BAGIKAN

Dewasa ini cosplay, atau berkostum ala tokoh fiksi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam buaya pop kekinian.  Berbagai acara-acara mengenai budaya pop, terutama yang berkaitan dengan anime ataupun Jejepangan pasti diramaikan oleh para cosplayer, baik yang sekedar mengaktualisasikan diri mereka, ataupun yang berpartisipasi dalam sejumlah lomba-lomba cosplay yang diselenggarakan untuk semakin meramaikan acara. Sejalan dengan itu, tak sedikit pula di antara para cosplayer yang menjadi “selebriti” yang memiliki basis massa penggemarnya masing-masing. Nama-nama seperti Ying Tze, Hana & Baozi, hingga Yukitora Keiji kerap kali diundang menjadi bintang tamu di sejumlah acara, untuk menyambut penggemar-penggemar mereka. Bahkan dewasa ini banyak juga cosplayer yang menjadi brand ambassador ataupun menjadi influencer.

Atas fenomena tersebut, maka kini adakanlah Rising Star Cosplayer Indonesia. Sebuah ajang penghargaan bagi cosplayer-cosplayer Indonesia, baik itu cosplayer pemula, maupun cosplayer yang tengah naik daun.

Rising Star Cosplayer Indonesia merupakan acara penghargaan tahunan untuk para cosplayer baik untuk pemula maupun bagi sang bintang yang mulai naik daun di seluruh indonesia. Kategori nominator dibagi menjadi 2 kriteria yaitu:

  1. Rising star
    *memiliki akun sosial dengan total pengikut dari semua akun minimal 10.000 pengikut.(Facebook, Twitter, Instagram)
    *cukup aktif dalam dunia cosplay dalam kurun waktu setahun terakhir.
    *peserta akan dievaluasi kelayakannya oleh dewan kehormatan.
  2. Rookie
    *cukup aktif dalam dunia cosplay dalam kurun waktu setahun terakhir.
    *peserta akan dievaluasi kelayakannya oleh dewan kehormatan.

Semua nominator dapat mendaftarkan diri sampai dengan tanggal 2 November 2018 dan jumlah nominator sangat terbatas. Hingga berita ini ditulis, sudah ada 3 nominator yang akan berpartisipasi dalam kategori Rising Star. Mereka adalah Yukitora Keiji, Lynn, dan Kururin.

Semua nominator akan mulai menjual PO merchandize yang telah didaftarkan ke panitia mulai tanggal 5 November sampai dengan 30 November 2018. Penjualan dilakukan lewat Fanpage Rising star cosplay indonesia oleh pihak panitia. Merchandise yang dijual bebas, bisa berupa photobook, poster, artwork, gantungan kunci, aksesoris cosplay, bahkan tiket handshake.

Puncak acara akan diadakan pada 9 Desember 2018 di Surabaya, dengan diserahkannya merchandise yang sudah dipesan kepada supporter dan juga terdapat direct selling sebagai pertarungan terakhir dari para idola cosplayer hingga sore hari. Jumlah support dari teman, keluarga dan penggemar, dapat diperoleh dari jumlah total penjualan merchandise masing masing nominator, dan nominator dengan jumlah omset penjualan tertinggi keluar sebagai pemenang.

Pemenang dari kategori Rising Star akan mendapatkan anugerah Piala Pijar dengan titel Best Rising Star 2018, dan mendapat hadiah hiburan berupa jalan-jalan ke Summer Comiket 2019. Selain itu terdapat Piala Pijar dangan 2 titel lain yaitu Best Performance 2018, dan Best Costume 2018.

Sedangkan pemenang kategori Rookie akan mendapat anugerah Piala Pijar dengan titel Best Rookies 2018, dan mendapatkan hadiah hiburan berupa jalan-jalan ke Anime Festifal Asia 2019, serta terdapat Piala Pijar dengan 2 titel lain yaitu Best Rookie Performance 2018, dan Best Rookie Costume 2018.

Nominator diperbolehkan berupa satu grup namun jika menang hanya 1 orang yang berangkat untuk hadiah hiburannya. Bagi yang tertarik untuk berpartisipasi bisa mengirimkan data diri, berupa nama asli dan nickname, nomor HP, Email, akun media sosial, maupun foto cosplay maupun data diri ke risingstarcosuindo@gmail.com. Pendaftaran untuk Rising Star Cosplayer Indonesia dibuka hingga 2 November 2018.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.