BAGIKAN
Bus Transjakarta (Scania K320IA) melayani koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) | (Fasubkhanali)

Menyambut bulan suci Ramadhan, Transjakarta terus berupaya untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang atas kebutuhan transportasi yang nyaman serta aman selama berpuasa. mengantisipasi hal tersebut, Transjakarta telah menyiapkan beberapa kebijakan dan program baru, salah satunya dengan merubah pola keberangkatan bus.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Bisnis Transjakarta, Welfizon Yuza mengatakan perubahan pola operasional tersebut berdasar dari bulan Ramadan tahun sebelumnya. Saat Ramadhan, pelanggan memiliki perubahan rencana operasi (renops) saat jam berangkat dan pulang kerja. Perubahan pola tersebut antara lain dengan menyediakan bus yang lebih banyak pada gelombang pertama di pagi hari pada jam 5.00-8.00, kemudian sore hari pada jam 15.00-18.00. Pada bulan puasa, setiap hari bus yang beroperasi sekitar 1160-1200 bus pada 88 rute.

Selain itu, bus reguler hanya akan beroperasi sampai pukul 22.00, kemudian dilanjutkan oleh bus Amari (angkutan malam hari). Adanya perubahan pola ini disebabkan pada saat Ramadhan biasanya terjadi pengurangan jumlah penumpang sekitar 15% dari rata-rata per hari 450.000-460.000 penumpang.

Advertisement Inline

Selain perubahan pola, Transjakarta juga akan melakukan pembagian takjil gratis berupa minuman dingin yang merupakan sumbangan dari sebuah perusahaan minuman. Pembagian takjil ini akan dilakukan pada pukul 17.30-18.00 di seluruh halte Transjakarta. Akan ada 400 ribu botol atau 20 ribu per hari yang disiapkan untuk pembagian ini. Stok minuman disesuaikan dengan jumlah tap in di tiap-tiap halte pada hari kerja. Selain itu, masih ada negosiasi dengan pihak swasta lain agar bisa memberikan takjil gratis di halte-halte.

Untuk mengakomodasi penumpang yang akan berbuka puasa, selama bulan puasa pelanggan Transjakarta akan diperbolehkan untuk makan kecil dan minum di bus pada saat waktunya berbuka puasa antara jam 18.00-18.30. Jam buka akan diinformasikan melalui petugas di dalam bus serta radio yang diputar di dalam bus.

Selama bulan Ramadhan, setiap sabtu di Harmoni akan ada acara ngabuburit dengan tagline tahun ini yaitu #BerbagiLebihBaik. Akan ada lomba mengabadikan foto di bus atau halte di media sosial dengan tagline tersebut. Pemenangnya akan diumumkan saat Transjakarta Simfoni pada 17 Juni 2017. Akan ada 10 pemenang dan masing-masing akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 500.000.

Tak hanya itu, pada saat bulan Ramadhan juga akan ada penjualan sembako murah dengan Pasar Jaya di halte-halte Transjakarta mulai Jumat (26/5) dengan 4 komoditas utama, yaitu beras, tepung terigu, gula, serta minyak goreng. Halte yang disiapkan untuk menjadi tempat penjualan sembako murah akan berada di pinggiran Jakarta dan dekat dengan pemukiman. Pembayarannya akan menggunakan transaksi non tunai.

Selain itu, untuk mengakomodasi pemudik yang menuju kampung halaman menggunakan transportasi umum, Pada saat H-10 sampai dengan h+10 Lebaran, Transjakarta juga akan menambah armada pengumpan (feeder) menuju terminal Pulogebang serta Stasiun Senen dan Gambir.

Diharapkan dengan adanya berbagai kebijakan dan program baru selama bulan Ramadhan ini pelanggan setia Transjakarta akan semakin nyaman dalam menggunakan Transjakarta ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Cemplus Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.