BAGIKAN

Pada awal Agustus lalu, para fans serial Detective Conan kembali disambut oleh film terbaru yang dirilis pada tahun ini, Berjudul Detective Conan: Zero The Enforcerfilm ke-22 dari serial komik detektif legendaris ini juga turut diputar di jaringan bioskop Indonesia pada awal Agustus lalu.

Selain oleh para penggemar anime secara umum, dirilisnya film tersebut juga disambut dengan begitu antusias oleh para fans Detective Conan di tanah air. Yang menarik, ternyata ada komunitas fanbase bernama Conan Fans Club yang menggelar acara nonton bareng di tujuh kota besar di Indonesia. Di wilayah Jabodetabek, acara ini digelar di bioskop CGV Teraskota, BSD City, Tangerang Selatan. Lantas, seperti apa suasana nobar yang disebut-sebut diramaikan oleh para fans serial komik ini?

Ternyata Begitu Ramai dari Berbagai Kalangan!

Saya menghadiri acara nonton bareng film terbaru Detective Conan ini yang digelar pada Minggu, 5 Agustus di bioskop CGV Teraskota, BSD City. Sejak pukul 10 pagi, area di depan bioskop pun ternyata sudah diramaikan oleh para fans serial komik ini. Sedikit berbeda dengan event-event bertema jejepangan lain, acara ini ternyata tidak hanya dihadiri oleh para fans yang masih remaja. Ada beberapa pasangan keluarga muda yang hadir di sini, dengan beberapa di antaranya juga turut mengajak anak mereka. Selain itu, ada penonton yang turut ber-cosplay menjadi para karakter dari serial Detective Conan.

Trio cosplayer Detective Conan
Advertisement Inline

Ketika sudah diperbolehkan masuk ke dalam bioskop, para panitia penyelenggara acara ini mengajak para penonton untuk semakin dekat dengan bermain berbagai games yang ternyata begitu seru. Tepat pada pukul 12 siang, film Detective Conan: Zero The Enforcer akhirnya diputar. Atmosfir menonton filmnya di acara ini tentunya terasa berbeda dengan menonton film di bioskop secara “biasa”. Sesekali terlihat beberapa fans mencoba mendiskusikan cerita yang bergulir di filmnya. Mereka pun juga bersorak bersama ketika ada adegan keren di filmnya. Rasa takjub para fans pun semakin memuncak ketika ada kejutan yang muncul di adegan after credit-nya.

Setelah film selesai diputar, acara ini ternyata masih belum berakhir. Ada sesi foto bareng bersama para fans dan panitia acara nonton barengnya. Setelah keluar bioskop, tampak ada beberapa penonton yang mengobrol akrab bersama fans lain. Ada juga yang meminta untuk berfoto bersama para cosplayer yang hadir di acara ini.

Saya pun sempat berbincang sebentar bersama salah satu fans Detective Conan yang datang ke acara ini. Fans bernama Agum (yang nantinya ternyata mendapatkan doorprize) yang berasal dari wilayah Jakarta Timur ini mengaku baru pertama kali mengikuti acara nobar yang diadakan oleh suatu komunitas anime dan sebelumnya pernah ikut ke acara gathering yang diadakan oleh Conan Fans Club. Ia mengaku puas dengan kinerja para panitia yang begitu kompak dan dapat menggelar acara ini sesuai rencana. Ia pun berharap di kesempatan selanjutnya akan ada acara gathering yang bisa mengumpulkan para fans Detective Conan se-Indonesia.

Habis Film Terbitlah Doorprize

Setelah selesai menonton filmnya, acara ini ternyata belum berakhir. Rangkaian acaranya pun kemudian dilanjutkan oleh kegiatan pembagian doorprize kepada para fans yang beruntung. Hadiah yang dibagikan pun ternyata cukup “wah”, mulai dari poster resmi film Detective Conan: Zero The Enforcer, modem 4G wireless, hingga perangkat virtual reality (VR)! Sebelum usai, para fans, panitia, dan rekan-rekan media yang datang ke acara ini kemudian berfoto bersama di acara ini.

Di sela-sela kegiatan acaranya, saya sempat berbincang dengan salah satu panitia acara dari komunitas ini, yaitu Panji Moulana, seputar seluk beluk penyelenggaraan acara nobar yang digelar oleh Conan Fans Club. Penasaran? Simak wawancaranya di halaman selanjutnya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.