BAGIKAN
Haikyu!! Volleyball Card Game

Siapa yang tidak kenal dengan Haikyu!!? Komik bertema olahraga bola voli karya Haruichi Furudate ini memang cukup populer di kalangan penggemar komik dan anime Jepang, apalagi semenjak diadaptasi menjadi anime dan sejumlah drama panggung. Tak mau ketinggalan dengan negara lainnya, Haikyu!! juga memiliki popularitas yang cukup baik di Indonesia, apalagi semenjak komiknya diterbitkan melalui penerbit m&c!.

Kini, untuk semakin menyemarakkan popularitas Haikyu! di Indonesia, versi adaptasi permainan kartu atau trading card game (TCG) juga akan dirilis di Indonesia. Permainan kartu yang diberi nama Haikyu!! Volleyball Card Game ini sebelumnya sempat diperagakan di sejumlah perhelatan, dan akan dirilis secara resmi ke pasaran mulai tanggal 14 Desember 2018 mendatang.

Pada bulan September 2018 lalu, KAORI Nusantara sempat mewawancarai pihak distributor Haikyu!! Volleyball Card Game yang diwakili oleh Ardiatma Mardhika dari Brain Navi. Kami mewawancarai perwakilan Brain Navi tersebut mengenai sejumlah hal seperti lokalisasi dari kartu Haikyu!!, pasar permainan kartu di Indonesia, hingga peluang ke depannya.

Berikut petikan wawancara KAORI Nusantara bersama Ardiatma Mardhika:

Apa peran anda dalam lokalisasi Haikyu!! Volleyball Card Game?

Saya mewakili Brain Navi, perusahaan yang berkerak di bidang bisnis konten, seperti permainan kartu, komik, dan merchandise lainnya. Kami membuka cabang di Indonesia, di mana proyek awal kami adalah lokalisasi dari permainan kartu Haikyu!! yang kami terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, untuk dijual di pasar Indonesia.

Siapa yang membuat Haikyu!! Volleyball Card Game?

Permainan ini dibuat oleh Takara Tomy yang juga telah membuat sejumlah adaptasi permainan kartu dari sejumlah komik terkenal, terutama seri-seri Shounen Jump seperti My Hero Academia.

Mengapa anda memilih permainan kartu Haikyu!! untuk dilokalisasikan di Indonesia?

Permainan kartu biasanya lebih identik dengan sejumlah TCG yang lebih “hardcore” dan spesifik seperti Cardfight!! Vanguard ataupun Yu-Gi-Oh!. Bedangnya dengan TCG-TCG yang lebih “hardcore” terebut, permainan kartu Haikyu relatif lebih mudah dimainkan, sehingga bisa lebih mudah diterima oleh pasar di luar penggemar TCG “hardcore”. Apalagi serial Haikyu!! sendiri juga terkenal di kalangan wanita, sehingga permainan karti ini juga berpotensi untuk diminati mereka, tidak seperti permainan TCG pada umumnya yang lebih banyak dimainkan kaum pria. Atau mungkin juga mereka tidak memainkannya, namun sekedar mengoleksinya.

Bisa dijelaskan seperti apa sebenarnya pasar permainan TCG di Indonesia?

Saya sudah bermain sejumlah kartu-kartu TCG sejak tahun 2000. Saat saya bermain Magic the Gathering 18 tahun lalu, sulit sekali untuk menemukan penjual kartu-kartu tersebut, apalagi tempat untuk memainkannya. Namun seiring dengan waktu, muai banyak toko-toko hobi yang menjual kartu-kartu tersebut, sehingga lebih mudah didapat, hingga akhirnya terbentuklah banyak komunitas-komunitas. Sebenarnya produk yang kami rilis ini sedikit berbeda dengan kartu-kartu tersebut, di mana kami tidak hanya membidik para pemain TCG, namun juga masyarakat banyak. Kami juga ingin membangun komunitas, karena permainan kartu tidak akan bisa bertahan tanpa adanya komunitas.

Menapa harus dilokalisasikan? Tidak dibiarkan beredar dengan bahasa aslinya saja?

Indonesia adalah negara kedua setelah Vietnam yang akan mendapatkan perilisan permainan kartu Haikyu!! ini. Salah satu kesepakatan yang kami buat dengan pihak pengembang adalah permainan ini harus dirilis dengan bahasa dari negara setempat. Karenanya kartu ini dirilis di Vietnam dengan bahasa Vietnam, dan di Indonsia dirilis dengan bahasa Indonesia, dan seterusnya. Saya kira pihak pengembang berharap dengan adanya lokalisasi ini maka akan membuat produknya lebih mudah diakses oleh masyarakat setempat. Tentu saja kami juga harus menyesuaikan kualitas lokalisasinya supaya tidak terasa aneh.

Kartu-kartu ini nantinya akan dirilis di mana?

Kami sudah berendana untuk merilisnya di Gramedia pada 16 Desember 2018 mendatang, dan ejumlah toko-toko mainan anak-anak. Selain itu kami juga akan merilisnya di situs Blibli.com pada 14 Desember 2018 nanti.

Untuk permulaan, kami akan merilis starter deck pertama yang bertema tim SMA Karasuno. Lalu awal tahun depan kami akan merilis starter deck kedua, dan juga booster pack.

Apakah anda juga berkolaborasi dengan m&c! selaku penerbit komik Haikyu!! di Indonesia? Jika iya, apakah kartu-kartu ini akan dipromosikan juga di komik-komik Haikyu!! terbitan m&c!, atau malah permainan kartu ini juga akan mempromosikan komik terbitan m&c! tersebut?

Tentu saja. Kami dan m&c! sama-sama merilis produk yang berasal dari IP yang sama. Karenanya pihak pemegang lisensi di Jepang sana telah meminta supaya logo dan sejumlah hal lainnya di permainan kartu ini dibuat mirip dengan yang digunakan oleh versi komik yang diterbitkan di Indonesia, supaya masyarakat tahu bahwa keduanya adalah produk yang saling berhubungan satu sama lain. Karenanya kamipun berkolaborasi dengan m&c! selaku pihak yang menerbitkan komik Haikyu!! ke Indonesia. Sebagai contohnya, pada komik Haikyu!! edisi ke-14 yang diterbitkan pada 12 September 2018 lalu, terdapat chapter khusus yang membahas permainan kartu. Lalu, kami juga menyediakan sampel gratis yang didapatkan melalui pembelian komik ini di Gramedia. Kami juga mempromosikan permainan kartu ini di media sosial, termasuk demonstrasi di sejumlah gerai Gramedia.

Selain m&c!, apakah anda juga menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk mempromosikan permainan kartu ini?

Tentu saja. Saat ini kami berkolaborasi dengan sejumlah komunitas TCG di Indonesia. Mereka telah menerima sampel kartu-kartu ini di sejumlah ajang seperi di C3 AFA, dan bahkan mereka telah berencana untuk membuat turnamen, yang tentu saja kami dukung dengan penyediaan hadiah. Kami juga mendukung turnamen-turnamen yang diadakan di festival-festival sekolah ataupun kampus untuk terus membesarkan popularitas permainan ini.

Selain turnamen yang diselenggarakan secara swadaya oleh komunitas, apakah pihak distributor juga akan mengadakan turnamen resmi?

Tentu saja. Turnamen sangat penting bagi setiap permainan kartu untuk terus menjaga antusiasme dari komunitas. Namun kami masih terus mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk bisa menggelar turnamen berskala besar.

Apa bentuk dukungan anda untuk turnamen-turnamen tersebut?

Kami membantu terutama dalam bentuk penyediaan hadiah. Seperti misalnya dalam ajang demonstrasi di bulan September, kami memberikan hadiah berupa barang-barang limited edition seperti card box. Adapun untuk bentuk dukungan lainnya, itu bisa dibicarakan lebih lanjut.

Bagaimana respon masyarakat terhadap permainan kartu Haikyu!! ini?

Sejauh ini responnya cukup bagus. Bahkan sudah banyak yang bertanya mengenai kapan kartu Haikyu!! ini akan dirilis. Jadi kami berharap setelah resmi dirilis nanti, kartu Haikyu!! ini bisa lebih diterima secara positif oleh masyarakat.

This slideshow requires JavaScript.

Takara Tomy sendiri juga telah membuat sejumlah permainan kartu dari seri-seri lainnya seperti My Hero Academia ataupun Cardcaptor Sakura. Apakah ada rencana juga untuk merilis kartu-kartu lain tersebut di Indonesia?

Tentu saja. Kami juga punya rencana untuk menerbitkan kartu selain Haikyu!!. Namun bisnis kami sebenarnya lebih ke konten media, di mana kartu Haikyu!! hanyalah satu bagian darinya. Tahun depan, kami juga berencana untuk merilis game mobile. Nantikan saja pengumuman dari kami.

Lalu apa harapan anda bagi kartu Haikyu!! ini?

Zaman sekarang orang banyak yang sering menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Itu bukan masalah, namun kami yakin mainan-mainan tradisional seperti kartu juga tak kalah mengasyikan dan bermanfaatnya. Pertama, karena mainan-mainan tradisional seperti kartu ini harus dimainkan secara langsung orang per orang, sehingga bisa menjadi sarana sosialisasi dan komunikasi antar sesama. Kedua, permainan ini juga memiliki aspek strategi di dalamnya, sehingga kami yakin bisa berguna bagi para pemainnya, terutama anak-anak dalam mengasah kemampuan analisis mereka. Dengan keunggulan-keunggulan seperti itu, kami yakin Haikyu!! Volleyball Card Game bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

KAORI Newsline | Diterjemahkan dari artikel The Indonesia Anime Times

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.