Tujuh Anime Wajib Tonton Musim Ini versi Wired.com

0

Sudah sebulan berlalu di musim semi tahun ini. Seperti biasa setiap musim, banyak anime baru bermunculan, dari yang serinya sudah dikenal luas melalui novel atau komik hingga yang sama sekali baru terdengar. Berikut kami sajikan rekomendasi anime-anime yang dianggap wajib ditonton, oleh wired.com.

 1. Knight of Sidonia

Genre: Fiksi Ilmiah

Seri ini diadaptasi dari manga fiksi ilmiah dengan judul sama “Knight of Sidonia“. Cerita berlatar ribuan tahun dimasa yang akan datang, dimana sebuah ras bernama Guana datang menaklukkan Bumi. Manusia, yang berusaha menghindari kepunahan, sekarang hidup di luar angkasa, dan sudah mengalami banyak evolusi, termasuk jenis kelamin ketiga dan kemampuan fotosintesa. Ditengah gemuruh itu, seorang bernama Nagate Tanikaze, terpilih menjadi salah satu pilot untuk robot pertahanan yang dimilki manusia, tepat ketika Guana menunjukkan tanda-tanda akan datang kembali setelah sekian lama pergi. Seri ini banyak mengadaptasi animasi grafis 3 dimensi, yang digarap oleh Polygon Studio.

 2. Mushishi

Genre: Misteri, Supernatural

Seri yang merupakan sekuel dari musim pertamanya ini berkisah tentang seorang pemburu roh bernama Ginko, yang memiliki kemampuan langka untuk melihat Mushi, yaitu mahkluk halus yang bukan binatang ataupun tumbuhan. Ginko sering bepergian dari satu kota ke kota lain, untuk menyelesaikan setiap masalah soal roh yang dihadapi kota tersebut. Seri ini, setelah dipisahkan delapan tahun dari musim pertamanya, akhirnya  kembali muncul di layar kaca. Yang menjadikan seri ini menarik adalah, bagaimana proses Ginko mencoba memahami keberadaan mushi yang sebetulnya tidak lebih jahat atau buruk dari manusia, bukan semata tentang aksi pembasmian roh yang menggangu. Begitu indah, dan begitu melankolis, seri ini secara ajaib menenangkan dan mengasyikkan untuk ditonton sebagai pengisi waktu luang yang berkualitas.

 3. Ping Pong The Animation

Genre: Olahraga

Olahraga dan drama. Umumnya, dua genre ini merupakan kombinasi yang biasa, dan hampir diadaptasi oleh mayoritas anime bertema olahraga. Seri Ping Pong yang tayang musim ini menawarkan hal lain. Meskipun gambar dan animasinya terkesan buruk, namun cerita ang ditawarkan dari seri ini cukup memuaskan dan seru. Seri ini berkisah tentang bagaimana dua orang sahabat yang saling menyukai olahraga tenis meja: Peco yang instingtif dan Smile yang metodis, bertemu dengan seorang pemain ahli dari Cina, yang membuka mata mereka tentang kelemahan masing-masing. Seri ini dibuat oleh pembuat Tekkonkinkreet, Matsumoto Taiyou dan sutradara Mind Game, Yuasa Masaaki.

 4. Jojo’s Bizzare Adventure: Stardust Crusaders

Genre: Aksi

Melanjutkan serinya yang tayang beberapa musim silam, kali ini Jojo’s Bizzare Adventure berkisah tentang keturunan dari karakter utama musim sebelumnya, yang bernama Jotaro. Setting waktupun berubah menjadi era tahun 1980-an di Jepang. Musim  kali ini berkisah tentang Jotaro, menolak polisi untuk membebaskan dirinya seteleh menemukan dirinya terkurung dibalik jeruji besi setelah berkelahi dengan beberapa gelandangan. Alasannya, ia sedang dirasuki roh berbahaya dan akan lebih aman baginya untuk berdiam diri. Tidak lama, kakeknya datang untuk melatih dirinya dan mempersiapkannya untuk melawan musuh bebuyutan mereka, Dio. Seri ini akan dipenuhi dengan tayangan aksi perkelahian, baik dengan sesama orang maupun dengan roh, jadi bila kalian penggemar tipe aksi seperti ini, mungkin inilah salah satu anime yang cocok bagi kalian musim ini.

 5. One Week Friends

Genre: Kehidupan Sehari-hari

Ingatkah kalian tentang Memento, dimana karakter prianya mengalami amnesia dan melupakan segala sesuatu yang ia terima hanya dalam hitungan menit? Itulah yang terjadi pada seri ini, namun dengan dibumbui kehidupan sekolah dan segala romansa yang biasa terlibat didalamnya. Ketika Yuki menyadari temannya Kaori nampaknya selalu sendiri, ia mencoba menjadi temannya. Namun setelah seminggu, ada rahasia mengejutkan yang dimiliki Kaori: ia akan melupakan segalanya ketika memasuki minggu baru. Memutuskan untuk tidak peduli, ia terus menjadi ‘teman baru’ bagi Kaori setiap kali ia melupakannya. Keindahan dan kesedihan dari kisah dua sahabat yang terpancar dari seri inilah yang menjadi daya tarik utama seri ini.

 6. Mekakucity Actors

mekakuwired

Genre: Komedi, Aksi

Berkisah tentang remaja muda yang memiliki kekuatan khusus, seri ini dipenuhi dengan berbagai pergerakan dan aksi yang sungguh berwarna, yang membuat aktivitas sepele semacam duduk dan bersantai di sebuah apartemen menjadi sesuatu yang indah dan menarik. Bagian awal kisah ini berfokus pada seorang yang mengurung diri di kamar bernama Shintaro. Ia kemudian dipaksa keluar rumah oleh gadis 2D yang ada di komputernya, dan berakhir menjadi tawanan. Kemudian cerita berpindah ke seorang artis populer yang mencoba pergi kesekolah, namun semua fans dan penggemarnya menahannya di setiap langkahnya. Kemungkinan, kedepannya setiap episode akan diisikan oleh karakter-karakter yang berbeda, namun tetap itu layak ditonton dan cukup menghibur.

 7. The Irregular at Magic High School

Genre: Fiksi, Kehidupan Sehari-hari

Sihir. Hal yang berada diluar akal dan kemampuan manusia, tapi diidam-idamkan oleh manusia. Seri ini mengisahkan dimana pada akhir abad ke-21, sihir ini menjadi mungkin dilakukan melalui teknologi, dan telah menjadi bagian penting didalamnya. Setelah para pengguna sihir memainkan peran penting dalam akhir Perang Dunia, setiap negara mulai mendirikan sekolah khusus untuk para pengguna sihir ini. Kisah seri ini berpusat pada dua kakak-beradik Tatsuya dan Miyuki, dimana Tatsuya memiliki kemampuan lebih rendah dari Miyuki dan dikelompokkan dalam kelas lebih rendah, yang disebut “Weed” dan mengalami diskriminasi sosial karenanya. Meskipun cerita yang ditawarkan tidak terlalu “aneh” dibandingkan dengan apa yang disiratkan oleh judul seri ini, seri garapan Madhouse Studio dan Stanford Prison Experiment ini tetap menarik untuk ditonton, terutama karena bumbu romansa komedi yang bertebaran didalamnya.

Itulah ketujuh anime, yang menurut wired.com, layak dan wajib ditonton untuk musim ini. Bagaimana dengan anda? Adakah anime yang wajib ditonton bagi anda untuk musim ini?

KAORI Newsline | Disadur dari: wired.com

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.