BAGIKAN

Pada Kamis (12/4), KAORI Nusantara berkesempatan untuk mengunjungi Dipo kereta milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT MRT Jakarta. Turut hadir pula di Dipo Lebak Bulus Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Anies Baswedan hadir untuk meninjau langsung rangkaian kereta yang saat ini telah berada di Dipo Lebak Bulus sebanyak 2 set yang masing-masing terdiri dari 6 kereta. Tidak hanya melihat eksteriornya, Dengan didampingi Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar dan salah satu masinis wanita MRT Jakarta,  Tiara, Anies pun masuk ke dalam rangkaian MRT Jakarta untuk melihat interior kabin masinis dan kabin penumpang.

Anies Baswedan di dalam kabin MRT Jakarta | Dok. MRT Jakarta
Anies Baswedan di dalam kabin masinis MRT Jakarta | Dok. MRT Jakarta

Baca juga: Akhirnya, Kereta MRT Jakarta Mendarat di Depo Lebak Bulus

Di dalam kabin penumpang, Anies turut merasakan AC rangkaian MRT Jakarta yang digadang-gadang mampu beroperasi dan bertahan di iklim indonesia yang berjenis tropis sepanjang tahun. Setelah itu, Anies beranjak menuju inspection deck untuk meninjau atap kereta beserta unit AC.

Gubernur Jakarta ketika berpidato di depan rekan media

Dalam pidato setelah melihat rangkaian MRT Jakarta, Anies menuturkan akan mengumpulkan lebih dari 25 operator transportasi se-Jakarta untuk shopping permasalahan yang nantinya untuk merencanakan program integrasi antar operator. Anies pun berharap, nantinya MRT Jakarta bukan hanya sebagai operator saja, tetapi dapat berperan sebagai penghasil budaya baru seperti budaya antre, tertib, on-time, dan bersih. MRT Jakarta juga berperan sebagai melting pot, sehingga orang dari berbagai latar belakang dapat bertemu dan berinteraksi di dalam kereta MRT.

Namun, sebelum mulai beroperasi pada Maret 2019, MRT Jakarta akan melakukan serangkaian uji coba terlebih dahulu. Uji coba tidak hanya meliputi rangkaian kereta saja, namun juga uji coba sistem persinyalan CBTC dan Operation Control yang rencananya akan dilakukan pada Agustus – Desember 2018. Sedangkan untuk Uji coba dinamis rangkaian MRT Jakarta akan dilakukan pada jalur  Desember 2018 – Maret 2019.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.