Kereta Inspeksi Trans Sulawesi
Kereta inspeksi Trans Sulawesi saat uji coba di areal PT INKA Madiun. | Sumber: Instagram PT INKA.

Proyek KA Trans Sulawesi yang menghubungkan Makkasar hingga Pare-Pare memang belum sepenuhnya tuntas dikerjakan, namun antusiasme masyarakat akan proyek ini begitu tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjawab keingintahuan masyarakat akan moda transportasi kereta api sekaligus menyambut HUT Kabupaten Barru ke-58, Bupati Barru mengadakan acara menikmati perjalanan KA bersama masyarakat.

Menggunakan rangkaian KA Inspeksi buatan INKA milik Kementerian Perhubungan, acara tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis dengan cara mendaftarkan diri secara gratis di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Barru. Kegiatan menikmati perjalanan KA ini dapat dinikmati sejak Selasa (13/2) hingga Kamis (15/2). Perjalanan KA sendiri sejauh 7 km dari Pekkae menuju sampai Desa Lalabata Bungi, Kecamatan Tanete Rilau pulang pergi.

Baca juga: Buatan PT INKA! Inilah Kereta Inspeksi Trans Sulawesi Milik Kemenhub.

Advertisement Inline

Pemerintah sendiri menargetkan KA Trans Sulawesi segmen Barru-Palanro sepanjang 44 km beroperasi pada Oktober 2018 dan ditagetkan akan beroperasi penuh dari Makkasar hingga Pare-Pare sepanjang 154 km pada 2019. Proyek ini akan menelan anggaran Rp9,65 Triliun, yang bersumber dari APBD dan APBN. Anggaran tersebut nantinya dialokasikan untuk pembebasan lahan, prasarana KA, fasilitas penunjang, serta pengadaan sarana berupa lokomotif, kereta dan gerbong.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.