BAGIKAN
© Akane Shimizu / Kodansha · Aniplex · davidproduction

Banyak cara bagi seorang guru untuk menyampaikan ilmu kepada murid-muridnya. Mulai dari mengajak murid-murid langsung ke lapangan, praktikum, atau bahkan menjadikan anime sebagai referensi pendidikan. Sebagai contohnya adalah guru di sebuah SMP di Aceh ini. Pada semester baru yang dimulai sejak bulan Juli ini, guru biologi di sebuah sekolah di Banda Aceh ini berencana menggunakan anime sebagai media pengajaran tentang sel darah.

Alkisah, seorang warganet di Facebook bernama Alfaruq Asri sempat bercerita di status Facebooknya hingga menjadi viral di internet, bahwa ibunya yang seorang guru biologi di sebuah SMP di Banda Aceh sempat meminta Alfaruq untuk mencarikan bahan referensi mengenai pelajaran sel darah yang akan muncul di semester baru, melalui media Youtube yang rencananya akan diaplikasikan sebagai media pengajaran. Namun siapa sangka, ternyata Alfaruq malah menyarankan ibunya untuk menonton anime! Anime tersebut adalah Hataraku Saibou.

Rupa-rupanya, setelah menonton Hataraku Saibou bersama-sama, sang ibu yang merupakan guru biologi tersebut tertarik dengan saran sang anak. Bahkan sang ibu berpendapat bahwa jika murid-muridnya menonton anime Hataraku Saibou bisa lebih cepat mengerti mengenai sel darah dalam tubuh manusia.

Advertisement Inline

Hataraku Saibou atau juga dikenal sebagai Cells at Work! adalah sebuah anime yang diangkat dari komik berjudul sama karya Akane Shimizu. Dalam Hataraku Saibou diceritakan mengenai aktivitas sel darah manusia yang dipersonifikasikan menjadi pekerja di sebuah kota. Ada Sel Darah Merah yang baru bertugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Di tengah pekerjaannya, ia bertemu dengan Sel Darah Putih yang tengah bertugas menghalau serangan bakteri yang berhasil menerobos masuk ke dalam tubuh. Si Sel Darah Putih pun akhirnya membantu si Sel Darah Merah yang masih kebingungan dengan tugasnya.

Komik Hataraku Saibou dirilis di Jepang melalui Kodansha sejak bulan Maret 2015 lalu, dan masih berjalan hingga sekarang, lengkap dengan sejumlah komik Spinoff. Animenya sendiri telah dirilis sejak bulan Juli 2018. Intip panduan KAORI Nusantara atas anime ini, melalui tautan berikut ini.

Apakah ada lagi anime lainnya yang bisa dijadikan media pembelajaran selain Hataraku Saibou? Jangan ragu-ragu untuk berbagi cerita, ataupun sekedar memberi sepatah dua patah komentar dalam kolom komentar di bawah!

KAORI Newsline

4 KOMENTAR

  1. Jadi ingat ane pas belajar gitar pake lagunya The Beatles yg “I’ve got a feeling” yg ane kenal pertama kali lewat anime BECK.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.