BAGIKAN
Tim GoodSmile Racing & TeamUKYO dengan livery Racing Miku yang khas (sumber: supergt.net)

reon

Seri terakhir ajang balap Super GT musim 2018 telah berlangsung di sirkuit Motegi pada Minggu, 12 November 2017. Di kelas GT500, pabrikan Lexus kembali meraih gelar juara lewat tim Lexus Team KeePer TOM’s yang diisi oleh pembalap Ryo Hirakawa dan Nick Cassidy. Sementara itu, tim GoodSmile Racing & TeamUKYO dengan duet pembalap Nobuteru Taniguchi dan Tatsuya Kataoka berhasil mengunci gelar juara tim dan pembalap kelas GT300 untuk yang ketiga kalinya.

Balapannya sendiri berhasil dimenangkan oleh tim NISMO (Tsugio Matsuda/Ronnie Quintarelli) di kelas GT500 yang berhasil tampil dominan dan mengejutkan karena di seri sebelumnya tim ini belum menunjukkan performa yang meyakinkan. Sementara itu, tim K2 R&D LEON RACING (Haruki Kurosawa/Naoya Gamou) meraih kemenangan di kelas GT300 lewat strategi pit-stop yang cermat.

Sejak awal lomba, mobil #23 Motul Autech NISMO GT-R yang memberi kejutan dengan merebut pole position pada sesi kualifikasi tampil dominan sejak awal lomba. Meskipun begitu, sempat terjadi sedikit drama di awal lomba di mana mobil tim ini sempat bersenggolan dengan mobil #6 Wako’s 4CR LC500 di tikungan terakhir sirkuit ini sesaat sebelum start. Mobil #37 KeePer TOM’s yang dikemudikan oleh Nick Cassidy langsung menyalip mobil tersebut ke peringkat kedua.

Tim NISMO dan KeePer TOM’S berhasil menjaga keunggulan di peringkat pertama dan kedua hingga akhir balapan. Sementara itu, mobil #38 ZENT Cerumo LC500 (Yuji Tachikawa/Hiroaki Ishiura) berhasil finish di posisi ketiga, sedangkan dua mobil dari pabrikan Honda, #17 Keihin Honda NSX-GT (Koudai Tsukakoshi/Takashi Kogure) dan #100 Raybrig NSX-GT (Naoki Yamamoto/Takuya Izawa) menyelesaikan balap di posisi keempat dan kelima. Mobil #6 Wako’s 4CR LC500 harus puas finish di peringkat ke-13 karena kerusakan yang disebabkan oleh insiden pada awal lomba.

Di kelas GT300, tim GoodSmile Racing memimpin paruh awal balapan sebelum turun ke peringkat ketiga setelah melakukan pit-stop hingga finish. Pertarungan memperebutkan posisi pertama di kelas ini kemudian terjadi antara mobil #55 ARTA BMW M6 GT3 (Shinichi Takagi/Sean Walkinshaw) dan #25 VivaC Toyota 86 MC (Takamitsu Matsui/Kenta Yamashita). Kedua mobil hanya melakukan pengisian bensin ketika pit.

Meskipun begitu, dominasi tim ARTA mulai terkejar oleh mobil #65 LEON Cvstos AMG yang dikemudikan oleh Naoya Gamou. Mobil tersebut sebelumnya melakukan pit dengan melakukan pengisian bensin dan pergantian ban depan. Tim K2 R&D LEON berhasil menyalip tim ARTA ke peringkat pertama dua lap jelang finish. Sementara itu, VivaC Toyota finish di peringkat ke-5 di belakang mobil #9 Gulf NAC Porsche 911 GT3-R (Jono Lester/Kyosuke Mineo) milik tim Pacific Racing.

Dengan kemenangan ini, duet pembalap dari tim Lexus Team KeePer TOM’s, Ryo Hirakawa dan Nick Cassidy, berhasil mencatatkan rekor sebagai peraih gelar juara kelas GT500 termuda. Mereka berdua sama-sama berusia 23 tahun. Sementara itu, tim TOM’S berhasil meraih gelar keempat sepanjang sejarah Super GT/JGTC.

Sementara itu, tim GoodSmile Racing yang merayakan 10 tahun partisipasinya di ajang balap Super GT berhasil meraih gelar juara pembalap ketiga di kelas GT300. Mereka sebelumnya meraih gelar juara pada tahun 2011 dan 2014.

Hasil lengkap balap Super GT seri Motegi 200 km dapat dibaca di tautan berikut, sedangkan klasemen akhir tim dan pembalap dapat dilihat di tautan ini.

KAORI Newsline