BAGIKAN

reon

Para penggemar Pop Culture, siap-siap untuk kehadiran perayaan budaya pop terbesar, yaitu Indonesia Comic Con (ICC) 2017 yang bakal menyajikan budaya pop Barat dan Timur spesial buat kamu penggemar sejati anime, video game, film, TV, manga, dan masih banyak lagi! ReedPOP melalui Reed Panorama Exhibitions (RPE) kembali dengan acara tahunannya di Jakarta Convention Center pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2017 mendatang dengan dihadirkannya cosplay tingkat dunia, panel diskusi, acara live show, serta yang paling seru, bintang tamu dari dalam dan luar negeri yang pasti udah eksis banget di kalangan budaya pop!

James Boey, selaku General Manager Reed Panorama Exhibitions mengatakan, “Tiap tahun ribuan penggemar budaya pop di Indonesia memantikan acara ini. Alasan mereka pun beragam mulai dari menikmati suguhan kreasi anime, video game, cosplay, manga maupun karakter imajiner lainnya yang mampu memberikan pengalaman budaya pop yang sesungguhnya. Di Indonesia Comic Con 2017 kehadiran artis papan atas dunia dari serial Games of Thrones dan Power Rangers membuktikan bahwa Indonesia Comic Con sebuah perhelatan budaya pop yang patut diperhitungkan”.

ReedPOP sebelumnya sudah dikenal sebagai penyelenggara acara budaya pop terbesar di Amerika Serikat, termasuk New York Comic Con (NYCC), yang bahkan kedatangan 200.000 pengunjung di tahun 2016. So, acara ICC tahun ini nggak bakal kalah meriah dengan dihadirkannya 180 tenan Pameran dari 8 negara yaitu Amerika, Itali, Hong Kong, Jepang, Singapore, Thailand, Malaysia dan juga Indonesia. Para pemain besar di industri hiburan ini yang ikut hadir di ICC nanti adalah Road to Infinity War dari Marvel Studio, Star Wars dari Disney Indonesia, The Walking Dead dari Fox Asia, Gudetama dari Sanrio, Justice League dari Live4Toys, TOKIDOKI, FUNKO, Bandai, Hot Toys, Lego’s NinjaGO, Zak Storm dari MNC Animation, M&C Comics, Elex Media Komputindo, Shirokuma Café dan masih banyak lainnya. Tahun ini, kita menyambut konten terbaru yaitu Sneaker Zone, yang menampilkan koleksi sneakers langka dan peluncuran Game Expo (GX) Indonesia (didukung oleh Indonesia Comic Con x Jakarta Game Fest) di ICC 2017.

“Tema global kami untuk ReedPOP adalah “Kami selalu mengutamakan Fans kami”, kata Mary Franklin, selaku Direktur Acara Global untuk ReedPOP. “Untuk menunjukkan yang terbaik bagi penggemar Indonesia, tim yang berbasis di Jakarta akan mengumpulkan konten dan bakat yang luar biasa dari belahan Timur dan Barat untuk Indonesia Comic Con tahun ini. Mereka telah menciptakan fitur hiburan dan pertunjukan baru yang benar-benar sesuai dengan tema acara in yaitu, ‘We Are Pop Culture’. Saya tidak sabar untuk melihat penggemar menikmati pertunjukan ini! “

Untuk lebih jelasnya, yuk simak bintang tamu yang bakal hadir di Indonesia Comic Con 2017:

GUEST STAR

Jason David Frank

Dikenal sebagai perannya sebagai Tommy Oliver pada acara televisi masa kecil “Power Ranger”, Jason David Frank menjadi sosok karakter yang berpengaruh pada serial tersebut. Berkat kebolehannya dalam berakting, Jason akhirnya menguatkan karakternya pada seri Power Ranger yang lain seperti menjadi Mighty Morphin White Ranger, Red Zeo, Red Turbo, dan kembali di tahun 2004 sebagai The Black DinoThunder Ranger.

Sepanjang sejarah perjalanan serial Power Ranger, karakter Jason sudah muncul pada 225 episode lebih dan jumlah tersebut terhitung lebih banyak jika dibandingkan karakter ranger yang lain loh! Lebih mantap lagi, kebolehan Jason dalam memamerkan keahlian martial art-nya nggak cuman akting, tapi dia punya pengalaman 37 tahun di dunia tersebut. Wow! Salut!

Yanick Paquette

Yanick Paquette memulai karirnya sebagai ilustrator komik di Amerika Serikat pada tahun 1994. Dia sudah bekerja di Topps, Marvel dan DC Comics serta sudah mengilustrasikan karakter terkenal seperti Wonder Woman, Superman, Batman, Avengers, JLA, X-Men, Wolverine Weapon X, Terra Obscura, Seven Soldiers, dan Swamp Thing. Dia juga sudah kolaborasi bareng penulis besar, seperti Alan Moore, Scott Snyder, Jason Aaron, dan Grant Morrison yang lagi dia kerjakan nih untuk pembuatan Wonder Woman Earth One.

Bernard Chang

Desainer dan seniman Asia-Amerika ini dikenal dengan hasil karyanya pada industri komik dan desain hiburan. Beberapa karya populernya antara lain Wonder Woman, Superman, Supergirl, Green Lantern Corps, dan The Game (oleh Neil Strauss). Keren! Sekarang Bernard sedang dalam tahap pengerjaan BATMAN BEYOND untuk DC Comics. Bernard merupakan alumni Pratt Institute di Brooklyn, New York yang merupakan lulusan arsitektur. Tau nggak, dia bahkan kapten tim basket pria loh! Multi talented abis!

Is Yuniarto

Ilustrator dan komikus asal Surabaya ini sudah menghasilkan karya antara lain Wind Rider dan Garudayana. Karya tersebut sudah memperoleh penghargaan loh! Di tahun 2012, Is Yuniarto bahkan terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang pameran komik Internasional di Erlangen Jerman. Untuk saat ini, dia sedang mengerjakan serial komik Grand Legend Ramayana dan Garudayana yang keduanya telah diterbitkan dalam bahasa Jepang oleh penerbit Digital Catapult Japan. Tahu gak sih? Di tahun 2017, desain Gatotkaca Garudayana karyanya masuk dalam jajaran playable hero pada permainan fenomenal ‘Mobile Legends’ yang pemainnya sudah jutaan!

Alti Firmansyah

Miralti Firmansyah atau Alti Firmansyah merupakan ilustrator Indonesia kelahiran Bandung. Alti pertama kali bertemu dengan seorang penulis dan editor Marvel comics, C.B Cebulski, pada sebuah convention di tahun 2014 dan menjadi momen besar dalam perjalanan karirnya. Karya pertamanya dengan Marvel ialah mini seri Star Lord & Kitty Pryde di tahun 2015. Setelahnya, ia mengerjakan 9 dari 10 seri komik The New X-Men ’92, dan di awal 2017 ia bahkan berkontribusi dalam komik Gwenpool. Keren kan?! Nah sekarang, Alti sedang menggarap karyanya untuk Thor VS Hulk “Champions of the Universe”.

Ario Anindito

Pria kelahiran 1984 ini memulai karirnya dengan merilis komik pertamanya “Nadya and the Painkillers” melalui penerbit independen di tahun 2008. Dia mulai menjadi seniman konsep untuk film Drupadi (Sinemart, Dian Sastrowardoyo) di tahun berikutnya. Setelahnya di tahun 2010, ia menjadi freelance art director untuk DRAFT FCB Indonesia di mana ia menyutradarai beberapa iklan televisi dimana salah satunya bahkan berhasil meraih Gold Award pada Citra Pariwara tahun 2011 dengan kategori animasi. Kini ia memulai studio kecilnya “Stonefruit Studio” dan masih mengerjakan karya untuk Marvell sebagai penciller dan inker. Karyanya termasuk, Wolverines, Secret Wars: House of M, Hyperion, Agents of S.H.I.E.L.D., Venom: Space Knight, Uncanny Inhumans, dan Secret Empire: United.

Devina Pebriani

Cewek yang biasa akrab dipanggil Depinz ini sudah banyak terlibat untuk banyak comic projects. Depinz dikenal sebagai seorang penciler, inker, dan colorist untuk karya-karyanya. Sebut saja Paddle Pop Comics dan Vampire Academy yang sudah ternama.

Rahmat Handoko

Rahmat Handoko sudah banyak nih terlibat untuk karya-karya komik Marvel kayak Iron Man Special, Guardian of the Galaxy, Avengers Assemble, sampai Amazing Spider-man. Buat penggemar Marvel, jangan sampai nih kelewatan buat ketemu pria ini!

Angie Nathalia

Angie Nathalia, atau yang lebih dikenal dengan nama pen Kuso Taisa, berperan sebagai penciler, inker, dan colorist untuk beberapa karyanya. Ia sudah terlibat untuk karya seperti Paddle Pop Comics, Ms Marvel & Black Panther Books, NINJAGO Dark Island, dan masih banyak lagi deh!

COSPLAYERS

Pugoffka

Pugoffka dikenal sebagai cosplayer dan cosplayer photographer dari Ukraina yang memulai karir fotografinya pada tahun 2009 silam. Ia senang cosplay mengikuti karakter dari video games. Cosplay terkenalnya adalah Bayonetta, Maleficent, Light Elf dari Line Age Il, Harley Quinn. Namun, favoritnya tetap Jin Seo Yeon dari Blade and Soul.

Pion Kim

Pion Kim merupakan cosplayer dari Korea Selatan yang jatuh cinta dengan dunia cosplay karena mampu mengekspresikan karakter tersebut dan cosplay menciptakan perspektif baru terhadap karakter aslinya. Ia spesialis dalam karakter yang kuat saat cosplaying dan dikenal saat ia menirukan Mai Shiranui dari King of Fighter dan Sombra dari Overwatch.

Angie

Kombinasi karisma dari Angie yang memadukan senyuman manis dan kemampuan kostumnya telah menjadikannya sebagai salah satu top cosplayer di Asia Tenggara. Sejak debutnya di tahun 2008, ia telah memainkan ratusan karakter dan dikenal saat ia menirukan Asuna, Inori, Kongou, Emilia dan banyak lainnya.

Alston Stephanus

Pria kelahiran 1987 ini memulai debutnya menjadi cosplayer di tahun 2014, tepatnya di San Diego Comic Con (SDCC) dengan bermacam cosplay berdasarkan dari hal-hal favoritnya. Pada tahun 2015, Alston memutuskan untuk hadir kembali di SDCC dengan ide baru yang segar, yaitu menggabungkan dua karakter favoritnya sejak kecil menjadi satu kostum, yaitu R2-D2 dari Star Wars Universe dan Mega R-2. Alston juga memiliki merek aksesori pribadinya, yaitu Alston Stephanus Accessories yang berlokasi di Jakarta.

MUSIC ENTERTAINER

This slideshow requires JavaScript.

RyuStar and KorsK

Berawal dengan debut bersama Konami’s Rhythm Game「beatmania IIDX」, Ryu melanjutkan karirnya sebagai dance track creator. Ryu sendiri merupakan ahli dalam membuat melodi yang catchy dengan tempo cepat untuk dance music. Dia dikenal sebagai pencipta di dalam cuplikan BEMANI. Sedangkan Kors K merupakan Innovative Music Producer/ Artist/ DJ yang mengawali karirnya bersama arcade game populer [beatmania IIDX 4th Style]. Kors K telah melakukan remix lebih dari 100 karya untuk lagu Anime dan JPop.

PinnochioP and MK-2

PinnochioP memulai karirnya di tahun 2009 saat ia pertama mengunggah produksi Vocaloid ke internet. Ia melanjutkan untuk berbagi produksi musiknya secara terus menerus. Ia mempunyai jenis musik yang unik mulai dari techno hingga lagu gaya Jepang “Bon-odori” dan nostalgic folk. Melanjutkan rilis album terbarunya HUMAN, pada Maret 2017, ia mengadakan turnya ke seluruh wilayah Jepang.

TAM (TAMUSIC)

TAM mulai mengunggah video dirinya memainkan biola sejak 2003, dan kini dia telah mengunggah lebih dari 1,000 videos dan berhasil mengumpulkan 50,000,000 viewers! TAM juga membangun dojin music circle TAMUSIC di tahun 2005 dan sejak itulah dia telah mempunyai lebih dari 500 anggota dan menghasilkan lebih dari 160 CD hingga hari ini! Nah sekarang nih, TAM lagi sibuk sebagai musisi yang tampil di 30 konser di Jepang dan 10 konser internasional setiap tahun.

REDSHiFT VOCALOID DJ

REDSHiFT merupakan salah satu produser VOCALOID pertama dari Indonesia yang terdiri dari produser musik, pembuat lirik, dan ilustrator. Mereka memulai karirnya di tahun 2010 dan sejak saat itu, REDSHiFT telah memproduksi dan merilis karya orisinil mereka di berbagai kompilasi album melalui lingkaran musiknya “crafTUNER”. Selain menciptakan karyanya tersebut, REDSHiFT juga membuat remix dari musik pop Indonesia dan Anisongs. Musik mereka kebanyakan beraliran elektornik seperti elector house, future bass, hingga drum and bass. Selain produksi musik REDSHiFT juga sering tampil sebagai duo DJ-JV di berbagai expo termasuk acara-acara Jepang di Indonesia loh!

TOYS DESIGNER

Gudetama Artist

Untuk menyambut perayaan 5th Anniversarynya Gudetama, ilustrator Gudetama asal Jepang khusus diterbangkan ke Indonesia untuk menyambut semua fans Gudetama di ICC nanti. Bagi Kamu yang penasaran, yuk datang! Ada sesi meet and greet­-nya juga loh!

Selain kedatangan bintang tamu dari dalam dan luar negeri, kalian juga bisa menikmati berbagai aktivitas yang seru banget dan sayang kalau sampe dilewatkan! Aktivitas tersebut antara lain:

  1. Meet & Greet bersama Jason David Frank

Yap! Dengan Rp200,000 aja, kalian bisa mendapatkan tanda tangan eksklusif dari bintang besar Power Rangers ini loh! Kalau mau foto bareng juga bisa, kalian cukup merogoh kocek Rp250,000 saja! Untuk kalian yang mau beli, bisa langsung aja menuju laman resmi Indonesia Comic Con ya!

  1. The Walking Dead Escape Room

The Walking Dead Merayakan Episode ke-100 di Asia – FOX Networks Group Asia (FNGA) hari ini mengumumkan aksi program makerting-nya di multi-negara untuk mempromosikan episode ke-100 dan season 8 perdana 8PM JKT.

The Walking Dead: Escape Rooms akan berlangsung antara 28-29 Oktober di Indonesia Comic Con, Jakarta Convention Center. Penggemar akan mendapati dirinya terkunci di sebuah ruangan, dengan petunjuk dari rangkaian dan teka-teki misterius yang tersembunyi di seluruh ruangan bermain, diberikan satu misi – untuk melarikan diri. Pemain harus bekerja sama untuk menghindari ruang bertema dalam jangka waktu yang terbatas. Bagi Indonesia, ruangan ini memiliki season 3 Prison dan season 4 Rick dan timnya bersembunyi dari para zombies.

  1. Indonesia Comic Con Championship of Cosplay

Untuk yang suka cosplay, cocok banget nih untuk ikut kegiatan ini. Pemenang bahkan bisa memenangkan uang tunai Rp8,000,000 dan bahkan dikirim ke Chicago, Amerika Serikat! Nantinya pememang tersebut akan mengikuti pertandingan cosplay level internasional di Crown Championship of Cosplay di Chicago Comic Entertainment Expo (C2E2).

  1. Secret Walls Mural Battle

Di sini bakalan ada pertarungan ilustrasi yang bakal dilakukan secara langsung! Terinspirasi dari Marvel Comics dan graffiti, Secret Walls merupakan world’s premier live art event yang merupakan kebanggaan para komunitas seni dunia selama lebih dari 10 tahun.

  1. Makan di Comic Food Street

Buat yang suka makan, di sini juga ada loh kumpulan makanan yang seru. Eits, nggak cuman sekedar makanan aja nih, tapi makanan yang ada di sini bertemakan pop culture loh!

  1. Gabung dengan Premium Collector’s Club (Membership)

Program terbaru ini akan membantu komunitas kolektor mainan dan juga bisa menjadi wadah kumpul-kumpul untuk para kolektor Indonesia.

  1. Pesta Gudetama

Gudetama akan hadir besar-besaran nih di ICC 2017. Menyambut perayaan 5th anniversary Gudetama di tahun 2018 mendatang, Gudetama beserta karakter Sanrio lainnya seperti Hello Kitty, Cinamon Roll, Kerokerokeroppi, Bad-Badtz  Maru akan melakukan banyak aktivitas hanya di Indonesia Comic Con. Bagi yang ngaku penggemar Gudetama, jangan sampai kelewatan nih

  1. Ikuti Workshop

Kalian bisa langsung belajar lebih dalam nih tentang toy photography oleh sang ahli Edi Harjo. Nggak cuma itu, bakalan ada workshop juga bareng Pugoffka dengan tema “Photoshoot Preparations and Posing” serta “Retouching Cosplay Photos”. Eits, workshop face painting juga bakalan ada loh. Kalian bisa langsung aja nih daftar setiap workshop-nya di media sosial Indonesia Comic Con.

  1. GX Indonesia powered by Indonesia Comic Con

Di Indonesia Comic Con 2017 kali ini, bakalan ada konten yang fokus pada konten gaming yaitu: GX, powered by Indonesia Comic Con x Jakarta Game Fest (strategic partner: Advance Guard & Sacca Production). GX ini akan menjadi gaming zonenya di acara ICC, di mana bakal ada keseruan gaming dari yang paling jadul seperti Super Nintendo, Gameboy, arcade classic yang disupport oleh ORGI, hingga game arcade canggih seperti Sound of Voltex, Pump In up, Danz Base, dan permainan seru lainnya yang disupport oleh MG Electronic. Ada juga teknologi Virtual Reality tercanggih dari OMNIVR yang akan membawakan aneka macam simulator Virtual Reality, serta Turnamen Gaming yaitu ARMAGGEDDON CUP!

Selain ada gaming konten yang bikin kalian betah, di sana juga bakalan ada booth MSI,  Logitech, Megaxus, ARMAGGEDDON, dan masih banyak lainnya! Ada giveaway buat kalian pengunjung setia ICC berupa giveaway hingga doorprize berhadiah Gaming Chair dari UK ini loh!

  1. Belanja Collectibles Items

Live4Toys merupakan perusahaan terdepan dan terlisensi dalam produk pop culture di pasar Indonesia. Spesialisasi mereka adalah mendistribusikan statue di Indonesia dan replikanya.  Nah di ICC nanti nih, mereka bakalan mempertunjukkan prototype baru dan produk dari Prime 1 Studio, Infinity Studios, Iron Studios, Imaginarium Art, Tsume Art, Ryu Studio, Prototype Z, etc.

  1. Sneaker Zone

Bakal ada zona baru nih yang di ICC 2017 spesial buat pecinta sneakers. Di sini kalian bisa lihat sneakers yang nggak cuman keren, tapi juga bisa menjadi koleksi buat kalian.

  1. Belanja Merchandise

Bakalan ada merchandise exclusive dari Indonesia Comic Con dengan desain yang keren-keren loh, mulai dari Green Power Ranger dan juga Gudetama/karakter Sanrio.

Tiket Indonesia Comic Con 2017 sudah bisa dibeli secara online melalui www.indonesiacomiccon.com/tickets/  Kalian bisa beli satu hari dengan harga IDR 100,000 atau dua hari sekaligus biar lebih puas dengan harga IDR 190,000. Jangan lupa ya, tiket sudah bisa dibeli mulai tanggal 21 Agustus – 27 Oktober 2017.  Tiket juga bisa dibeli di setiap counter ticket box partner ICC yaitu  Panorama JTB, Indomaret, Alfamart, GOTIX, Travelicious.com. Tiket dengan harga normal juga bakal dijual on the spot juga ya!

Sampai berjumpa di Indonesia Comic Con 2017!

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.