BAGIKAN
Anime KanColle
Kirishima, Haruna, dan Hiei. (© 2016 KanColle the Movie Headquarters)

Kantai Collection atau yang biasa disingkat menjadi KanColle merupakan judul game yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar jejepangan. Telah dirilis sejak 2013 lalu oleh DMM Games, game ini menghadirkan berbagai karakter kapal perang era Perang Dunia II yang telah di-“moefikasi”. Berkat kepopulerannya, beberapa game lain dengan elemen yang terinspirasi dari game ini akhirnya juga ikut muncul.

Baru-baru ini, pihak DMM Games selaku pengembang game tersebut merilis sebuah rilis pers singkat di situs resminya pada hari Kamis (31/5). Dalam rilis tersebut, pihak DMM memberi peringatan terhadap sebuah game lain karena menggunakan istilah “kantai musume” alias “kanmusu” (艦娘 atau gadis kapal) dalam materi promosinya.

Pihak DMM pun mengingatkan bahwa game yang disinggung dalam rilis tersebut bukan merupakan game yang dirilis oleh mereka dan istilah tersebut digunakan untuk menyebut para karakter yang muncul dalam game KanColle. Hak cipta dari istilah “kanmusu” sendiri telah didaftarkan oleh pihak DMM.com selaku publisher dari game KanColle sejak tahun 2014 dengan nomor registrasi 5682313 dan 5682314.

Screenshot siaran live streaming dari game Azur Lane yang sempat memancing pembicaraan karena menggunakan istilah Kanmusu/艦娘 (sumber: https://gnn.gamer.com.tw)
Advertisement Inline

Meskipun dalam rilis pers tersebut tidak disebutkan dengan jelas judul game apa yang disinggung, namun beberapa beberapa situs game Jepang dan Taiwan serta beberapa pengguna Twitter di Jepang mensinyalir bahwa peringatan tersebut ditujukan untuk game Azur Lane yang saat ini sedang populer. Game tersebut sempat memancing perbincangan di media sosial karena menggunakan istilah “kanmusu” dalam siaran livestream-nya di situs AbemaTV. Staf dari game Azur Lane pun akhirnya memberikan permohonan maaf karena hal tersebut.

Azur Lane merupakan game ponsel asal Tiongkok yang dikembangkan oleh studio Manjuu dan Yongshi. Game ini pertama kali dirilis di Tiongkok pada Mei 2017, kemudian dirilis di Jepang oleh Shanghai Yostar pada September 2017. Meskipun hadir dengan tema mirip dengan Kantai Collection yang juga menghadirkan karakter moefikasi berbagai kapal perang dari era PDII, game ini tampil sedikit berbeda di mana pemain dapat mengontrol para karakternya ketika sedang bertempur dengan gameplay shoot-em-up. Karena kepopulerannya, game ini sempat berkolaborasi dengan game Hyperdimension Neptunia dan World of Warships.

Video iklan dari game ini dapat ditonton di bawah ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.