas mesin 1.501-2.000 cc) berturut-turut dengan menggunakan mobil Toyota Mark X G’s dan Toyota GT86. Tim ini juga ikut tampil di ajang balap ketahanan Sepang 12 Hours pada bulan Desember 2016 yang lalu di kelas GT3-ProAm dengan mobil Mercedes-Benz SLS AMG GT3.

KAORI Newsline

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.