Oshiya (Pusher) di Jalur KRL di Jepang

0


Pusher di Yamanote Line (JR East). KRL yg digunakan: JR East E231

Pusher di jalur Tokyu Denentoshi Line. KRL yg digunakan: Tokyo Metro seri 8000 (thru services ke Oshiage)

Jepang adalah negeri dengan jalur KRL tersibuk di dunia. Karena penumpang yang sangat banyak, maka dibutuhkan tenaga pendorong (pusher) agar penumpang dapat masuk ke dalam KRL. Seperti apa kerja mereka?

Oshiya, atau petugas pendorong (pusher) (kanji: 押し屋) adalah pekerja yang tugasnya mendorong penumpang masuk ke dalam kereta di stasiun saat jam-jam sibuk. Pertama kali diterapkan di stasiun Shinjuku, mereka disebut “petugas pengatur penumpang”, yang timnya saat itu terdiri dari pelajar yang pekerja paruh waktu.

Oshiya pertama kali diperkenalkan untuk jalur Eidan (Tokyo Metro). Di jalur-jalur padat seperti Ginza Line, Hanzomon Line dan Tozai Line dengan okupansi lebih dari 120 persen, pusher disiagakan di peron stasiun. Kini, hampir semua perusahaan KRL besar di Jepang memiliki petugas pendorong di tiap stasiunnya.

Tahapan Pekerjaan:

1. Pengecekan keamanan dilakukan sebelum KRL tiba.
2. Mereka mengamati keluar-masuknya penumpang saat kereta tiba.
3. Bila ada yang belum masuk, mereka membantu penumpang untuk mencari pintu yang cukup lega.
4. Saat pintu ditutup, mereka memastikan tidak ada orang atau barang yang kejepit di pintu.
5. Bila ada yang terjebak, mereka mendorongnya.
6. Bila pintu satu sudah beres, maka mereka mencari pintu lain. Ketika ada barang yang terjepit, akan sulit bagi penumpang untuk mengambilnya karena pintu tidak terbuka langsung. Mereka juga bertugas menarik atau mencegah orang yang nekat masuk ke dalam rangkaian ketika kondisi sudah tidak memungkinkan. Biasanya, mereka ini datang terlambat, maupun mereka yang memaksa masuk saat KRL sudah sangat penuh.
7. Setelah memastikan semua pintu tertutup, mereka mengayunkan bendera atau mengedipkan lampu ke arah masinis, tanda rangkaian aman berangkat (seperti semboyan 40/41).

Dan, insiden joyride di atap KRL maupun pintu yang tak bisa tertutup di KRL Ekonomi AC bisa diatasi dengan pusher ini. Kapan di KCJ ada?

Sejumlah video Youtube untuk anda.

Jalur Tokyo Metro (tahun 90an)

 

Jalur Keio. Sekarang, umumnya seperti ini (tidak separah video yang di atas)

Artikel oleh Imran Hanif dari KAORI Forum.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses