BAGIKAN
Wesel LRT Palembang
Wesel LRT Palembang saat akan dikirim dari kota Ostrava, Ceko. | FotoL: Dokumentasi Waskita.

Dengan target uji coba pada Maret 2018, PT Waskita Karya terus berupaya mempercepat pembangunan LRT Palembang. Salah satu upaya mempercepat pembangunan ialah mengangkut wesel LRT Palembang dengan menggunakan pesawat jumbo asal Ukraina, Antonov.

Rel pada wesel tersebut merupakan produksi pabrikan asal Ceko sedangkan bantalannya merupakan produksi dari Jerman. Wesel tersebut diangkut dengan Antonov dari kota Ostrava menuju Jakarta. Total ada 14 unit wesel yang dipesan untuk LRT Palembang, dimana salah satunya yang diangkut menggunakan Antonov. Sedangkan 7 unit wesel sudah tiba di tanah air.

Wesel tersebut merupakan bagian dari Single Cross Over (SCO), Double Cross Over (DCO) dan Turn Out (TO). DCO berfungsi sebagai jalur keluar masuk kereta yang akan dipasang di Stasiun Bandara dan Depo Jakabaring. Sedangkan SCO akan dipasang di 13 Stasiun LRT Palembang lainnya. Pemasangan DCO sendiri memakan waktu 15 hari dan memerlukan tenaga ahli khusus karena pemasangannya lebih kompleks ketimbang SCO.

Advertisement Inline

Baca juga: Persinyalan LRT Palembang Gunakan Produk Dalam Negeri.

LRT Palembang sendiri merupakan proyek transportasi publik yang dibangun untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan di Palembang sekaligus persiapan untuk menyongsong Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Membentang sepanjang 22 kilometer yang menghubungkan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Jakabaring Sport Center yang akan menjadi venue Asian Games 2018.

Untuk pengoperasian LRT dan jalurnya, nantinya akan diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pembangunan dimulai sejak Januari 2016 dan ditargetkan mulai beroperasi pertengahan 2018 atau sebelum dimulainya Asian Games. Pendanaannya sendiri akan menggunakan anggaran Kementerian Perhubungan sebesar Rp 7 Triliun dan akan dibayarkan melalui APBN 2017 dan 2018.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.