BAGIKAN

Masih ingat Brenbrenbren666, alias BREN, salah seorang artist asal Indonesia yang akhirnya membuat sebuah kisah alternatif alias spin-off dari seri Emergence dengan judulSaki: Another Story’. Jika Anda lupa, mari mengingatnya kembali di sini.

Beberapa waktu yang lalu, kami melakukan wawancara eksklusif dengan BREN yang menceritakan bagaimana awalnya ia memutuskan menjadi seorang artist, artist doujin favoritnya, hingga respon dari ShindoL mengenai Doujin ‘Saki: Another Story’ buatannya.

Bisa perkenalkan diri Anda terlebih dahulu?

Nama saya Brian Antonio, nama pena saya BREN.

Sejak kapan mulai berkarya sebagai artist?

Hmm, kalau suka menggambar sih dari kecil, tapi menjadi artist sebagai profesi sih dari Agustus 2017 lalu, belum ada setahun.

Masih baru ya kak. Lalu, bisa cerita bagaimana akhirnya memutuskan sebagai artist?

Jadi, setelah kontrak saya di tempat kerja saya sebelumnya sudah habis, beberapa bulan hanya saya habiskan untuk study sama practice di rumah. Jadi yah, saya berpikir, “Kenapa nggak kerja sebagai artist aja, bisa belajar + dapat uang.”. Jadi, ujung-ujungnya uang.

Tapi ya, sebenarnya untuk dapat pengalaman, belajar dan mengenal hal-hal baru sih.

Selama menjadi Artist ada pengalaman menarik seperti apa yang pernah di alami?

Pengalaman menarik kah? Nyaris normal-normal saja sih. Pengalaman yang menariknya, kadang gambar yang saya buat untuk iseng-iseng, bisa banyak yang share. Mulai dari meme “perosotan” dulu, sampai doujin Saki yang dulunya cuma buat iseng bikin 1 page, malah banyak yang minta dibuatin doujin.

Di-notice dan dikasih izin sama ShindoL juga salah satu pengalaman yang paling menarik.

Meme Prosotan

Wah, banyak juga ya ternyata. Nah, mengenai ‘Saki: Another Story’, bisa cerita bagaimana inspirasi/ide awalnya ingin membuat cerita ini?

Seperti yang saya bilang sebelumnya, sebenarnya sih awalnya cuma iseng bikin 1 halaman di mana Saki nggak pernah mencoba berubah penampilannya seperti di manga aslinya. Soalnya setelah saya selesai membaca manga-nya, saya kepikiran, “Gimana ya kalau Saki tetap jadi orang yang pendiam dan membosankan?”. Dan jadilah 1 page itu. Berbagai respon mulai muncul, dan sekarang malah jadi project. Semuanya dimulai dari 1 halaman.

Jadi, alasan utama yang akhirnya terbuatnya doujin tersebut karena respon dari para pembaca?

Hmm, kalau alasan utama sih nggak. Tapi respon pembaca memang berperan penting sih dalam dimulainya doujin ini.

Berkaitan dengan Saki: Another Story, apakah ada respon dari ShindoL selaku pengarang Emergence mengenai doujin buatan kakak?

Pproses pembuatan doujin ‘Saki: Another Story‘ ini memerlukan waktu berapa lama ya?

Sebenarnya sih targetnya 1 mini-chapter per bulan, walaupun bisa lebih cepat. Tapi karena belakangan ini kerjaan harian di kantor lumayan banyak dan lagi ngejar banyak deadline, work flow untuk doujin-nya ikut kena dampak.

Kira-kira ada berapa chapter yang akan direncanakan terbit dan apakah akan doujinnya terbit juga secara cetak?

Soal jumlah chapter-nya sih, belum bisa diperkirakan. Hmm, kalau soal terbit secara cetaknya sih, mungkin ntar dipikirin kalau doujin-nya udah finish.

Sebagai seorang artist, adakan artist doujin yang kakak sukai?

Hmmmmm, akhirnya, pertanyaan ini. . . ( ͡° ͜ʖ ͡°) Artist doujin favorit ya… Banyak sih… //dontlookatmelikethat Mengingat aku lebih banyak baca doujin daripada manga…. Hmm, beberapa aja kali ya. Saigado, Nanao, Pochi, ShindoL, Ponfaz, TAKASUGI Kou, Otochichi, DAIGO, dan lain-lain. Hebat lah mereka, dari segi art dan story. Kalau goal sih, mungkin Pochi. sama Nanao.

Apakah ada Artist yang memberikan pengaruh terhadap doujin yang kakak buat? Dan apa salah satu karya mereka yang paling kakak sukai?

Hmm, kalau dari Pochi. sih “Ane Naru Mono“, kalau Nanao itu “3 Piece“, ShindoL “EMERGENCE“, dari Saigado “Yuri & Friends“, kalau dari Otochichi itu “Hatsu Goukon wa Mama Naranai!“. Sebenarnya masih ada doujin favorit lainnya.

Link? ( ͡° ͜ʖ ͡°) Jangan dah ya. Cari sendiri saja.

jika kakak bertemu dengan sosok Saki. Adakah pesan yang ingin kakak sampaikan kepadanya?

Waduu, kalau ketemu Saki kah… Yah paling “Sometimes, it’s better to be a boring person.

Terakhir, Adakah pesan yang ingin kakak sampaikan kepada pembaca ?

Pesan kepada pembaca, apa ya…. Terima kasih sudah mau mendukung sampai saat ini, your support is everything for me. Kalau bukan karena para pembaca dan pendukung, mungkin aku nggak akan sampai kayak sekarang. Sekali lagi. Terima kasih

Demikianlah hasil wawancara kami dengan BREN. Doujin ‘Saki: Another Story’ diterbitkan secara digital oleh sang artis Brenbrenbren666. Saat ini ia membuka program di situs Patreon, di mana para penggemar yang bersedia menjadi patron dengan menyumbangkan uangnya secara sukarela kepada sang artis dijanjikan akan mendapatkan update terbaru dari doujin ‘Saki: Another Story’ jauh lebih cepat serta beberapa konten khusus yang tidak akan dirilis ke publik.

KAORI Newsline | Wawancara Oleh Ahmad Faisal | Ilustrasi Header oleh BREN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.