BAGIKAN

Rapper kondang asal Amerika Serikat Kanye West dikenal cukup menyukai anime Jepang, salah satunya adalah Akira. melalui postingan di akun Twitternya baru-baru ini, sang raper kondang tersebut mengekspresikan kecintaannya terhadap Akira dengan menyebut film anime tersebut sebagai “pencapaian terbesar dalam sejarah animasi”, dan juga kerap kali menjadi inspirasi bagi karya-karyanya. Ia bahkan mengirimkan sepasang sepatu YEEZY miliknya kepada Katsuhiro Otomo, sang kreator dari Akira.

Advertisement Inline

Salah satu contoh pengaruh Akira dalam karya-karya Kanye West adalah lagu “Stronger” dari album Graduation, di mana lagu tersebut memang merupakan sebuah homage untuk Akira. Dalam video klip dari lagu tersebut, terdapat sejumlah adegan yang terinspirasi dari Akira, dan bahkan disyuting di Jepang. Bahkan dalam proses pembuatan video klip tersebut, sebuah replika dari motor Kaneda yang cukup ikonik tersebut sempat dibuat, meski akhirnya tak pernah dipakai, dan akhirnya dijual pada tahun 2011.

©1987 AKIRA COMITTEE. Licensed by MANGA

Akira sendiri merupakan film anime karya Katsuhiro Otomo yang diangkat dari komik berjudul sama karya Otomo. Dirilis di Jepang pada tahun 1988, anime ini menjadi proyek anime termahal pada masanya. Anime ini sendiri merupakan anime distopian bersetting tahun 2019, dan berkisah mengenai Shotaro Kaneda, seorang ketua geng motor di kota metropolis Neo-Tokyo. Akira sendiri menjadi fenomena di industri anime Jepang, di mana film anime tersebut semakin mempopulerkan anime maupun budaya pop Jepang di negara-negara barat, sekaligus menjadi inspirasi dari berbagai karya-karya populer seperti anime, komik, musik, film, televisi, video game, dan lain sebagainya.

KAORI Newsline | Sumber: Twitter Kanye West, Cartoon Brew, & ANN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.