Tatsuki dan Studio Yaoyaruzu Tidak akan Kembali di Anime Terbaru Kemono Friends

0
(C) Kemono Friends Project A

Setelah carut marut kasus Kemono Friends dengan Kadokawa, akhirnya muncullah titik terang dari permasalahannya. Sayangnya, musim kedua dari Kemono Friends telah dipastikan tidak akan digarap kembali oleh studio Yaoyaruzu.

Setelah protes dari para penggemar bahkan dirut Kadokawa sendiri ikut berbicara, Tatsuki dan Yaoyaruzu, sutradara dan studio dari anime Kemono Friends, tidak akan kembali untuk menggarap musim keduanya. Produser dari musim pertamanya, Yoshitada Fukuhara, mengumumkan melalui akun Twitter-nya kalau Tatsuki dan Yaoyaruzu tidak akan kembali untuk mengerjakan musim kedua animenya.

Advertisement Inline

Fukuhara mengatakan mereka telah mengerahkan seluruh tenaga agar dapat memenuhi harapan semua orang, namun pada akhirnya pemutusan hubungan ini tidak dapat dihindari. Ia juga menambahkan sebenarnya studio Yaoyaruzu sudah siap untuk bergabung di produksi musim keduanya pada Maret 2017 silam. Namun, pada Agustus 2017 orang penting di dalamnya memutuskan untuk tidak menggarap proyek animenya. Fukuhara mengatakan bahwa dia terkejut atas keputusan mendadak tersebut dan tidak menerima penjelasan secara detail.

Fukuhara menjelaskan Yaoyaruzu memiliki izin resmi untuk seluruh proyek Kemono Friends, termasuk video kolaborasi dan episode 12.1. Dia juga mengatakan kalau Mine Yoshizaki, penggagas konsep seri ini, juga menyetujui penerbitan doujinshi pada perhelatan Comic Market (Comiket).

Fukuhara berterima-kasih kepada Inoue untuk jawaban cepatnya. Fukuhara juga berterima-kasih kepada para penggemar atas dukungannya dan mengatakan “walaupun waktunya hanya singkat, saya sangat bangga dengan apa yang telah kita kerjakan bersama”.

Tatsuki mengumumkan bahwa pada september 2017 silam, dirinya mendapatkan surat pemutusan hubungan kerja dari perusahaan penerbitan Kadokawa serta dirinya tidak lagi bekerja di proyek Kemono Friends. Setelah itu, website resminya mengumumkan bahwa Yaoyaruzu tidak lagi terlibat dalam proyek tersebut karena masalah komunikasi yang berhubungan dengan penggunaan copyright.

Walaupun telah dipecat dari proyek Kemono Friends, Tatsuki masih aktif dan mengerjakan proyek animenya sendiri. Tatsuki dan tim dari studio Irodori-nya mengumumkan proyek anime baru pada bulan Oktober 2017 dan telah merekrut background artist untuk proyek barunya yang masih belum diberi nama.

KAORI Newsline | via ANN dan Hachima Kiko

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.