BAGIKAN

Salah satu tokoh pecinta alam Indonesia bernama Soe Hok Gie pernah berkata ”Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya”. Pada hakikatnya setiap manusia akan mencari sebuah tujuan hidup. Entah itu merupakan keinginan untuk membuktikan sesuatu yang dianggap mustahil, keinginan untuk mengukir prestasi sebagai simbol pernah hidupnya individu, keinginan untuk merdeka dari pandangan sosial, atau keinginan untuk punya ikatan khusus dengan individu lain. Dalam proses inilah setiap pribadi akan belajar mengerti kemanusiaan dan mulai bernalar alasan semesta diciptakan.

Sora yori mo Tooi Basho sendiri telah berhasil memberikan sebuah kisah drama remaja dengan karakter yang solid. Pembawaan cerita yang diberikan secara nyata dan tidak dilebih-lebihkan. Juga ditambah dialog karakter yang natural dengan eksekusi emosional pada tiap masalah yang ditampilkan. Tidak hanya itu, komedi yang disajikan juga terkesan segar dan bisa dinikmati segala usia. Ditambah cuplikan-cuplikan tentang kegiatan ekspedisi ke Antartika yang bermanfaat menambah wawasan.

Penonton diajak untuk mengkritisi arti tentang kehidupan itu sendiri lewat pendekatan pada setiap karakter utama. Kita diperlihatkan sebuah problematika manusia dari keempat sisi karakter utama yang memiliki perbedaan pandangan hidup. Problematika yang dihadirkan seakan menyinggung kita. Apakah dengan pencapaian yang seperti ini sudah cukup untuk kita? Apakah hidup seperti ini terus yang kita inginkan? Apa artinya terhubung dengan orang lain?.

©YORIMOI PARTNERS

Berawal dari keinginan Mari Tamaki atau lebih akrab dipanggil Kimari untuk merasakan indahnya masa muda. Secara tidak sengaja dia bertemu dengan gadis bernama Shirase Kobuchizawa di stasiun dan mengambil uangnya yang terjatuh. Saat mengembalikan uang tersebut Kimari berkenalan lebih jauh dengan Shirase. Shirase adalah seorang yang bermimpi untuk pergi ke Antartika, namun karena mimpi besarnya itu dia diremehkan orang-orang di sekitarnya dan menjadi sasaran untuk diganggu. Tapi bagi Shirase sendiri, gangguan atau pandangan remeh bukanlah sesuatu yang perlu diseriusi dalam menggapai mimpi. Kagum dengan keteguhan Shirase, Kimari pun memutuskan untuk menemani Shirase menggapai mimpinya pergi ke Antartika.

Seiring berjalannya cerita beberapa karakter ditambahkan. Hinata Miyake, seorang anak SMA yang cukup cerdas untuk masuk perguruan tinggi. Tapi dia lebih memilih mengisi waktu luangnya dengan kerja paruh waktu. Kebetulan mendengar pembicaraan Kimari dan Shirase dia pun ingin ikut ke Antartika. Dan yang terakhir adalah Yuzuki Shiraishi, seorang selebriti muda yang mendapat pekerjaan untuk menjadi pembawa acara ekspedisi di Antartika. Pada awalnya dia enggan untuk ikut dan ingin menyerahkannya ke Shirase. Namun dia akhirnya memutuskan berangkat karena ingin merasakan bagaimana rasanya memiliki sahabat.

©YORIMOI PARTNERS

Pada karakter Kimari kita diperlihatkan bahwa hal sederhana seperti keinginan spontan pun, dapat membawa perubahan besar dalam hidup individu. Atau lebih tepatnya langkah untuk mewujudkan keinginan spontan itu, yang nantinya mungkin menuntun kita menemukan tujuan hidup yang sebenarnya. Karena hidup itu seperti air dalam bendungan, yang ketika bendungan dibuka maka air itu akan mengalir deras dan bebas. Yang berarti, selama kita menahan diri dalam menggapai apa yang diinginkan, maka hidup kita tidak akan mengalir. Kita harus berani membuka batas diri sendiri dan mengalir deras menuju impian kita.

Sementara pada Shirase dan Hinata, kita diperlihatkan sebuah rupa manusia yang merdeka. Mereka berdua pernah merasakan buruknya masyarakat, yang menyebabkan mereka tidak mudah percaya orang lain. Namun karena itu juga mereka berdua sangatlah bebas, karena mereka tidak akan terpengaruh orang lain dalam menggapai tujuan mereka.

©YORIMOI PARTNERS

Dan yang terakhir adalah Shiraishi, karakter yang begitu mendambakan seorang sahabat. Banyak dari kita pernah mendengar kalau sahabat itu tidak bisa diungkap dengan kata saja. Namun arti dari sahabat sendiri itu apa?. Jika mengutip perkataan Aristoteles, sahabat adalah satu jiwa dalam satu jasad. Atau jika kita mengutip Oscar Wilde, sahabat adalah orang yang menikam dirimu dari depan. Pada akhirnya sebuah definisi sahabat tiap orang memanglah berbeda. Mungkin memang arti sahabat itu tidak bisa diungkap dengan kata saja atau malah lebih sederhana dari yang kita bayangkan.

©YORIMOI PARTNERS

Pada akhirnya Sora yori mo Tooi Basho adalah seri ceria yang menyenangkan dan menghibur. Juga dipenuhi drama berkualitas yang bisa dijadikan refleksi untuk lebih memahami diri sendiri dan orang lain. Sebuah seri rekomendasi yang cukup mengedukasi untuk ditonton bersama keluarga.

©YORIMOI PARTNERS

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

  1. Ulasan yang bagus, enak bacanya dan bagi yang belum nonton tidak akan terciprat bocoran yang akan mengurangi kesenangan. Menurut ane episode terbaik tentang paspor, dapet banget emosi jiwanya wkwk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.