BAGIKAN

Sebuah kabar duka kembali datang dari dunia seiyuu Jepang. Kouji Tsujitani, salah sayu seiyuu veteran yang telah malang melintang di industri anime Jepang, dikabarkan meninggal dunia pada usia 56 tahun. Sang seiyuu menghembuskan nafas terakhirnya karena serangan stroke.

Sebelumnya, Tsujitani tampil bersama band BLUSSED yang dibentuk oleh rekan sesama seiyuu, Fumihiko Tachiki dalam konser debutnya pada 14 Oktober dan tampil dalam kondisi sehat. Sang seiyuu kemudian tidak sadarkan diri di rumahnya pada 17 Oktober dan akhirnya meninggal pada hari yang sama. Istri Tsujitani yang juga seorang seiyuu, Kumiko Watanabe, dan para saudara terdekatnya menghadiri acara penghormatan terakhir kepada sang mendiang pada 21 Oktober sebelum dikebumikan pada 22 Oktober.

Kouji Tsujitani lahir di Kodaira, Tokyo pada 1962. Setelah lulus dari pendidikan SMA, almarhum bergabung dengan kelompok teater Gekidan Touen pada 1983. Tsujitani memulai karirnya di dunia seiyuu anime pada tahun 1988 dan setahun kemudian ia berperan sebagai Bernard “Bernie” Wiseman di anime Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket. Sejak saat itu, ia menjadi sering bermain di berbagai anime Gundam. Beberapa perannya di berbagai anime mecha legendaris ini antara lain:

  • Seabook Arno di Mobile Suit Gundam F91
  • Bernie Wiseman di Mobile Suit SD Gundam’s Counterattack
  • Knight Zeta di Mobile Suit SD Gundam: SD Gundam Legend

Mobile Suit Gundam 0080

Selain Gundam, ia juga turut terlibat menjadi seiyuu di serial anime lain. Salah satu perannya yang cukup terkenal ketika ia berperan menjadi Miroku di Inuyasha. Anime-anime lain yang juga melibatkan Tsujitani sebagai salah satu seiyuu-nya antara lain:

  • Tylor di The Irresponsible Captain Tylor
  • Kazuma Iwasaki di Stratos 4
  • Annote Itsuki di Yū Yū Hakusho
  • Solomon di Blood+

Selain menjadi seiyuu, Kouji Tsujitani akhir-akhir ini juga terlibat menjadi penata suara di berbagai judul anime yang dirilis belakangan ini. Adapun anime-anime yang pernah ia tangani sebagai penata suara antar lain Gurazeni, Freezing, Fate/stay night, dan Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu.

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian mendiang Kouji Tsujitani.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.