BAGIKAN
©Yoshihiro Hamaguchi/Maribon

Kota Shima di Perfektur Mie adalah kota pesisir yang terkenal dengan budidaya mutiaranya di teluk Ago. Untuk mempromosikan daerah tersebut, dibuatlah karakter maskot bernama Megu Aoshima yang sempat dicanangkan untuk menjadi maskot kota Shima, namun akhirnya karakter tersebut batal diangkat menjadi maskot oleh walikota Shima tahun 2014.

Karakter Megu Aoshima  digambarkan sebagai pembudidaya atau peternak mutiara yang dicirikan dengan stereotipe khas anime yang moe dan muda. Sebagian kalangan  tidak setuju dengan stereotipe dari karakter tersebut. Anak dari salah satu pembudidaya mutiara bernama Isako Utsubo memulai gerakan untuk menentang maskot tersebut dan akhirnya karakter tersebut batal menjadi maskot.

Meskipun begitu, desainer karakter Megu Aoshima, Yoshihiro Hamaguchi, tetap akan menggunakan maskot tersebut dengan pesona stereotipe moe dan muda yang lebih menjual.  Sebagian dukungan juga datang dari penduduk kota (termasuk pembudidaya mutiara kota tersebut). Merekapun mengadakan kampanye penggalangan dana untuk maskot tersebut. Atas keberhasilan kampanye tersebut, perusahaan desainer yang juga terlibat dari kampanye tersebut, Maribon, merilis 2 buah video anime pendek, masing-masing berdurasi 15 detik dan 45 detik dengan menampilkan Megu Aoshima sebagai bintangnya.

Advertisement Inline

Intip videonya berikut ini:

Mikako Komatsu, seiyuu yang berasal dari kota Shima berperan menjadi seiyuu dari Megu Aoshima dalam kedua video anime pendek tersebut.

Dalam video tersebut, Megu tidak hanya mempromosikan kota Shima, tetapi juga di wilayah sekitaran Ise-Shima seperti Ise dan Toba-Shima. Megu juga menyambangi kuil Ise yang merupakan kuil yang penting dalam agama Shinto. Lalu dia menuju daerah sekitar Okage-yokochō yang merupakan daerah pertokoan dan bagunan bersejarah. Setelah itu menuju Meoto Iwa (Batu Pengantin) yang merupakan situs keramat di agama Shinto. Karakter ninja, Mai Igarashi juga muncul di akhir video. Mai adalah maskot dari kota Iga dari perfektur Mie, tempat di mana awal dari sejarah ninja terjadi.

KAORI Newsline | Courtesy of Animate Times & ANN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.