BAGIKAN

Membicarakan tentang anime, manga, game, novel ringan, atau dorama tentu tak lepas dari obrolan seputar tipe karakter yang menjadi favorit para fans. Para karkater ini hadir dengan berbagai gaya penampilannya. Namun, salah satu tipe karakter yang boleh dibilang memiliki pengikutnya tersendiri adalah karakter berkacamata alias megane.

Bagi para fansnya, karakter berkacamata memiliki pesonanya sendiri. Ada yang merasa karakter favoritnya menjadi lebih cantik dan ganteng, ada juga yang menyukai karakter megane karena suka dengan image-nya yang cerdas dan memancarakan kesan yang berbeda dengan karakter biasa.

Menyambut hari megane yang jatuh pada 1 Oktober, para staf KAORI Nusantara memilih karakter-karakter megane favoritnya. Karakter-karakter yang dipilih berasal dari berbagai judul anine, manga, game, novel ringan, dan dorama. Lantas, siapa sajakah para karakter yang dipilih oleh mereka? Ini dia daftarnya!

Conan Edogawa – Detektif Conan

Alasan pintar cerdik dan jenius sudahlah kuno.

Conan Edogawa bagaikan malaikat kematian ataupun Angra Mainyu…
Hampir di setiap kehadirannya maut hampir selalu menyertai…
Atau setidak-tidaknya tindakan kriminal…
(Adi W. Wendar – KAORI Newsline)

Okumura Yukio – Ao no Exorcist

Sebenarnya saya lebih suka Yukio karena sifatnya yang meskipun terlihat sempurna ia memiliki kelemahan yaitu adanya perasaan insecure dalam dirinya, terutama di hadapan kakaknya tapi ia berusaha mengatasinya. Kalau dilihat lagi, posenya yang begini keren dan waktu kecil dia juga imut. Itu aja deh. (Rezky Amelia – Direktorat Teknis)

Mari Makinami Illustrious – Rebuild of Evangelion

Cantik, elegan dengan twintail dan kacamata membuatnya kawaii dan gorgeous sekaligus misterius. Bagi penggemar karakter megane (kacamata) pasti suka dengan karakkter cewek yang satu ini. (Goldy Ventura – KAORI Newsline)

Kyouko Okitegami – Okitegami Kyouko no Bibouroku

Bayangkan Tsubasa Hanekawa versi rambut pendek tapi tetap mempertahankan kacamatanya, seperti itulah Kyouko Okitegami. Dia adalah seorang detektif dari seri Okitegami Kyouko no Bibouroku karya Nisio Isin yang sangat cerdas, tapi memiliki penyakit ingatan jarak pendek. Sosoknya yang cerdas dan penuh percaya diri sangat cocok dipadukan dengan kacamata bulat yang serasi dengan rambut peraknya. (Dany Muhammad – Indonesia Anime Times)

Noe Kawashima – Taisho Baseball Girls

“Pintar” adalah stereotip yang biasa dihubungkan dengan karakter berkacamata. Tapi “kepintaran” itu biasanya ditunjukkan hanya dengan kemampuan untuk menghapal; mengingat dan menyampaikan kembali informasi. Sebagai karakter berkacamata, Noe Kawashima dari Taisho Baseball Girls juga digambarkan sebagai karakter yang pintar. Tapi sebagai ahli strategi tim bisbol Toho Seika Ouka-kai, Noe menunjukkan bukan hanya kemampuan untuk menghapal informasi (peraturan-peraturan bisbol bisa diingatnya hanya dalam satu malam) tapi juga kemampuan analisis dan sintesis, bisa mengolah data untuk menyusun strategi dan program latihan yang sesuai bagi timnya.

Selain itu, tidak seperti satu lagi stereotip karakter gadis berkacamata lainnya, Noe bukanlah anak pemalu. Dia mengajukan diri sebagai ahli strategi tim dengan penuh percaya diri dan tegas mengingatkan rekan setimnya untuk mengikuti rencana-rencana yang telah dibuatnya. Di sisi lain, ia memang bisa terlalu kaku mengikuti perhitungan yang sudah dibuat dan tidak berani mengambil risiko yang kadang diperlukan dalam olahraga permainan. Tapi itu adalah satu kekurangan yang membuat karakternya terasa lebih manusiawi. (Halimun Muhammad – Managing Editor Indonesia Anime Times)

Mash Kyrielight – Fate/Grand Order

Salah satu karakter favorit di Fate/Grand Order. Bisa tempur pake perisai (sebagai shielder) dan suka dengan kostum servant-nya. (Andira Indrawan – Staf D4)

Haruna Kamijou – The Idolm@ster Cinderella Girls

Alasannya nggak muluk-muluk. Kalau mendengar kata Megane/Eyewear/Glasses alias kacamata, idol Cinderella Girls pecinta kacamata ini muncul di benak saya. Kenapa? Karena dalam fandom Cinderella Girls, Kacamata = Haruna. Haruna adalah penyebar ajaran meganneko di dalam fandom Cinderella Girls.

Haruna sangat semangat dalam membujuk teman sesama idol untuk memakai kacamata. Kacamata memiliki kemampuan ajaib yang dapat mengubah image seseorang dengan sebuah kacamata yang sesuai. Tampang Anda agak-agak mirip preman? Tambahkan kacamata dan BOOM! Anda seorang gentle giant, atau mungkin fashion designer atau seorang web developer? Yang jelas image Anda yang kasar telah berubah drastis dan Haruna Kamijo adalah orang yang tahu persis kalau kacamata itu bahkan lebih penting dari gaun yang akan dipakai ke sebuah pesta dansa. (Naufalbepe – KAORI Newsline)

Hina Araki – The Idolm@ster Cinderella Girls

Araki-sensei (iya, Araki-sensei), adalah salah satu chara dari seri Cinderella Girls yang memiliki sebuah fitur yang masuk dalam kategori artikel ini: Megane. Kalau anda memperhatikan baik-baik, Hina sekilas dapat kita golongkan sebagai otaku. Hina di luar kesibukan per-idol-annya, memiliki hobi menggambar komik. Bahkan kalau kita perhatikan lebih seksama lagi, Penampilan yang dimiliki Hina benar-benar otaku yang by the book. Track jacket, rambut yang sedikit acak-acakan, dan hobi otaku yang benar-benar mengeluarkan aura NEET khas jepang. Tapi di luar kacamata, rambut acak-acakan dan ke-otaku-annya, Hina adalah seorang idol. Hina sempat menanggalkan kacamata dan menggantinya dengan lensa kontak sebagai tanda meninggalkan kehidupan otaku-nya, hingga dihentikan oleh Haruna Kamijou. Thus, Hina memiliki gap antara persona idol dengan persona NEETnya. Hal itu menurut saya bukanlah suatu nilai yang negatif, melainkan positif. Karena, Hina percaya bahwa dirinya dapat menjadi otaku dan disaat yang sama adalah seorang idol. Personally tho, I dig them both her otaku and idol persona, they both cute (walau sebenarnya jenis kartu karakter Hina sendiri itu Cool).

Fun fact, Hina sering dipanggil dengan sebutan Araki-sensei. Araki-sensei sendiri merupakan panggilan dari Hirohiko Araki, komikus dari seri hit Jojo’s Bizarre Adventure. Panggilan Araki-sensei dari Hina mungkin menjadi sebuah referensi karena Hina memiliki hobi menggambar komik. (Naufalbepe – KAORI Newsline)

Kirishima – Kantai Collection

Saya sendiri sebenarnya bukan player atau fans berat Kantai Collection, namun secara penampilan Kirishima merupakan salah satu karakter favorit dari game ini (selain Kashima tentunya). Dengan kacamata yang dikenakan serta potongan rambut pendeknya (yang #shw sekali), ia pun terasa memancarkan aura cantik, anggun, kalem, dan dewasa sekaligus. (Tanto Dhaneswara – Editor KAORI Newsline)

Mirai Kuriyama – Kyoukai no Kanata

Mirai Kuriya, salah satu karakter favorit menurut saya pribadi, karena karakter ini yang membuat saya suka dengan karakter yang menggunakan kacamata (rata-rata karakter anime yang memakai kacamata itu cantik, lho). (Aditya Eka Nugraha – Cemplus Newsline)

 

Inilah 10 karakter megane favorit yang telah dipilih oleh para staf kami. Apakah ada karakter megane favorit Kaoreaders yang terlewatkan dan pantas masuk ke list ini? Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah artikel ini dan juga akun media sosial KAORI Nusantara!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.