Tencent Holdings, konglomerasi besar asal Tiongkok yang juga dikenal dengan game MOBA Arena of Valor alias AOV, yang dibuat oleh salah satu anak perusahaannya, yaitu Tencent Games ini dilaporkan baru saja memenangkan gugatan sebesar 19,4 juta yuan, atau sekitar 41 milyar rupiah atas Xu Zhenhua selaku CEO dari Shanghai Moonton Technology, atau yang lebih dikenal sebagai Moonton, sebuah pengembang game asal Tiongkok yang terkenal dengan game MOBA Mobile Legends.

Sebelumnya, Moonton sempat dituntut oleh Riot Games, salah satu anak usaha dari Tencent Holdings atas tuduhan plagiat, di mana Riot Games menuduh Moonton menjiplak sejumlah unsur di game League of Legends karya Riot Games dalam game Mobile Legends. Tuntutan ini akhirnya ditolak oleh pihak pengadilan, dengan alasan karena Shanghai Moonton Technology sendiri bukanlah perusahaan Amerika Serikat melainkan perusahaan dari Tiongkok, sehingga pengadilan harus dilakukan di negara asal Moonton, yaitu Tiongkok. Belakangan Tencent Holdings yang merupakan induk usaha dari Riot Games malah mengajukan gugatan baru kepada Xu Zhenhua selaku CEO dari Shanghai Moonton Technology, mengenai aturan Non-Disclosure Agreement (NDA) dan Non-Compete Agreement (NCA) lewat pengadilan di Tiongkok.

Advertisement Inline

Dalam gugatannya sebelumnya, Riot Games menuduh adanya sejumlah kesamaan unsur dalam game Mobile Legends dengan game League of Legends, seperti sejumlah juara, deskripsi, map, hingga sejumlah kesamaan aset antara Mobile Legends dengan League of Legends.

Selain itu, Riot Games juga menuduh bahwa game karya Moonton lainnya, yaitu Magic Rush: Heroes juga memiliki sejumlah kesamaan dengan League of Legends, di antaranya adalah kesamaan unsur di sejumlah karakternya. Riot Games juga menyebutkan bahwa Moonton telah banyak meraup keuntungan hingga jutaan dollar dengan menjiplak League of Legends.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, gugatan dari Tencent Holdings ini sendiri adalah gugatan mengenai aturan Non-Disclosure Agreement (NDA) dan Non-Compete Agreement (NCA), dan tidak jelas apakah ada hubungannya dengan dugaan plagiarisme yang sebelumnya sempat dilayangkan oleh Riot Games kepada Moonton. Gugatan ini juga ditujukan kepada Xu Zhenhua, bukan kepada Moonton selaku entitas perusahaan.

KAORI Newsline | Sumber: Dot Esports

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.