BAGIKAN
KRL dengan nomor KA 1340 yang anjlok di stasiun Jakarta Kota (Sumber : Istimewa)

Lagi-lagi musibah menerpa perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek pada Kamis (15/9) pagi. Rangkaian KRL Commuter Line tujuan Bekasi dengan nomor perjalanan kereta api (KA) 1340 mengalami anjlok pada wesel jalur 9 menuju jalur raya di stasiun Jakarta Kota, sekitar pukul 09:40 WIB.

Rangkaian yang anjlok adalah KRL seri 205 eks-JR East dengan nomor rangkaian 205-69F. Kereta yang keluar jalur yakni kereta dengan nomor urut 7 (MoHa 205-198), 8 (MoHa 204-198) dan 9 (SaHa 204-109) yang merupakan beberapa kereta paling belakang saat mengarah ke Bekasi.

KRL seri 205-69F KA 1340 tujuan Bekasi yang anjlok di stasiun Jakarta Kota (Sumber: Istimewa)
Advertisement Inline

Akibat kejadian ini, perjalanan KRL dan KA Jarak Jauh yang akan keluar dan masuk stasiun Jakarta Kota dari dan ke arah Manggarai (lintas layang/tengah, Manggarai – Gambir – Jakarta Kota) terhambat.

Untuk mengurai antrean dan kepadatan lintas, sementara KRL relasi Bogor – Jakarta Kota sebagian perjalanannya dihentikan hanya sampai stasiun Manggarai, dan sebagian lainnya diteruskan ke Jakarta Kota melalui stasiun Tanah Abang dan Kampung Bandan.

Begitupun untuk perjalanan relasi Bekasi – Jakarta Kota, sebagian perjalanannya dihentikan hanya sampai stasiun Manggarai, dan sebagian lainnya dialihkan melalui stasiun Pasar Senen, untuk tetap menuju Jakarta Kota.

Belum ada konfirmasi dari operator KRL Jabodetabek, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengenai ada atau tidaknya korban penumpang terluka dalam kejadian ini, mengingat kondisi anjlokan yang cukup parah, meskipun tidak sampai terguling.

Kondisi salah satu bogie KRL yang anjlok (Sumber: Istimewa)

Sekitar pukul 12 siang, perjalanan KRL mulai berangsur normal. KA 1117 (Bogor – Jakarta Kota) dan 1365 (Bekasi – Jakarta Kota) menjadi kereta pertama yang memasuki stasiun Jakarta Kota pasca penanganan anjlokan.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.