MRT Fase 4 Fatmawati-Kampung Rambutan Akan Dibangun 2025

0
Kereta (Rolling Stock) MRT Jakarta di Dipo MRT Lebak Bulus | Foto: Fasubkhanali

PT MRT Jakarta akan melanjutkan pengembangan rute MRT dengan merencanakan fase 4 Fatmawati-Kampung Rambutan. Fase 4 ini rencananya akan dibangun pada tahun 2025 dengan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat menyatakan fase 4 ini mengajak Korea Selatan untuk berinvestasi dengan nilai investasi 17 Triliun Rupiah, dan telah dilakukan penandatangan MoU untuk pembangunan MRT Jakarta fase 4 antara Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Menteri Agraria, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan, serta PJ Gubernur DKI Jakarta pada acara G20.

Tuhiyat mengatakan akan ada 10 stasiun dan 1 depo kereta, dan dalam pembangunan ini akan dibangun secara full underground. “Progres sampai sekarang kita sudah punya preliminary survey, design, riset ya. Kenapa jalur itu secara dedicated disetujui oleh Menhub dan Pemprov.” ujarnya.

Berdasarkan preliminary study, pembangunan proyek ini akan berlangsung selama lima tahun, dan ditargetkan selesai pada 2030. Saat beroperasi nantinya, volume penumpang per hari diperkirakan mencapai 97.000 per hari.

MRT fase keempat ini akan melewati 10 stasiun, yakni Stasiun Warung Jati, Stasiun Antasari, Stasiun Ampera, Stasiun Warung Jati, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Ranco, Stasiun Rata Bogor, Stasiun Tanah Merdeka, dan Stasiun Kampung Rambutan.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.