Bahas Kartu Shadowverse: Petualangan Anne & Grea dalam Deck Manaria Friends

0

Seperti yang Anda ketahui, anime Manaria Friends yang baru saja tayang kemarin telah menjadi sorotan para penikmat anime, khususnya bagi para pemain Granblue Fantasy dan Shadowverse. Tentu saja karena kisah persahabatan dua karakter utama di anime tersebut, yaitu Anne & Grea, mengundang bumbu yuri membuat para fans semakin jatuh cinta pada mereka. Tapi kali ini, bagaimana jika Anne dan teman – temannya masuk ke dalam dunia Shadowverse dan bekerja sama melawan musuh yang siap menghalangi mereka? Kemampuan mereka akan terangkum dalam deck Manaria Friends.

Sebelum itu, mengapa saya menamakan deck ini sebagai deck Manaria Friends? Alasannya mudah, karena deck ini didominasi oleh kartu yang memiliki trait Mysteria. Karena trait tersebut, kemampuan antara satu kartu dengan kartu yang lainnya saling bersinergi. Tentu saja saya akan memberikan contoh deck Mysteria pada format Rotation.

Contoh Deck Manaria Friends

Deck ini berasal dari class Runecraft yakni dengan base leader. Deck ini memiliki 2 tujuan, yaitu menekan lawan sampai tidak berkutik dengan cara kita bermain men-spam, atau mengumpulkan kekuatan pada Finisher yang siap dilontarkan terhadap musuh di turn 10 maupun turn 9 (dengan bantuan efek dari Palla, Student Teacher). Dengan 2 tujuan tersebut, bisa dibilang deck ini adalah deck maha budget dengan winrate yang fantastis. Bagaimana tidak, Anda cukup menggunakan kartu Gold saja tanpa memasukan kartu Legend ke dalam deck untuk memberikan pressure yang kuat terhadap musuh.

Beberapa kartu yang menjadi Core utama pada deck ini yaitu, Anne, Mysterian Prodigy, Grea, Mysterian Dragoness, & Owen, Knight of Mysteria. Masing – masing kartu mempunyai peran tersendiri. Anne, Mysterian Prodigy bertugas untuk mengambil Finisher (Anne Sorcery) atau mengambil ward (Anne Summoning) untuk menahan serangan musuh pada late game. Efek dari Anne Sorcery itu sendiri yaitu memberikan damage terhadap lawan, follower maupun leader, dengan jumlah damage yang dihitung dari kartu bertrait Mysteria yang dimainkan dalam game ini. Untuk kartu Anne Summoning itu adalah token yang memberikan Anda perlindungan dalam 1 turn. Dengan  2 Play Point, kalian akan mendapatkan follower dengan ward 5/5 & efek Rush. Cukup untuk menahan serangan follower lawan dan antisipasi follower lawan dengan efek Storm.

Advertisement Inline
Anne, Mysterian Prodigy (evolved)

Grea, Mysterian Dragoness sendiri mempunyai efek Ward dan efek evolve yang situasional juga. Jika Anda masih memiliki evopoint, Anda bisa meng-evolve Grea, Mysterian Dragoness, untuk mengambil 2 kartu pilihan. Pilihan pertama adalah Grea’s Ember, token dengan 1 Play Point yang menarget 1 follower musuh untuk memberikan 3 damage. Pilihan kedua adalah Grea’s Inferno, token dengan 3 playpoint yang memberikan 1 damage beruntun secara acak. Efek dari Grea’s Ember itu sangat berguna ketika Anda mendapatkan giliran kedua. Anda bisa meng-evolve Grea, Mysterian Dragoness pada turn 4, dan mengambil Grea’s Ember, untuk membersihkan board-mu dengan 2 serangan dari Grea, Mysterian Dragoness dan Grea’s Ember. Kartu Grea’s Inferno yang memiliki serangan beruntun dan efek random terhadap lawan, sangat berguna untuk menyerang karena memiliki efek ambush atau menyerang beberapa  lawan yang memiliki defense kecil.

Grea, Mysterian Dragoness

Dan yang terakhir adalah Owen, Knight Of Mysteria. Kartu ini bertugas untuk mengambil kartu ber-trait Mysteria dari dalam deck, sangat berguna untuk mengambil Anne, Mysterian Prodigy untuk menyiapkan finisher lebih cepat. Karena kartu dan token di atas juga bertrait Mysteria (kecuali Anne Sorcery), maka kartu di tangan yang memiliki efek subtract dari spellboost yang ber-trait Mysteria akan berkurang cost-nya setiap kartu bertrait Mysteria dimainkan.

Owen, Knight of Mysteria

Cara bermain dengan deck ini cukup mudah. Kalian cukup mencari Anne, Mysterian Prodigy untuk mempersiapkan finisher-nya, sambil menekan lawan dengan mengurangi HP-nya sedikit demi sedikit. Dengan deck yang didominasi oleh kartu ber-trait Mysteria, membuat efek yang mensyaratkan harus menggunakan kartu ber-trait Mysteria saling berkesinambungan. Anda bisa menggunakan Anne, Mysterian Prodigy / Ms. Miranda, Light Mage lebih cepat untuk mengisi areanya. Jika kalian mengalami mirror match atau berhadapan dengan deck yang sama, pasti Anda mengalami kesulitan ketika lawan mendapatkan giliran pertama karena lawan Anda bisa menggunakan Anne Sorcery lebih cepat. Maka dari itu setidaknya disarankan membawa 1 copy kartu Palla, Student Teacher. Karena efeknya, jika kartu tersebut di-evolve bisa men-subtract 1 cost kartu ber-trait Mysteria di tangan. Efek itulah yang membuat Anda bisa menggunakan Anne Sorcery  1 turn lebih cepat dari lawan kalian.

This slideshow requires JavaScript.

Ada tips bagi Anda yang bertemu dengan lawan yang menggunakan deck Mysteria tetapi kalian tidak menggunakan deck Mysteria. Caranya Anda hanya perlu menekan lawan secara berkala, jangan sampai berikan kesempatan pengguna Mysteria tersebut menggunakan kartu finisher-nya. Selain itu selalu jagalah HP Anda di safezone. Walaupun lawan sudah bisa mengeluarkan kartu finisher-nya, belum tentu jumlah damage dari Anne Sorcery yang dimainkan lawan melewati batas HP Anda. Anda bisa mengecek berapa jumlah kartu yang telah dimainkan oleh lawan di-log ketika game berlangsung. Kelemahan fatal dari deck Mysteria adalah kartu yang memberikan efek limit damage yang diterima oleh leader lawan. Jika lawan menggunakan kartu Godsword Alexiel yang mempunyai efek “memberikan leader-mu efek ini – jika ada kartu amulet milik Anda di board, leader Anda tidak bisa menerima damage lebih dari 4 pada saat itu (efek tersebut tidak bisa ditumpuk dan akan selesai pada pertandingan ini berakhir)” atau juga dengan kartu yang memiliki efek serupa, Anda tidak bisa menggunakan Anne Sorcery dalam satu serangan terhadap lawan.

This slideshow requires JavaScript.

Kesimpulan dari ulasan deck Mysteria di atas, Anda bisa memainkan deck ini secara Maxtune tanpa menggunakan Legend sekalipun, bahkan jika Anda sudah mempunyai beberapa kartu yang sudah ada, Anda hanya perlu membuat sisanya dengan harga yang cukup murah. Untuk Anda yang bertemu lawan Mysteria, jangan ragu untuk menyerang musuh sampai lawan kalian tidak berkutik. Setelah menonton anime Manaria Friends apakah Anda berminat untuk bermain Shadowverse dan mencoba deck yang murah meriah ini?

Bijuu dama!!

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.