Memperkenalkan Jasmine : Komikus Muda yang Gak Jelas

1

IMG04971-20140521-1658

Industri Komik Indonesia dewasa ini tengah bergairah dengan hadirnya berbagai karya-karya baru yang segar dan secara tidak kalah kualitasnya dengan komik buatan asing baik melalui media cetak maupun media sosial. Salah satunya adalah Jasmine Surkatty. Dara kelahiran 22 Juli ini adalah salah seorang yang aktif dalam berkomik di media sosial dengan karyanya bertajuk Komik Ga Jelas yang mengocok perut di media sosial. Kali ini Tim KAORI Newsline mendapat kesempatan untuk bertemu dan melakukan wawancara singkat dengan dirinya di sela-sela acara launching komik Setan Jalanan karya  Franki “Pepeng”  Indrasmoro Sumbodo dengan Komikus Ternista Se-Indonesia Haryadhi Gee (di mana dirinya juga ikut terlibat sebagai asisten dalam Komik Setan Jalanan) pada 21 Mei kemarin. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak wawancara KAORI dengan komikus muda yang juga masih bersaudara dengan salah seorang admin KAORI  ini :

Mungkin bisa memperkenalkan dulu tentang Jasmine

Saya Jasmine. Nama lain saya di dunia maya itu BRBLOL. Saya adalah komikus pemula. Komik pertama saya yang masih saya teruskan sampai sekarang adalah namanya Komik Gak Jelas. Komik Gak Jelas bisa ditemui di Facebook. Sudah mencapai 21 episode dan Insya Allah masih akan berlangsung terus.

Advertisement Inline

Sekarang latar belakang Jasmine. Kenapa sih mau membuat komik? Kenapa bisa suka sama komik dan apa motif membuat komik dan latar belakangnya?

Aku suka gambar dari sejak TK. Awalnya suka karena baca Doraemon. Setelah itu mulai mencoba-coba bikin komik, membuat karakter sendiri. Tapi waktu itu lingkungan kurang memadai. Kurang setuju aku jadi komikus karena dianggap kurang menghasilkan. Jadi saat itu saya sempat berhenti, hanya menggambar-gambar saja. Namun setelah itu saya masuk kuliah di jurusan desain. Setelah kuliah itu akhirnya saya mulai untuk lebih termotivasi kembali untuk membuat komik. Waktu itu saya bikin komik cuma buat iseng saja sih, untuk diri sendiri saja dulu karena masih belum berani untuk menunjukkan kepada publik. Tapi suatu saat saya bertemu dengan Haryadhi Gee yang sekarang ikut bikin Setan Jalanan dia bilang biarpun iseng, tapi tunjukkan saja ke publik. Maka dari itulah Komik Gak Jelas lahir.

10363992_1611079012450990_2579134644789483383_n

Salah Satu Sampel Komik Ga Jelas

Bisa diceritakan lebih lanjut mengenai Komik Ga Jelas?

Komik Ga Jelas sebenarnya awalnya karena iseng. Saya itu punya teman yang sukanya aneh. Jadi saya pikir “Oh ini lucu ini!” Jadi saya bikin Komik Ga Jelas awalnya cuma buat bikin orang senang saja. Supaya orang bisa ketawa gitu. Karena saya lihat banyak komik yang terkenal tapi ceritanya terlalu berat, bacanya harus mikir. Jadi saya coba bikin komik yang bacanya nggak perlu pakai mikir lah. Walaupun komiknya lucu tapi kan terkadang ada yang bahas soal politik dan tema-tema brat lainnya. Sementara Komik Ga Jelas itu melahirkan tokoh-tokoh yang tidak seperti manusia dan cara berpikirnya irasional. Makanya namanya Komik Ga Jelas.

Siapa inspirasi dan referensi Jasmine dalam membuat komik? Siapa komikus favorit dan apa komik favorit?

Komikus favorit itu awalnya Fujiko Fujio. Habis itu saya juga terinspirasi oleh Mice dan tentu saja Haryadhi Gee yang terkenal dengan karyanya yang bertajuk KOSTUM (komik strip untuk umum). Habis itu saya juga nonton juga suka nonton film seperti The Simpson atau Family Guy, sama kartun-kartun yang lucu supaya bisa terus terinspirasi “Wah dunia saya itu lucu banget ya!” Dan jadilah Komik Ga Jelas.

IMG04979-20140521-1711

Foto bersama Penulis

Apa saja suka duka dalam membuat komik?

Sukanya sih saya senang melihat orang ketawa atau melihat komen-komen lucu. Senang aja ada yorang yang suka komik saya. Kalau susahnya sih kalau lagi stuck ide ya. Terkadang kalau stuck itu bisa berapa hari. Harusnya update lagi tapi nggak jadi. Tapi secara keseluruhan saya enjoy aja. Habisnya seru.

Terakhir,  apa harapan dan langkah Jasmine ke depan dalam menggeluti dunia komik ini dan di mana masyarakat bisa berinteraksi dengan Jasmine maupun membaca Komik Ga Jelas?

Ke depannya sih saya ingin bisa mempublikasi komik saya sendiri. Bukan hanya Komik Ga Jelas tapi juga beberapa cerita yang saya ingin bikin dan saya publikasi. Dan saya juga berharap semoga Komik Ga Jelas bisa diapresiasi di manapun. Karena saya ingin orang itu ketawa dan senang karena saya senang melihat orang senang. Untuk kontak bisa menghubungi Facebook saya ataupun Twitter saya di @LadyVaderIndo. Adapun kalau ingin melihat Komik Ga Jelas bisa diakses melalui Facebook Komik Ga Jelas atau Twitter @KomikGaJelas. Dan jika tidak ada halangan, maka Komik Ga Jelas akan membuka stand di Hellofest.

Oke Jasmine terima kasih atas wawancara singkatnya. Selamat berkarya terus Kita tunggu lagi karya-karya Jasmine ke depannya.

Terima kasih.

KAORI Newsline | oleh Dody Kusumanto & Rafly Nugroho

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.