BAGIKAN

Kanojo

Komedi Romansa. Genre ini nampaknya menjadi genre komedi yang populer belakangan ini. Berbagai adaptasi seri mengambil genre ini, dan terbukti laku keras di kalangan penggemar komedi dan drama romantika. Adaptasi anime satu ini pun demikian. Bersumber dari manga karya Takei Touka dengan judul yang sama, Kanojo ga Flag o Oraretara, atau dalam bahasa Inggris “How If Her Flag Breaks“, adaptasi ini menceritakan tentang petualangan dan aktivitas seorang murid pria bernama Hatate Souta, bersama dengan beberapa karakter wanita nan ceria yang senantiasa berada disekelilingnya. Murid pria ini, memiliki kemampuan untuk melihat “flag” atau pertanda hati, yang muncul diatas kepala setiap orang, yang normalnya tidak terlihat bagi orang. Kemampuan ini ia peroleh dari seorang anak yang tidak ia kenal disebuah kapal. Berbagai petualangan, rintangan dan perkembangan kisah cinta antara Hatate Souta dengan seluruh wanita yang mengitarinya mewarnai keseharian mereka.

Adaptasi yang dikerjakan oleh studio Hoods Entertainment, yang sebelumnya sudah mengerjakan adaptasi anime seperti Girls und Panzer, Kotoura-san, BlazBlue dan Fantasista Doll, secara sukses berhasil mengangkat nuansa komedi dan romansa yang menjadi daya tarik utama seri ini. Seri ini berlangsung sepanjang 12 episode ini, dengan durasi 24 menit setiap episodenya. Berbagai lelucon dan komedi yang dilontarkan, meskipun beberapa senantiasa diulang-ulang, atau merupakan lelucon harian yang biasa kita pergunakan, tetap terasa segar, lucu dan menarik saat dipergunakan didalam adaptasi ini. Pengembangan karakternya, baik dari kepribadiannya maupun kisah cintanya dengan Hatate Souta, juga senantiasa disampaikan dengan segar dan menarik. Kekentalan nuansa romansa dan komedi inilah, serta intensitas lelucon dan keunikan setiap karakternya, membuat adaptasi ini mampu membuat penontonnya bertahan menontonnya hingga akhir episode, bahkan terkadang sampai tidak lagi mampu menahan tawa. Terlebih lagi, komedi romansa ini tidak hanya dilontarkan antara lawan jenis, namun dengan sesama jenispun juga sering dilontarkan, membuat seri ini sedikit berbeda dengan seri adaptasi romansa komedi kebanyakan. Lagu tema yang dipergunakan juga cukup unik: pembukaan yang sedikit bernada rap dan penutup yang bernada ceria, menambah jiwa dan keceriaan dari seri ini sendiri.

Advertisement Inline

Namun sayangnya, dalam penyampaian ceritanya, terlalu banyak hal-hal imaginer dan abstrak yang dipergunakan, serta animasi yang terkesan berlebih, membuat penontonnya akan merasa bosan di beberapa titik di seri ini. Kepolosan ceritanya, yang disampaikan seolah-olah sedang menyelesaikan sebuah game, juga membuat perkembangan cerita ini cukup mudah untuk ditebak. Bagi beberapa orang, mungkin hal ini justru akan membuat seri menjadi kurang menarik.

Nilai moral yang ditawarkan dari seri ini adalah pentingnya kepercayaan dan kerjasama antara sahabat, terutama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan adanya rasa percaya satu sama lain, kerja yang baik dan maksimal bisa dihasilkan, yang pada akhirnya akan membuat tujuan bersama lebih mudah diperoleh. Pula, kepercayaan antara sahabat yang mutualisme juga mencegah gangguan dari pihak luar, seperti hasutan dan fitnah, untuk bisa merusak hubungan yang ada. Lebih lanjut lagi, seri ini mengajarkan bahwa hidup adalah sesuatu yang harus disyukuri dan dirawat, seberapa baik atau buruknya hidup itu. Setiap orang sudah memiliki jalannya masing-masing, dan dengan mensyukuri hidup kita, niscaya masalah yang datang dapat diselesaikan dengan senyuman dan tanpa beban berarti, karena bantuan pasti akan datang kepada orang yang menghargai hidupnya sendiri.

Akhir kata, meskipun dengan plot yang mudah ditebak, seri ini mampu membawa penontonnya untuk tertawa terus menerus di setiap episodenya. Bagi kalian yang menyenangi seri berbumbu romansa, komedi atau hanya mencari seri hiburan yang berkualitas, seri ini akan cocok bagi kalian.

Berikut ini adalah beberapa cuplikan dari episode awal seri ini:

KAORI Newsline | oleh Krisma Budianto Irawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.