BAGIKAN
© ANiUTa 2017 Co.,Ltd

Layanan streaming lagu merupakan salah satu layanan hiburan di era digital yang sedang populer saat ini. Melalui layanan tersebut, berbagai koleksi lagu dari beragam label rekaman di seluruh dunia dapat dinikmati saat itu juga secara legal, bahkan gratis, melalui komputer maupun ponsel pintar. Beberapa penyedia layanan streaming lagu yang tengah populer di tanah air adalah Spotify, Apple Music, dan JOOX.

© ANiUTa 2017 Co.,Ltd

Kini, sebuah layanan streaming lagu khusus anisong (lagu anime) telah diluncurkan. Bernama ANiUTa, layanan yang resmi diluncurkan pada Jum’at (24/3) tersebut memfokuskan diri untuk menghadirkan berbagai lagu yang menjadi soundtrack anime, game, tokusatsu, hingga beragam lagu Vocaloid. Layanan ini disebut-sebut akan menghadirkan lebih dari 50 ribu lagu untuk didengarkan.

Untuk menghadirkan lagu-lagu tersebut, ANiUTa bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan label rekaman yang bergerak dalam perilisan berbagai lagu anisong. Perusahaan tersebut adalah  Flying Dog, Avex Pictures, Kadokawa, Sunrise Music Publishing, Toei Animation Music Publishing, TOHO, Frontier Works, Pony Canyon, Marvelous, Lantis, Earth Star Records, EXIT TUNES, SNK, NBCUniversal Entertainment Japan, CAPCOM, Karent, Smiral, TEAM Entertainment, Tokuma Japan Communications, Dreamusic, Falcom, TMS Music, VAP, Victor Entertainment, 1st Place, Bushiroad Music, United Music and Arts, Mages, Rejet, dan Warner Brothers.

Acara peluncurannya sendiri dihadiri oleh 5 penyanyi anisong dari berbagai seri anime untuk mewakili beragamnya katalog lagu milik ANiUTa, yaitu Mayu Yoshioka (Wake Up, Girls!), Suzuko Mimori (Love Live!/µ’s), Minori Suzuki (Macross Delta/Walküre), Nanaka Suwa (Love Live! Sunshine!!/Aqours), dan Yuri Komagata (Kirakira ☆ Precure a la Mode).

© ANiUTa 2017 Co.,Ltd

Adapun judul anime dan game yang lagu temanya hadir di layanan ini adalah Ensemble Stars!, seri GundamWake Up, Girls!Osomatsu-sanGirls und PanzerKanColleKirakira ☆ Precure a la ModeK-ON!Attack on TitanThe Melancholy of Haruhi SuzumiyaGenesis of AquarionFree!Macross DeltaMacross FrontierYowamushi PedalLucky StarLove Live!, Love Live! Sunshine!!, Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu, dan Yuri!!! On Ice.

Aplikasi ANiUTa dapat dijalankan di gawai (gadget) dengan sistem operasi Android (versi 5.x – 7.0) dan iOS (versi 9.x – 10.x). Lagu yang dapat dinikmati akan hadir dengan kualitas streaming 128 dan 320 kilobita per detik dan dilengkapi dengan teks lirik lagu. Layanan ini akan dikenakan tarif berlangganan sebesar 600 yen (sekitar Rp72.000,-) per bulan. Pengguna yang belum berlangganan tetap dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari lagu yang disediakan layanan ini dan mendengarkan cuplikannya.

Tak hanya streaming lagu, ANiUTa juga menyediakan berbagai pernik lainnya yang terkait anisong, seperti tiket konser, dan konten eksklusif. Pada awal perilisannya, ANiUTa menghadirkan konten eksklusif yang disebut “ANiUTa Premium”. Lagu-lagu yang masuk ke dalam konten ini di antaranya single ulang tahun ke-25 grup Ali Project berjudul “Himiko Garden“,  “Beginning” dari album ulang tahun ke-40 Hironobu Kageyama, lagu penutup Ao Oni: The Animation berjudul “Kakure Oni movie ver.” milik Akiko Shikata, dan lagu tema dari film Gekijouban no Kuroko Basket Last Game berjudul “Glorious days” milik GRANRODEO.

Layanan ini juga akan menggelar konser bertajuk “ANiUTa Live 2017 ANiUPa!!” yang akan digelar pada tanggal 13 Mei di Tokyo’s Yoyogi National Gymnasium. Artis yang akan tampil dalam konser ini di antaranya Aqours, Ali Project, Wake Up, Girls!, dan May’n

Meskipun layanan tersebut saat ini hanya tersedia di Jepang, pihak ANiUTa menargetkan untuk membuat layanan ini juga dapat dinikmati di seluruh dunia pada akhir tahun 2017.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.