BAGIKAN

Episode Ini …

Episode minggu ini dibuka dengan Riko sekali lagi memuji daya tarik Abyss yang misterius. Lagu pembuka mengantarkan adegan Riko mendiskusikan pengamatannya terhadap tubuh Reg yang berhasil menjadi bumbu komikal di awal episode. Di depan teman-temannya yang serius, Riko membandingkan penemuan hebatnya yang bahkan belum pernah ditemukan oleh ibunya. Ini adalah adegan pertama yang memperlihatkan Riko, Nat, Siggy, dan Kiyui bersama-sama membahas identitas Reg yang misterius.

Tapi, episode ini lebih menunjukkan persahabatan Reg dan anak-anak di panti asuhan yang mulai terjalin. Ini tentang kemeriahan perayaan rakyat Kota Ōsu, Festival Kebangkitan, dan pahlawan legendarisnya. Namun, di tengah kemeriahan itu, Riko bertatapan dengan kabar mengejutkan tentang ibunya, Lyza. Saat ia berusaha menghadapi kabar mengejutkan itu, Riko tidak sengaja menemukan petunjuk tentang identitas Reg yang sebenarnya. Dengan konflik utama yang makin besar, bagaimana kesan episode dua kali ini?

Bahasan di bawah ini mengandung bocoran jalan ceritanya, stop membaca bila belum menonton sampai episode ini. 

Follow-up yang Serasi

Berbeda dengan episode kedua anime-anime pada umumnya, tempo cerita Abyss minggu ini relatif cepat. Tak hanya itu, episode ini juga belum menghadirkan karakter baru sama sekali walaupun setting fantasinya masih belum banyak dijelaskan. Ceritanya masih berfokus pada dua protagonis utama, Riko dan Reg. Bahkan hampir tidak ada adegan tanpa salah satu dari keduanya. Fokus dan dedikasi keduanya mampu membuat penonton kagum. Episode kedua ini lebih jauh mengenalkan penonton pada Riko dan Reg sebagai manusia dan robot.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Kita tahu kalau Riko keingintahuannya begitu menggebu-gebu sampai-sampai terkesan tidak sopan dan tidak menghargai privasi orang lain. Hal tersebut terlihat sewaktu dia mengobrak-abrik memeriksa tubuh mekanik Reg sampai “ke sana-ke mari”. Dia bahkan tak kelihatan malu ketika teman-temannya mengomentari kelakuan itu. Mungkin karena itu Riko justru melihat Reg hanya sebagai sekedar penemuan, bukan manusia. Walaupun begitu, dia tidak mau membedah isi Reg. Sementara itu, Reg masih menjadi misteri (dia juga amnesia, jadi tidak apa-apa). Tapi, satu hal yang kita tahu adalah Reg sendiri juga ingin tahu siapa dirinya dan darimana asalnya.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Daya tarik episode ini sendiri ada di paruh kedua animenya. Kita mengintip festival rakyat Kota Osu: Festival Kebangkitan. Sebuah Festival yang didedikasikan untuk pahlawan legendaris Cave Rider Kota Osu. Dia adalah salah satu dari sedikit orang yang memegang “peluit putih” dan memiliki akses tidak terbatas untuk menjelajahi setiap level Abyss. Pahlawan itu adalah Lyza, ibu Riko, yang memilih menghabiskan sepuluh tahun hidupnya melihat gua daripada melihat putri satu-satunya. Kita mulai tahu hubungan ibu-anak ini sedikit demi sedikit. Nah, di situlah episode kedua serial ini terasa sedikit tidak memuaskan.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Walaupun menjadi salah satu karakter pendukung penting, kita masih tidak tahu apa-apa tentang Gilo si Leader, kecuali dia sekarang menjadi mentor anak-anak di panti asuhan dan dulu dilatih sendiri oleh Lyza. Perannya di episide ini pun hanya menjadi mesin eksposisi di adegan sewaktu Gilo menceritakan tentang Lyza kepada Riko. Sedikit disayangkan karena kita mengetahui sedikit lebih banyak tentang karakter pendukung lainnya dibandingkan di episode satu minggu lalu. Shiggy, misalnya, adalah orang yang juga ingin tahu. Tapi, berbeda dengan Riko, Shiggy adalah orang yang lebih tenang dan peka terhadap sekelilingnya. Walaupun terlihat pendiam, Kiyui, anak termuda di panti asuhan, ingin segera menjelajahi gua seperti anak-anak lain.

Namun begitu, elemen eksposisi itu sendiri bukan batu sandungan episode dua Abyss. Ada beberapa eksposisi yang menyatu dengan latar dan karakter dan mengalir sesuai alur cerita. Hanya satu adegan itu saja. Tapi, jangan langsung beranjak dari episode ini sebelum selesai menontonnya karena Abyss mengakhiri episode kedua dengan berani. Penonton diberi bayangan kecil tentang siapa dan darimana Reg berasal melalui sebuah surat yang ditemukan oleh sekelompok Cave Rider. Apa isinya? Dari siapa surat itu? Spoiler penting ini harus disimpan untuk para pembaca lihat sendiri, bukan? Untuk mengakhiri ulasan episode ini, aku pikir Made in Abyss minggu ini adalah kelanjutan yang apik dari episode perdana minggu lalu. Anime ini akan menjadi peserta yang kuat dalam perebutan popularitas musim ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.