BAGIKAN

Dalam rangka merayakan “100 tahun anime Jepang”, The Association of Japanese Animations (AJA) merilis sebuah video retrospektif yang berisi perjalanan anime Jepang selama 100 tahun belakangan ini. Dalam video berdurasi 14 menit tersebut, diperlihatkan sejumlah cuplikan sejumlah anime dari tahun 1917 hingga 2017, lengkap dengan alunan lagu berjudul “Tsubasa wo Motsu Mono ~Not an angel Just a dreamer~” (Those With Wings: Not an Angel, Just a Dreamer) yang dibawakan oleh i☆Ris, Azumi Inoue, Wake Up, Girls!, Maaya Uchida, Akira Kushida, GRANRODEO, Isao Sasaki, Hiro Shimono, JAM Project, Konomi Suzuki, Kenichi Suzumura, Ayana Taketatsu, Minori Chihara, TRUE, Toshiyuki Toyonaga, Shoko Nakagawa, Wataru Hatano, Mitsuko Horie, Minami, Ichiro Mizuki, Suzuko Mimori, May’n, dan Chihiro Yonekura.

Intip videonya berikut ini:

Advertisement Inline

Perayaan “100 Tahun Anime Jepang” diambil dari anime Namakura Gatana atau The Dull Sword, yang merupakan sebuah anime pendek yang merupakan anime komersial tertua yang hingga saat ini videonya masih tersedia.

Video dari anime ini sendiri ditemukan di sebuah toko barang antik di Osaka pada tahun 2008 lalu. Sebelum anime ini, sesungguhnya terdapat beberapa anime yang telah dirilis secara komersial, namun tak ada lagi arsip video yang terselamatkan dari anime-anime tersebut, kecuali sebuah sebuah video anime yang hanya memiliki 50 frame saja yang sempat ditemukan pada tahun 2005 lalu.

Baca juga:

Rayakan “100 Tahun Anime Jepang” Dengan Menonton Video-Video Lawas Ini!

Astaga! Sutradara Akitaro Daichi Membuat “Video Nakal” dari “Anime Tertua” di Jepang, Namakura Gatana!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.