BAGIKAN

Setelah sebelumnya sempat hadir melalui stasiun televisi SCTV, kini anime 3D karya siswa SMK Raden Umar Said Kudus/RUS Animation Studio telah hadir secara online melalui akun youtube RUS Animation Studio.

Saksikan anime berdurasi 24 menit karya siswa-siswi SMK ini pada video berikut ini:

Advertisement Inline

Dibuat oleh para siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, Pasoa dan Sang Pemberani bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa yang berwujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia. Dia hadir untuk melindungi kekayaan khayati di Indonesia. Film ini memiliki pesan bahwa semua orang harus menjaga kekayaan alam Indonesia sekaligus memperkenalkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia. Sementara soundtrack dari film animasi ini dilantunkan oleh Isyana Sarasvati.

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah Seiyuu kenamaan juga turut berpartisipas dalam menyuarakan anime ini. Sebut saja Bima Sakti, Seiyuu yang dikenal dalam perannya sebagai Giant dalam anime Doraemon. Ada Jheny Rinjo yang juga sempat menjadi Seiyuu Sandy Cheeks dalam Spongebob Squarepants. Kemudian ada juga Wiwid Widyas Prihantoro yang sudah malang melintang dalam berbagai sandiwara boneka seperti Jalan Sesama, juga Seiyuu lainnya seperti Giman, Tessar T. Wardhana, hingga penampilan spesial dari aktor kawakan Tio Pakusadewo, dan juga Tria M. Ramadhani, yang dikenal sebagai vokalis grup band The Changcuters.

Pembuatan anime itu sendiri, dilakukan di studio yang dibangun di SMK RUS. Studio yang diberi nama RUS Studio Animation tersebut hadir untuk mendukung kurikulum kejuruan animasi yang ada di sana. Studio tersebut berdiri juga karena didukung Djarum Foundation dan Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). Tidak tanggung-tanggung, sejumlah tokoh-tokoh besar dunia di bidang film anime turut diundang untuk menjadi pengajar tamu di RUS Studio Animation Animation Studio. Sebagaimana dilansir dari ANTARA, RUS Animation Studio menghadirkan pengajar profesional yaitu Woody Woodman dari Walt Disney Animation Studio yang memberikan ilmu melalui sistem pembelajaran online dari Amerika Serikat. Ia juga mengajar langsung sebanyak dua pertemuan dalam satu tahun. Animator asal Jepang Masami Obari juga terlibat untuk mengajarkan para siswa membuat karakter anime.

Yang menarik, di bagian akhir anime ini, tampak embel-embel “BERSAMBUNG”. Hal ini menandakan bahwasanya anime ini masih akan berlanjut ke depannya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.